Untuk body

3 Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Harus Diwaspadai

  • Bagikan
kebiasaan yang sering menyebabkan tekanan darah tinggi

Triponnews.com – 3 Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, Harus diwaspadai. Besaran Tekanan Darah didalam tubuh bukan hanya karena faktor genetika. Tetapi bisa juga dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti pola makan, olahraga, dan pola istirahat /kebiasaan tidur.

Banyak orang tahu bahwa makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula dapat memicu tekanan darah. Selain itu gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat juga memengaruhi tingkat tekanan darah.

Dikutip dari daftar kebiasaan tersembunyi yang dapat memengaruhi tekanan darah seseorang yang dirilis oleh American Heart Association.

Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Berikut ini adalah beberapa 3 Kebiasaan yang Sering Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi, untuk diwaspadai:

1. Konsumsi obat secara bebas

Orang-orang yang menggunakan obat tanpa resep dokter atau over the counter (OTC) untuk mengobati sakit ringan dan nyeri dilaporkan dapat melihat lonjakan tekanan darah pada tubuh.

Diantaranya; obat anti inflamasi seperti naproxen (Aleve) dan ibuprofen (Advil) telah terbukti bisa meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga : 6 Pertimbangan Sebelum melakukan Diet Ketat Menurunkan Berat Badan

Acetaminophen (Tylenol) atau paracetamol juga cenderung dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Selain itu, banyak obat dekongestan yang dijual bebas diketahui bisa meningkatkan tekanan darah.

2. Konsumsi kopi setiap hari

Kafein pada kopi dapat berkontribusi pada peningkatan tekanan darah. Secara umum, disarankan membatasi kafein kurang dari 300 miligram (mg). Atau sekitar dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi mencapai tingkat kritis.

Selain itu, konsumsi alkohol juga dapat memicu tekanan darah, disarankan untuk membatasi minuman alkohol untuk mencegah darah tinggi.

Baca Juga : Penyebab Batu Ginjal dan Gejalanya yang Patut di Waspadai

Menurut Dr. Elizabeth A. Jackson, MPH, profesor kedokteran di Departemen Penyakit Kardiovaskular di Universitas Alabama dalam Health Line.

Untuk wanita, secara umum tidak disarankan konsumsi alkohol lebih dari satu minuman per hari. Sementara, untuk pria, tidak disarankan mengonsumsi alkohol lebih dari dua minuman per hari demi kesehatan.

3. Suplemen Makanan

Tidak semua suplemen yang berlabel “alami” dijamin aman. Suplemen dan kombinasi makanan tertentu juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Seperti, suplemen herbal dan pengobatan rumahan yang menggunakan bahan-bahan seperti licorice dilaporkan dapat menyebabkan hipertensi.

Baca Juga : Daftar Buah-buahan Yang Cocok Untuk Penderita Diabetes

Selain itu, makanan dengan keju yang kuat, daging yang diawetkan, dan bahkan produk kedelai dapat mengandung tyramine tingkat tinggi. Zat ini dapat berinteraksi dengan antidepresan seperti penghambat oksidase monoamine (MAOIs), mengakibatkan episode hipertensi.

  • Bagikan