Untuk body

6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

  • Bagikan
6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua. Mengkonsumsi makanan yang benar bisa meredakan atau menghilankan gejala asam lambung naik. Tanda-tanda asam lambung naik biasanya mulas, rasa panas seperti terbakar di dada, kembung, sampai sering bersendawa.

Penyakit asam lambung naik dari perut ke tenggorokan yang kumat lebih dari 2x satu minggu yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

Pantangan Makanan Asam Lambung

Dirilis dari situs sah Johns Hopkins Medicine dan beberapa situs kesehatan lainnya, tentang diet yang pas dan menghindari makanan yang memicu asam lambung naik.

Beberapa macam makanan dapat membuat otot sfingter esofagus santai. Mengakibatkan, proses pencernaan jadi terlambat, makanan menjadi lebih lama ada di lambung, dan memacu asam lambung naik.

6 Pantangan Makanan Asam Lambung yang perlu di hindari

Berikut sejumlah tipe pantangan makanan asam lambung yang perlu anda hindari untuk mencegah terjadinya peningkatan penderita asam lambung

1. Makanan yang memiliki kandungan azam Tinggi

Dikutip dari Healthline, bahwa makanan azam merupakan salah satu pantangan makanan asam lambung. Beberapa pasien mengalami masalah asam lambung peka pada makanan berasa asam dengan kandungan keasaman (pH) di bawah normal.

Makanan yang mendandung asam itu seperti tomat, jeruk nipis, tomat, bawang putih, sampai bawang bombai. Tetapi, tidak semuanya pasien asam lambung yang peka dengan makanan asam.

Tetapi beberapa penderita bisa menolerir makanan berasam. Bicarakan tingkat toleransi asam sama dokter jika ingin masukkan buah dan sayur tertentu ke tipe makanan yang perlu dijauhi pasien asam lambung. Masalahnya konsumsi kaya serat seperti sayur dan buah penting untuk badan, terhitung pasien asam lambung.

2. Makanan Pedas – Pantangan Makanan Asam Lambung

Referensi larangan makanan untuk penyakit asam lambung yang lain yaitu makanan pedas. Riset memperlihatkan, konsumsi makanan pedas bisa dibuktikan dapat membuat pasien asam lambung sakit di perut dan ulu hati ( heartburn). Tetapi, seperti makanan asam, tidak seluruhnya pasien penyakit asam lambung peka dengan makanan pedas.

6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

Khususnya ke orang yang telah terlatih terserang capsaicin, atau zat yang memberi rasa pedas dalam cabe. Karena itu, sebaiknya pasien penyakit asam lambung memerhatikan keadaan badannya, khususnya sesudah konsumsi makanan pedas. Bila sesudah konsumsi makanan pedas penyakit asam lambung kumat, sebaiknya pasien menghindar konsumsi ini.

3. Makanan banyak mengandung lemak jemu dan cholesterol tinggi

Merilis Medical News Today, makanan yang penting dijauhi pasien penyakit asam lambung yang lain yaitu konsumsi yang banyak terkandung lemak jemu dan cholesterol tinggi.

Makanan berlemah jemu dan mempunyai cholesterol tinggi diantaranya bermacam gorengan, keripik, krupuk, daging berlemak, jerohan, daging olahan, burger, pizza, dan lain-lain.

Makanan banyak mengandung lemak tidak sehat bisa turunkan penekanan otot sfingter esofagus. Hingga, makanan dapat semakin lama berkunjung di perut. Disamping itu, ada jalinan kuat di antara rutinitas konsumsi makanan yang memiliki kandungan cholesterol tinggi dan banyak lemak dengan GERD.

Study dari Alimentary Pharmacology and Therapeutics memperlihatkan, orang yang sering makan konsumsi tinggi cholesterol dan lemak jemu condong terserang GERD.

4. Susu, yogurt, mentega, keju

Study yang diedarkan di Gut and Liver mempelajari jalinan di antara alergi susu sapi dengan tanda-tanda GERD pada beberapa anak. Beberapa periset mendapati, beberapa beberapa anak yang alergi susu sapi asam lambungnya sering naik sesudah minum susu. Study tersebut memerlukan riset kelanjutan untuk ketahui imbas semacam ke orang dewasa.

6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

Hal yang penting dikenang, susu dan produk susu seperti susu full krim, mentega, cream kental, sampai keju biasanya banyak terkandung lemak jemu. Karena itu, tidak ada kelirunya pasien asam lambung masukkan susu dan produk susu ke jejeran makanan yang penting dijauhi pasien asam lambung.

Kecuali menghindar larangan makanan untuk penyakit asam lambung di atas, pasien dianjurkan untuk selalu teratur olahraga, cukup tidur, dan meminimalisir depresi supaya penyakit tidak mudah kumat.

5. Minuman dan makanan yang memiliki kandungan Cafein

Kemungkinan Anda pernah atau kerap dengar jika orang yang mempunyai maag tidak disarankan minuman mengandung kafein, seperti kopi, dengan jumlah banyak.

Bahkan juga, sedapat mungkin seharusnya jauhi cafein atau batasi konsumsinya buat menahan tanda-tanda maag semakin bertambah kronis. Masalahnya cafein disampaikan bisa lemahkan otot pada katup tenggorokan sisi bawah.
Mengakibatkan, asam lambung juga dapat naik balik ke tenggorokan dan memacu tanda-tanda yang mengusik.

Baca juga : Simak Penyebab Darah Rendah pada Remaja Serta Cara Atasinya

Cafein tingkatkan hormon gastrin, Kecuali lemahkan otot esofagus, cafein disebutkan bisa menggairahkan semakin banyak sekresi asam. Akhirnya, ini bisa mengakibatkan kenaikan hormon gastrin, yakni hormon yang berperan menggairahkan lambung untuk hasilkan asam lambung.

Oleh karenanya, cafein masuk dalam perincian larangan minuman dan makanan untuk orang yang alami penyakit asam lambung. Ada banyak minuman dan makanan mengandung kafein yang kemungkinan perlu Anda jauhi atau turunkan, diantaranya: cokelat, teh, kopi decaf, kopi, minuman tambah energi, dan minuman bersoda.

6. Makanan asin

Tidak berbeda jauh dengan makanan pedas, kebanyakan konsumsi makanan asin bisa juga memacu tanda-tanda maag karena peningkatan asam lambung. Tetapi, beberapa pakar selama ini belum ketahui apa pemicu tentunya.
Beberapa riset memang memperlihatkan jika makanan yang memiliki kandungan natrium (garam) yang tinggi bisa memacu refluks asam.

Baca Juga : Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

Ini kemungkinan karena gabungan dari makanan asin yang dikonsumsi bersama-sama dengan gorengan dan makanan banyak mengandung lemak. Tetapi, keadaan itu rupanya tidak begitu punya pengaruh ke orang sehat dengan skema makan yang bagus.

Riset selanjutnya dibutuhkan, tapi minimal mengonsumsi makanan asin dalam batasan lumrah supaya tidak jadi penyebab asam lambung naik.

  • Bagikan