7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam. Demam adalah permasalahan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kehilangan nafsu makan. Saat temperatur atau suhu tubuh yang terus naik, tubuh akan menggigil dan keluar keringat dingin, dan mulut terasa pahit.

Para penderita akan merasakan tidak bergairah makan. Walau sebenarnya, penuhi konsumsi nutrisi dengan makanan yang sehat saat demam penting untuk membantu tubuh melawan infeksi yang berlebihan.

Harus dipahami, demam ialah langkah alami tubuh untuk melawan virus, bakteri, dan kuman lain yang mengontaminasi tubuh. Karena itu, tiap penderita perlu memutuskan untuk mengkonsumsi makanan yang tepat saat demam. Berikut sejumlah makanan yang tidak boleh dan boleh dikonsumsi saat demam.

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat demam

Beberapa macam makanan dapat menghambat proses penyembuhan saat sakit. Berikut sejumlah makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat demam:

1. Asupan tinggi gula

Dikutip dari beberapa sumber, tiap minuman dan makanan tinggi gula seharusnya dijauhi saat demam. Gula olahan seperti gula pasir, gula yang akan ditambahkan ke makanan dan minuman, atau semua tipe pemanis buatan dapat mengakibatkan infeksi pada tubuh.

Infeksi yang tidak terkontrol ini dapat mengganggu tanggapan sistem daya tahan tubuh. Karena itu, saat demam jauhi sajian penutup, seperti kue, roti, atau semua tipe minuman manis.

2. Kopi, Soda, teh dan cokelat

Kopi, Soda, teh dan cokelat serta semua tipe asupan yang memiliki kandungan banyak cafein. Konsumsi cafein dapat merangsang orang untuk berkemih atau kencing. Keadaan ini dikuatirkan membuat penderita demam alami dehidrasi. Ingat, saat proses penyembuhan demam, orang memerlukan banyak cairan untuk melawan infeksi.

3. Daging olahan dan makanan beku

Daging olahan seperti sosis, kornet, burger, atau semua tipe frozen food (makanan beku) condong susah di cerna. Tipe makanan ini memerlukan energi besar supaya bisa di cerna ke tubuh.

Baca juga : 4 Bahaya Frozen Food Bila terlalu sering di konsumsi

Walau sebenarnya, saat demam seorang perlu semakin banyak energi untuk proses rekondisi.

Karena itu, beberapa ahli kesehatan menyebutkan daging olahan dan frozen food sebagai makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat demam.

4. Gorengan

Sedapat mungkin tidak mengkonsumsi makanan yang berminyak, satu diantaranya ialah gorengan. Bahkan juga bila yang dimasak itu ialah sayuran.

Baca juga : 12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

5. Strobery

Buah-buahan memang sehat bila dimakan saat badan bugar, apa lagi kandungan vitamin C-nya sanggup tingkatkan imun badan. Tetapi bila sedang sakit, buah strobery dapat melepas histamin yang bisa menghasilkan lendir dan malah menutup pernafasan.

6. Susu

Susu harus juga dijauhi karena cenderung memacu produksi dan mengentalkan mukus/lendir, yang mana dapat tingkatkan resiko alergi dan memperlama periode sakit.

7. Keju

Keju tidak cuma dibuat dari susu yang seharusnya dijauhi saat sakit tetapi juga mempunyai kandungan natrium yang tinggi hingga dapat mengakibatkan inflamasi/infeksi.

Makanan yang bisa dikonsumsi saat demam

Saat demam, penderita umumnya tidak selera makan. Tetapi, dalam kondisi suhu tubuh tinggi ini sebetulnya tubuh memerlukan semakin banyak kalori untuk melawan infeksi.

Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut beberapa makanan yang bisa dan perlu dikonsumsi saat demam

  • Sup ayam
  • Ikan, ayam, telur, atau makanan tinggi protein tetapi rendah lemak
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran, khususnya yang tinggi vitamin C
  • Rempah-rempah seperti jahe, bawang putih, daun thyme
  • Probiotik seperti yogurt atau miso

Demam bisa mengakibatkan tidak seimbangnya elektrolit dan kekurangan cairan menurut para ahli. Selainnya menghindari beberapa macam makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat demam.

Kemudian mengkonsumsi beberapa rekomendasi makanan di atas, penderita demam juga perlu mengimbanginya dengan banyak minum air putih.

Baca juga : Tekan Titik Pijat Refleksi untuk Asam Lambung Naik