9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

“Untuk lanjut usia, yoga bermanfaat sekali untuk latih kemampuan tulang dan otot untuk menyokong berat tubuh. Disamping itu, yoga bagus untuk mempertahankan kesehatan psikis lanjut usia. Kombinasi pergerakan dan rileksasi pada yoga berpengaruh menentramkan fisik dan pemikiran,” katanya.

7. Berdiri dengan 1 kaki

Sebuah riset sudah memperlihatkan jika kekuatan orang untuk berdiri dengan satu kaki menjadi tanda kesehatan. Disamping itu, makin baik pada berdiri dengan satu kaki bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan lansia.

Kekuatan berdiri dengan 1 kaki dihubungkan dengan kenaikan tingkat kegiatan fisik dan penurunan resiko jatuh dan dihubungkan dengan kualitas dan panjang hidup. Sekitaran 37,tiga juta orang jatuh /tahun di penjuru dunia dengan tingkat yang cukup kronis hingga membutuhkan perhatian klinis.

untuk menyeimbangkan satu kaki sepanjang 20 detik ataupun lebih dihubungkan dengan kenaikan resiko kerusakan pembuluh darah kecil di otak dan penurunan kekuatan untuk pahami ide.

Seorang condong tidak bisa berdiri dengan 1 kaki tanpa goyah jika orang itu banyak memiliki keadaan klinis seperti penyakit Parkinson, stroke, atau penyakit Alzheimer.

8. Peregangan

Saat masuk tahap lansia, beberapa orang tua mengeluh kakinya telah lemah jika dipakai untuk jalan apa lagi lari. Untuk tingkatkan kemampuan otot kaki, dapat mencoba olahraga ringan seperti peregangan betis.

Peregangan betis atau calf muscle stretches bisa perkuat tubuh sisi bawah yang perlu sebagai pengontrol keseimbangan dan tingkatkan kekuatan kecepatan saat jalan.

Lakukan latihan ini dengan teratur dan secara tepat dapat menolong memompa darah dengan volume besar dari kaki ke badan sisi atas sampai otak.

Simak juga : 8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Untuk mengawali peregangan betis, dapat diawali dengan status berdiri atau duduk. Bila lakukan peregangan betis sekalian berdiri, cukup dapatkan dinding yang kuat. Berdirilah menghadap dinding dengan tangan dengan tinggi mata.

Lalu taruh kaki kiri ada di belakang kaki kanan. Menjaga tumit kiri untuk selalu di lantai dan tekuk lutut kanan. Paling akhir, tahan peregangan sepanjang 15 sampai 30 detik. Ulang dua sampai 4x per kaki.

Bila ingin meregangkan betis dengan sikap duduk, dibutuhkan handuk sebagai alas telapak kaki. Pertama, duduklah di lantai dengan kaki lempeng. Tempatkan handuk disekitaran telapak kaki kanan dan pegang ke-2 ujungnya.

Ambil handuk ke badan sekalian jaga lutut masih tetap lurus dan tahan sepanjang 15 sampai 30 detik. Ulang latihan ini dua sampai 4x per kaki.

9. Senam

Olahraga Senam mengikutsertakan gerak aktif semua anggota tubuh, dan latih kemampuan dan keseimbangan badan. Senam sudah bisa dibuktikan jadi langkah yang efisien untuk tingkatkan kemampuan pada lansia karena ada beberapa gerakan yang aktif.

Ada beberapa tipe senam yang ditujukan untuk lanjut usia seperti senam aerobik, salsa, chairs, sampai senam jazz yang berguna melindungi massa otot dan tingkatkan kemampuan tulang.

Senam untuk lanjut usia dapat kurangi resiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes. Bahkan juga menurut American Council on Exercise, senam bisa perlambat demensia ke orang tua.

Merilis LiveStrong, lansia dapat lakukan senam aerobik minimal 30 menit tiap hari. Cukup persiapkan video latihan senam di dalam rumah atau datangi komune senam lanjut usia untuk selekasnya mengawali olahraga senam.

Baca juga : 12 Daftar Makanan Untuk Mencegah Tubuh Dehidrasi

Nah itu dia 9 jenis olahraga untuk lansia yang bisa dilakukan dengan mudah dan aman, salam sehat !