Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara

Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara

DENPASAR – Acara Pembukaan PKB XLIII Tahun 2021, Jokowi buka PKB dari Istana Negara. Pemerintahan Propinsi Bali melangsungkan Acara pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII tahun 2021. Di Taman Budaya Art Centre Propinsi Bali, Denpasar, 12 Juni sampai 10 Juli.

Kali ini PKB diselenggarakan secara hybrid yaitu kombinasi antara offline dan online karena masih dalam situasi covid-19.

“PKB dilaksanakan secara konservatif (offline) dan online. Mengingat kita masih dalam situasi wabah global, Covid-19. Maka PKB akan dibuka 12 Juni dan ditutup 10 Juli 2021,” tutur Kepala Dinas Kebudayaan Propinsi Bali I Gede Arya Sugiartha dalam konferensi pers di Kantor Dinas Kebudayaan Propinsi Bali, Denpasar, Bali, Rabu 9 Juni 2021.

Semua aktivitas PKB ini diadakan dalam ruang tertutup (indoor). Ada banyak venue di kawasan Art Centre Denpasar yang dipakai sebagai posisi pagelaran PKB XLIII secara indoor. Yaitu Ksirarnawa, Gedung Natya Mandala ISI Denpasar, dan Wantilan Art Centre.

“Untuk penyelenggaraan secara offline akan diadakan di ruangan tertutup. Dan jika di Taman Budaya berada di Ksirarnawa dan ada lagi satu Gedung Natya Mandala ISI Denpasar. Sedangkan di wantilan ada beberapa aktivitas . Maka kita tidak berani gelar outdoor, semua indoor,” kata dia.

Baca Juga : Pesta Kesenian Bali 2021 Digelar Secara Online & Offline

Sugiartha mengatakan, pembukaan PKB XLIII diadakan langsung (live) dan virtual, yang direncanakan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara Jakarta.

Pembukaan diadakan di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Propinsi Bali, Sabtu 12 Juni 2021, jam 11.00-12.30 Wita.

Acara akan memaknai penyiaran video Peed Aya (pawai) “Pratiti Wana Kerthi” dan Rekasadana (Pergelaran) Sendratari “Wreksa Kastuba” garapan ISI Denpasar.

Menurut dia, PKB ini akan dilaksanakan lewat virtual, Sughiarta mengatakan, pihaknya sudah mengambil dan merekam video dokumentasi pawai perwakilan dari kabupaten/kota se-Bali, beberapa waktu lalu.