Aturan Nyepi di Bali untuk Menjaga Kesucian Nyepi 3 Maret 2022

Aturan Nyepi di Bali
Pecalang Mengamankan pelaksanaan hari raya Nyepi di salah satu lokasi di Denpasar

DENPASAR – Aturan Nyepi di Bali untuk Menjaga Kesucian Nyepi 3 Maret 2022. Saat Menyambut perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Propinsi Bali menerbitkan seruan penerapan perayaan Hari Suci Nyepi yang jatuh pada 3 Maret 2022.

Seruan bersama Kanwil Kementerian Agama Propinsi Bali, Kapolda Bali, dan Korem 163/Wirasatya, dan lembaga terkait ini sudah disepakati bersama pada 26 Januari 2022.

Aturan Nyepi di Bali 3 Maret 2022

Seruan bersama ini membuat beberapa aturan. Satu diantaranya terkait provider penyedia jasa mobile dan IPTV supaya mematikan data selular (internet) selama 24 jam. Yaitu, dari Kamis, 3 Maret 2022 start pukul 06.00 WITA sampai Jumat, 4 Maret 2022 jam 06.00 WITA.

Umat Hindu dalam melakukan rangkaian perayaan Hari Raya suci Nyepi Tahun Baru Saka 1944. Yang meliputi Upacara Melasti, pengerupukan atau Tawur Agung, Nyepi atau sipeng (catur brata penyepian). Dan ngembak geni dimohon untuk melakukan dengan khusuk dan menerapkan prosedur kesehatan (prokes) COVID-19.

Untuk penyedia layanan transportasi (udara, laut, dan darat) tidak diperbolehkan bekerja sepanjang pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi. Pada Kamis, 3 Maret 2022 dari jam 06.00 WITA s/d Jumat, 4 Maret 2022 jam 06.00 WITA.

Disamping itu, instansi penyiaran radio dan tv tidak diperkanankan untuk bersiaran sepanjang palaksanaan Hari Raya Suci Nyepi pada Kamis, 3 Maret 2022 dari jam 06.00 WITA s/d Jumat, 4 Maret 2022 jam 06.00 WITA.

Warga tidak dikenankan menghidupkan petasan/mercon, pengeras suara, bunyi-bunyian, dan mengoperasikan drone atau semacamnya yang karakternya mengusik kesucian Hari Raya Suci Nyepi dan mencelakakan ketertiban umum.

Hotel dan penyedia jasa hiburan yang lain yang berada di Bali tidak dikenankan mempromosikan usahanya dengan branding Hari Raya Suci Nyepi.

Untuk semua umat yang melakukan persembahyangan atau beribadah lain pada Hari Raya Suci Nyepi supaya melaksanakan ibadah di dalam rumah saja.

Maka dari itu, prajuru desa adat, pecalang, dan aparatur desa/kelurahan bertanggungjawab untuk mengamankan rangkaian Hari Raya Suci Nyepi di daerahnya masing-masing. Bekerjasama dengan aparatur keamanan terkait.

Semua umat harus menjaga dan menghargai kesucian Hari Raya Suci Nyepi.

“Majelis-majelis Agama dan Keagamaan dan lembaga terkait supaya mensosialisasikan seruan ini ke semua umat beragama di Bali. Sebagai usaha untuk meningkatkan toleran beragama,” tegas Ketua FKUB Propinsi Bali, Ida Pengelingsir Agung Putra Sukahet dalam surat Seruan Bersama ini.