Badung bebas Sampah plastik, tukar 1 kg sampah dengan beras 1 kg

Badung bebas Sampah plastik

MANGUPURA – Gerakan Badung bebas Sampah plastik terus diupayakan, kali ini dibuat program barter dengan menukarkan 1 kg sampah plastik dengan 1 kg beras. Gerakan Bebas Sampah Plastik dilakukan di kedonganan antara Kelurahan Kedonganan dengan Komunitas Pemuda Milenial Bali. Acara ini berlangsung di dekat areal Pura Segara Kedonganan, Kecamatan Kuta, Badung, Minggu (23/5).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Camat Kuta yang diwakilkan Sekcam I Made Agus Suantara, Lurah kedonganan Kadek Laksana. Sedangkan dari komunitas Pemuda Milenial dihadiri oleh Putu Jaya Wardana selaku ketua komunitas. Serta beberapa prangkat desa adat Kelurahan Kedonganan.

Dalam kegiatan ini masyarakat yang sudah mengumpulkan sampah plastik seberat 1 kg akan diberikan 1 kg beras.

Badung bebas Sampah plastik

Dalam sambutannya, Wakil Bupati I Ketut Suiasa, mendukung langkah positif Komunitas Pemuda Milenial Bali dalam upaya bebas sampah plastik khususnya di Badung. Mereka telah bersinergi dengan semua elemen masyarakat Kelurahan Kedonganan dalam membersihkan sampah plastik.

Ia akui senang dan terus akan memberi suport. “Cara ini sesuai program Pemkab Badung, yakni melakukan perang pada sampah plastik untuk kenyamanan dan keasrian lingkungan,” ucapnya.

Dia mengaku, melawan sampah plastik sebagai momok kehidupan harus terus dilaksanakan secara bersama dan terpadu dalam pergerakan yang jelas lewat loyalitas bersama. Karena itu, Wabup Suiasa ajak warga untuk loyalitas melawan sampah plastik.

Baca juga : Badung hentikan santunan penunggu pasien dan kematian, Alasannya

“Kami benar-benar senang dengan pergerakan ini yang disebut salah satunya bentuk usaha dalam menjaga bumi, untuk mewarisi lingkungan yang berkualitas untuk angkatan seterusnya,” tegas wabup

Di posisi yang serupa, Lurah Kedonganan Kadek Laksana, berterima kasih ke Pemerintahan Kabupaten Badung dan Komunitas Pemuda Milenial Bali, yang sudah melakukan tindakan melawan sampah plastik di Kelurahan Kedonganan. Menurut dia, sekarang ini kehadiran sampah plastik jadi momok mengerikan untuk semua makhluk hidup, hingga harus direspon dengan arif lewat pengendalian yang betul.

1 kg sampah plastik bisa ditukar dengan 1 kg beras

“Kami pasti mengharap lewat aktivitas ini warga makin perduli dengan kebersihan lingkungan dan ketahui langkah pemrosesan sampah lewat pengendalian yang betul dan arif, supaya sampah plastik itu punyai nilai positif dan berguna,”

Sementara, menurut penjelasan Ketua Komunitas Pemuda Milenial Bali Putu Jaya Wardana, aktivitas ini sebagai salah satunya program golongan milenial Bali yang mempunyai tujuan untuk ajak warga hilangkan sampah plastik dari lingkungan.

Kadek mengharapkan nantinya sampah plastik tidak jadi suatu hal yang mengerikan, tetapi bisa memberi nilai lebih ke warga. “Salah satunya misalnya seperti sekarang ini, di mana 1 kg sampah plastik bisa ditukar dengan 1 kg beras. Saya rasa ini pasti bisa menolong warga pada saat situasi wabah Covid-19 ini,” kata Wardana