Ciri Money Changer Beneran dan Tipu-tipu di Bali

Ciri Money Changer Beneran dan Tipu-tipu di Bali

Ciri Money Changer Beneran dan Tipu-tipu di Bali, Penipuan berkedok money changer Badung Bali – Beberapa money changer di Bali cukup meresahkan karena sampai hati menipu wisatawan asing dan lokal. Bagaimanakah cara membedakan money changer tipu-tipu dan yang jujur?

Kasus penipuan money changer di Bali ternyata bukan sekali 2x terjadi. Pelakunya pun tidak satu dua. Jika dilihat kenyataannya money changer tipu-tipu itu ada dan seolah bukan jadi rahasia lagi.

Money changer tipu-tipu itu tersebar di beberapa area di Bali. Dimulai dari Kuta, Sanur, dan Canggu.

Dari kesaksian masyarakat lokal money changer yang tawarkan rate tinggi dengan nominal menarik menjadi satu diantara tanda jika kios penukaran itu tipu-tipu.

Ciri Money Changer Beneran dan Tipu-tipu di Bali

Modus penipuannya umumnya dengan menjatuhkan beberapa uang saat konsumen setia menukarkan uang. Ini adalah cara umum yang mereka lakukan

Ada cara-cara supaya kamu dapat terhindar dari money changer tipu-tipu

1. Menaruh Nilai Tukar yang tinggi

Yang pertama ialah menyaksikan dan mengecek harga rate atau penukaran. Makin tinggi harga tukarnya, makin kronis penipuannya.

Saat sebelum mencoba menukar uang di money changer, lebih dulu check currency atau nilai tukar mata uang harian.

2. Biasanya berada di gang sempit

Ya, penipuan dengan kedok money changer umumnya dilaksanakan di gang-gang sempit. Mereka menempatkan papan rate harga tinggi di muka gang, selanjutnya ajak korbannya masuk ke gang. Umumnya mereka berkomplot, hingga korban akan dibawa ngobrol agar gampang ditipu.

3. Memiliki Bangunan money changer yang mudah di Bongkar

Ini ialah ciri-ciri yang termudah dilihat. Bila money changer itu mempunyai bangunan permanen, karena itu dapat dijamin money changer itu aman dari penipuan.

Tetapi apabila sudah masuk ke gang dan bangunannya cuma dari kayu-kayu yang gampang dibongkar, jauhi dan urungkan niat untuk menukar uang. Atau pas nukar hitung uang anda dengan benar sebelum meninggalkan lokasi.

Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini, wisatawan semakin waspada dan siaga saat lakukan Penukaran uang untuk berlibur di Bali.

Baca juga : Uang Rupiah Kertas Emisi 2022 Diluncurkan hari ini

Ingat kelalaian kita akan berakibat kehilangan beberapa saat kita menukar uang di money changer yang berkedok penipuan. Pastikan anda menghitung uang yang benar sebelum meninggalkan tempat penukaran uang tersebut.