Daftar Rumus Excel Lengkap untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Daftar Rumus Excel Lengkap untuk Memudahkan Pekerjaanmu

Daftar Rumus Excel Lengkap untuk Memudahkan Pekerjaanmu. Microsoft Excel adalah program dasar yang penting untuk dipahami . Maka, tidaklah aneh bila banyak lowongan kerja yang mengharuskan calon pegawainya dapat menguasai Excel.

Contoh pekerjaan yang harus kuasai Excel ialah akuntan dan data analyst. Mereka perlu memakai Excel untuk mengumpulkan dan mengelola data yang mereka miliki.

Tidak itu saja, bahkan juga pekerjaan seperti marketing juga perlu kuasai Excel Karena, diagram dan grafik yang dibentuk di Excel bisa membantu mereka dalam memutuskan suatu keputusan.

Nah, tentu kamu berminat untuk belajar Excel , kan?

Tenang, kami akan memberikan dan kamu bisa pelajari 15 rumus penting di Excel. Dengan demikian, kamu bisa memakainya untuk beberapa hal.

Baca juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Berpenghasilan Tinggi

Sebelum itu anda perlu tahu daerah tempat penulisan rumus excel itu disebut apa ? Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang daerah penulisan rumus excel disebut dengan Formula Bar.

Apakah yang dimaksud Rumus Excel?

Dengan mencari artikel rumus excel lengkap ini, pasti kamu sudah mengetahui sedikit apakah yang dimaksud rumus di Excel? Tetapi tenang, kalaulah kamu belum akrab dengan rumus Excel, kami akan menjelaskannya dengan singkat.

Maka rumus ialah teknik untuk menjalankan perintah di Excel, dan tiap rumus perlu dengan diawali dengan tanda ” = ” atau sama dengan.

Sebenarnya ada dua tipe rumus di Excel, yakni Formula dan Function. Ke-2 nya sering tertukar meskipun sebenarnya keduanya memiliki pengertian yang berbeda lo:

Formula ialah rumus Excel yang diketik dengan manual oleh pemakainya. Misalnya seperti “=C1+C2+C3” atau “=A1-A2/A3”.
Function sebagai bar rumus yang disiapkan oleh Excel. Misalnya seperti “=AVARAGE(A1:A3)” atau “=COUNT(A1:I1)”.

Lalu, mana jenis rumus yang lebih utama? Apa formula atau function?

Sebenarnya kekeduanya sama penting. Karena formula umumnya dipakai untuk penghitungan yang sifatnya simpel, dan function sering digunakan untuk memproses data yang nilainya semakin besar.

Namun, di dunia professional, function cenderung seringkali dipakai. Karena, disamping perannya bervariatif, pemakaiannya juga benar-benar gampang!

Ingin tahu apa fungsi yang dapat kamu peroleh dengan pelajari function di Excel? Berikut datanya!

Apa Saja Manfaat Function memudahkan pekerjaanmu?

Function dapat dimisalkan seperti tool box. Karena, didalamnya ada beberapa “alat” yang bisa membantumu menangani beragam permasalahan.

Simak juga : Simak 5 Cara Mengajari Anak TK Menulis yang Tepat dan Menyenangkan

Hmm, memang apa sich manfaat function? Berikut salah satunya:

  • Menuntaskan permasalahan secara tepat – Saat kamu menghitung banyak data, pasti ada peluang perhitungannya salah. Nah, dengan memakai function, kamu akan mendapatkan hasil penghitungan yang lebih tepat.
  • Lakukan visualisasi data – Apa kamu perlu merepresentasikan data ke atasan? Tidak boleh khawatir, karena oleh function, kamu dapat membuat visualisasi data yang menarik.
  • Membereskan data – Kadang, saat kita sedang memproses data dengan jumlah yang banyak, datanya yang disimpan sering jadi tidak teratur. Dengan function, kita dapat menyortir semua data ke grup yang lebih rapi.
  • Menyingkat proses pengolahan data – Function memungkinkannya dalam memproses banyak data sekalian . Maka, kamu tidak perlu capek-capek mengolah datanya satu demi satu.
  • Penggunaannya praktis! – Kamu perlu menuliskan rumus yang kamu perlukan, lalu datanya akan diproses sesuai perintah rumusnya.

Bagaimana Cara Memakai Function di Excel?

Ada tiga elemen yang penting kamu tuliskan saat ingin memakai function, yakni tanda “sama dengan” (=), nama function (seperti SUM), dan sel yang ingin diambil datanya (A1:A3).

Tetapi, sebenarnya ada teknik yang lebih gampang lho untuk memakai function! Maka kamu tidak perlu menghafal nama function satu persatu. Yang penting kamu kerjakan cuman ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Pertama, anda klik kolom di mana hasil perhitungan datanya akan anda munculkan
  • Kemudian anda cari Formula Bar, klik tombol drop-down AutoSum lalu tentukan rumus yang ingin kamu pakai. AVERAGE ( rata-rata ), COUNT ( menghitung ) MAX & MIN ( terbesar & terkecil ) dan sebagainya.
  • Tentukan sel bar yang ingin kamu hitung hasilnya seperti A1:A4, A1:A10 ATAU B1:B4, C1:C4 dan sebagainya
  • Kemudian tekan tombol Enter, dan hasilnya akan tampil di tempat yang anda pilih tadi pada saat langkah pertama.

15 Rumus Excel Lengkap yang Perlu Kamu Kenali

Berikut 15 rumus Excel lengkap yang cukup sering digunakan. Lumrah, karena rumus-rumus berikut ini memang perannya cukup mendasar. Silahkan dilihat:

1. Rumus Excel Penjumblahan SUM

SUM ialah rumus untuk menjumlahkan angka yang berada di kolom tertentu. Misalnya, kamu ingin menjumlahkan angka dari kolom A2 sampai A6, karena itu rumusnya ialah: =SUM(A2:A6)

2. Rumus COUNT Excel

COUNT berperan untuk mengalkulasi jumlah kolom yang berisi angka. Misalnya dari kolom A1 sampai I1, cuma A1 sampai E1 saja yang berisi angka. Karena itu, bila dihitung dengan rumus berikut ini: =COUNT(A1:I1)

3. Prumus COUNTA Excel

Perannya kurang lebih sama dengan COUNT. Perbedaannya, COUNTA bukan hanya hitung jumlah kolom yang berisi angka, tetapi kolom yang berisi apa saja. Hingga, kamu dapat mengetahui jumlah sel yang tidak kosong.

Misalnya, kolom A1 sampai D1 berisi kata, dan sel G1 sampai I1 berisi angka. Karena itu, bila dihitung dengan rumus berikut ini: =COUNTA(A1:I1)

4. Rumus AVERAGE Excel

Rumus Excel Lengkap
Sumber : bitlabs.id

Sesuai namanya, AVERAGE berfungsi untuk hitung angka rata-rata pada kisaran kolom tertentu. Misalnya, kamu sedang hitung rata-rata nilai mata kuliah yang berada di sel A2 sampai A6, karena itu kamu dapat memakai rumus: =AVERAGE(A1:A5)

5. Rumus IF Excel

Rumus ini kemungkinan kedengar cukup kompleks, tetapi perannya penting. IF bisa membantumu mengenali data berdasar nalar tertentu. Umumnya berbentuk betul/salah.

Misalnya, kamu ingin memeriksa apa angka di A1 lebih besar dari angka di B1. Bila angkanya semakin besar, kamu ingin melihat kata “Betul”, apabila lebih kecil, kamu lihat kata “Salah”. Karena itu rumusnya akan seperti ini: =IF(A1>B1; “Betul”;”Salah “)

6. Rumus MAX dan MIN Excel

Rumus ini bermanfaat untuk cari angka paling tinggi atau paling rendah di pada suatu deretan data. Misalnya, ada sembilan pelajar yang nilainya dicatat di sel A2 sampai A10. Bila kamu ingin ketahui nilai yang tertinggi, kamu dapat memakai rumus: =MAX(A2:A10)

Sedangkan untuk mengetahui nilai yang paling rendah, kamu bisa menggunakan rumus: =MIN(A2:A10)

7. Rumus TRIM Exel

Kadang, ada data yang tidak dapat diolah karena ada spasi berlebihan didalamnya. Ini bisa memunculkan error saat proses hitung.

Disini rumus TRIM berfungsi . Maka, rumus ini bisa hapus spasi berlebihan yang berada di dalam sel, misalnya seperti spasi pada awal kalimat, akhir kalimat, atau spasi double.

Tetapi ingat, rumus ini cuman dapat diterapkan pada satu sel saja . Maka, Anda tidak dapat memakainya pada beberapa sel sekalian, harus satu demi satu. Misalnya semacam ini: =TRIM(A1)

8. Rumus AND Excel

Rumus AND sebagai peranan logika. Kamu dapat memakainya untuk cari tahu apa isi pada satu kolom betul (TRUE) atau salah (FALSE). Berikut contoh rumusnya: =AND(A1>50;A1<100)

9. Rumus OR Excel

Sama dengan rumus AND, rumus OR dapat dipakai untuk cari tahu apa persyaratan yang ditetapkan TRUE atau FALSE. Perbedaannya, bila rumus AND harus penuhi semua persyaratan menjadi TRUE, rumus OR dapat dipenuhi oleh salah satu persyaratan saja: =OR(A1<50;A1>100)

10. Rumus NOT Excel

Rumus NOT ialah kebalikan dari rumus AND dan OR. Misalnya, misalnya kamu memakai rumus ini:

=NOT(A1>50)

Memiliki arti, hasilnya ialah TRUE bila angkanya tidak penuhi persyaratan (A1>50). Dan bila angkanya penuhi persyaratan, hasilnya ialah FALSE.

11. Rumus LEN Excel

Rumus LEN berperan untuk hitung jumlah karakter yang berada di pada sebuah kolom . Maka, yang dihitung bukan hanya kata, tetapi juga spasi dan pertanda baca seperti titik dan koma. Berikut contoh rumusnya: =LEN(A1)

Tetapi ingat, rumus LEN tidak dapat diterapkan pada beberapa sel sekalian. Dalam kata lain, kamu perlu memakai rumus ini satu demi satu pada sel tertentu.

12. Rumus AREAS Excel

Apa kamu ingin hitung jumlah tempat yang kamu seleksi? Bila iya, kamu dapat memakai rumus AREAS.

Maka rumus ini bisa hitung jumlah tempat yang kamu jadikan rekomendasi. Misalnya, kamu masukkan rumus ini: =AREAS(A1:C6)

Daftar Rumus Excel Lengkap untuk Memudahkan Pekerjaanmu

13. Rumus VLOOKUP Excel

Rumus VLOOKUP memang kelihatan ribet. Tetapi jangan salah, bila kamu ketahui cara memakainya, rumus ini akan memudahkan pekerjaanmu.

Maka rumus ini bermanfaat untuk mengambil data yang diatur secara vertikal. Misalnya, misalnya kamu tawarkan beberapa paket yang terbagi dalam bundel produk dan service.
Tabel perincian biaya berada di sel B15:D17

Untuk isi kolom Harga Produk dan Biaya Service, kamu memakai rumus VLOOKUP (karena datanya diatur secara vertikal) . Maka, rumusnya seperti berikut: =VLOOKUP(C4;$b$15:$D$17;2;0)

Pertama kali sel yang perlu ditempatkan ialah C4, karena sel ini yang memberikan indikasi tipe paket yang dibeli customer.

Seterusnya, kamu perlu masukkan kisaran sel untuk tabel perincian ongkos (B15:D17). Supaya nilai tabelnya absolut, pencet F4 (hingga dalam code kisaran selnya jadi ada prosentasenya).

Lalu, masukan angka 2 pada bagian seterusnya. Karena di tabel perincian ongkos, Harga Produk berada di kolom ke-2 .

Paling akhir, kamu perlu masukkan nilai 0.

14. Rumus HLOOKUP Excel

HLOOKUP sebenarnya sama dengan VLOOKUP. Perbedaannya, jika VLOOKUP bermanfaat untuk mengambil data yang diatur secara vertikal, HLOOKUP bermanfaat untuk ambil data yang diatur secara horizontal. Sesuai namanya, yakni HLOOKUP.

Bagaimana dengan rumusnya? Well, rumusnya sama dengan VLOOKUP . Maka, kamu tinggal masukkan rumus:

=HLOOKUP(Sel yang berisi tipe paket;Range sel tabel perincian ongkos;Letak kolom data yang ingin diambil;0)

15. Rumus CHOOSE Excel

Rumus CHOOSE bermanfaat untuk mengambil nilai dari satu tabel data. Pemakaiannya cukup sederhana. Misalnya, misalnya kamu membuat tabel ini:

Lalu, kamu membuat kolom baru untuk No. Paket dan Jenis Paket. Maksudnya, bila kamu isi nomor 1, 2, atau 3 di kolom adalah No. Paket, kolom Jenis Paket secara automatis akan berisi Gold, Silver, atau Bronze.

Berikut rumus yang penting kamu masukan di kolom Jenis Paket: =CHOOSE(E1;B2;B3;B4)

Pertama kali, masukan sel E1, yakni sel nomor paketnya (Sel pertama cuman dapat diisi angka). Lantas, masukan sel B2, B3, dan B4. Karena ke-3 sel itu berisi nilai Gold, Silver, dan Bronze.

Sudah Siap Memproses Data di Excel?

Awesome! Saat ini kamu telah memahami teknik memakai 15 rumus Excel lengkap. Dengan bekal wacana ini, kamu tentu dapat manfaatkan Excel untuk memudahkan pekerjaanmu.

Tetapi, ada banyak lho rumus Excel yang dapat kamu dalami. Karena manfaat Excel sangat luas. Oleh karenanya, untuk mendapatkan manfaat Excel sebanyak-banyaknya, kamu harus juga pelajarinya lebih dalam.

Baca Juga : 1O Skill Dasar Yang Dibutuhkan di Masa Datang dalam Dunia Kerja