Wisata  

Mendaki Bukit Trunyan Bali, Tempat Pendakian yang lagi trend di Bali

Mendaki Bukit Trunyan Bali, Tempat Pendakian yang lagi trend di Bali
Suasana di Puncak Bukit Trunyan di Ketinggian 1834 mdpl. Photo by Ani Nurcahyani

Kegiatan Mendaki Bukit Trunyan Bali atau lebih di kenal dengan nama puncak Indrakila menjadi trends saat ini di Bali. Berlokasi di atas Desa Trunyan Kintamani Bangli. Tidak kalah dengan gunung Batur dan gunung Abang yang berada di sebelahnya. Sajian panorama yang seperti bonus ganda anda temukan selain panorama perbukitan.

Pada saat berada di Bukit Trunyan, panorama indah seperti Kaldera Gunung Batur yang di barengi olek indahnya Danau batur. Selain itu, kita bisa melihat bukit Songan Kintamani dan pantai yang terlihat di kejauhan.

Kemudian samping kanan kita akan melihat Gunung Rinjani di lombok, Gunung Abang dan panorama bukit-bukit yang paling cantik.

Mendaki Bukit Trunyan Bali

Selain mendaki bukit Trunyan sendiri, anda juga bisa melakukan bukit trunyan camp. Tersedia tempat camping yang luas dengan dengan sajian panorama alam yang paling indah.

Daya Tarik Mendaki Bukit Trunyan Bali adalah keindahan alam di sepanjang perjalanan pendakian, sajian pemandangan alam yang akan menepiskan rasa lelah kita.

Bukit Trunyan dikategorikan sebagai tempat camping terbaik di Kintamani Bangli. Sesungguhnya tempat ini telah lama exist. Tetapi sedikit orang yang mengetahui tempat ini karena mungkin sedikit yang mempromosikan tempat ini di sosial media. Baik oleh pihak pengurus atau oleh pengunjung yang pernah ke Bukit Trunyan ini.

Jalur Pendakian Bukit Trunyan Bali

Puncak Bukit Trunyan berada di Desa Trunyan Kintamani Bangli. Tepanya berada dekat atau di pinggir Danau Batur sebelah timur. Di Desa Trunyan ini terdapat tradisi unik dan terkenal dalam proses penguburan warga trunyan yang sudah meninggal.

Mendaki Bukit Trunyan Bali, Tempat Pendakian yang lagi trend di Bali
Jalur Mendaki Puncak Bukit Trunyan

Mereka hanya menggunakan sarana angin dengan meletakkan mayat di bawah pohon hingga badan hancur. Pohon taru menyan sanggup menetralkan bau jenasah yang pada proses penguraian yang terjadi secara alami.

Baca Juga : Promo paket pendakian puncak Trunyan

Menurut salah satu Guide mendaki Bukit Trunyan, Made Yasa mengatakan, puncak bukit trunyan berada di ketinggian 1.800 mdpl. Untuk sampai di puncak, pendaki bisa mengambil 2 jalur pendakian yang sudah ada.

Salah satunya berada di desa trunyan dan merupakan jalur utama dan menjadi pilihan terbanyak untuk mendaki bukit trunyan Bali ini.

Yang Kedua berada di sisi timur Bali, tepatnya di Desa Tim, Tianyar Karangasem, tapi saya belum pernah lewat jalur pendakian itu,” kata Yasa sebagai warga lokal setempat. Sambung yasa, saya cuma memakai jalur desa trunyan lewat Pura Pancering Jagat saat mendaki Bukit Trunyan ini.

Untuk waktu pendakian ini tergantung peserta yang ikut mendaki bukit trunyan. Karena setiap orang memiliki stamina yang berbeda-beda. Paling cepat 2 jam 30 menit – 3 jam”, jelasnya.

Larangan Mendaki Bukit Trunyan

Sambung lagi, jalur pendakian Bukit Trunyan melalui Pura Pancering Jagat memiliki aura spiritual atau magic, banyak tempat disakralkan hingga orang yang mau mendaki bukit ini mengikuti atau mematuhi larangan ini. Larangan yang harus di ikuti tidaklah aneh-aneh, seperti

  1. Bicara yang sopan dan tidak bicara kotor. Norma ada di Alam benar-benar dijunjung tinggi.
  2. Wanita yang ada halangan seharusnya menunda aktivitas selainnya tidak bagus untuk keselamatan. Di Bali dipercayai wanita yang ada halangan (cuntaka) tidak datang ke tempat suci.
  3. Tidak buang sampah sembarangan dan bawa turun sampah

Bapak Yasa sebagai salah satu guide senior mendaki bukit trunyan juga menyarankan untuk calon peserta mendaki Bukit Trunyan, agar menyiapkan beberapa hal berikut:

  1. Menyiapkan diri fisik waktu dan mental untuk perjalanan di kegiatan alam terbuka terutamanya hiking atau pendakian.
  2. Bawa logistik yang cukup dan disesuaikan. Tidak bawa makanan berkaki empat terutamanya sapi.
  3. Membawa Pakaian ganti dan jas hujan untuk mengantisipasi bila hujan turun
  4. Ajak masyarakat lokal atau gunakan layanan guide supaya perjalanan nyaman dan tidak tersesat apa lagi perjalanan saat malam hari.

Baca Juga : Mendaki Gunung Batur Menjadi Wisata favorit wisatawan Domestik, Ini alasanya

Mendaki Gunung saat ini menjadi trends tersendiri bagi kaula muda, jadi anda bisa memilih bukit trunyan ini sebagai tempat pendakian berikutnya.(*)