Pengguna iPhone akan Bayar Facebook Jika Tak Lakukan Hal Ini

Pengguna iPhone akan Bayar Facebook Jika Tak Lakukan Hal Ini

TRIPONNEWS.com – Pengguna iPhone akan Bayar Facebook Jika Tak Lakukan Hal Ini – Sistem operasi iOS 14.5 untuk iPhone dan iPad diberi feature keamanan baru, di mana beberapa pengembang aplikasi harus minta ijin ke pemakai, jika mereka ingin manfaatkan feature pencarian (treking). Feature baru ini jadi momok untuk beberapa pembuat program, diantaranya Facebook.

Karena, tanpa feature treking, mereka tidak dapat mencari aktivitas dan rutinitas beberapa pemakainya untuk tampilkan iklan yang berkaitan. Sekarang, perusahaan Mark Zuckerberg itu minta semua pemakai iPhone dan iPad berbasiskan iOS 14.5 untuk menghidupkan feature treking atau “setuju” untuk dicari, jika mereka ingin memakai program Facebook dan Instagram dengan gratis.

Baca Juga : Up-date Daftar Harga Iphone 12 Terbaru Ibox 2021

Ini muncul karena sebuah jendela pop-up yang akan ada saat pemakai iOS 14.5 buka ke-2 program itu. Di situ, bakal ada frasa yang mengeluarkan bunyi “Help keep Facebook/Instagram gratis” alias “Tolong supaya program Facebook/Instagram masih gratis”, seperti contoh gambar ini.

Pengguna iPhone akan Bayar Facebook Jika Tak Lakukan Hal Ini

Awalnya, jendela pop-up yang dilihat pemakai di versi iOS 14 tidak dibarengi dengan frasa itu, tetapi cuman frasa “Tampilkan iklan yang lebih berkaitan” dan “Memberikan dukungan UMKM yang memercayakan iklan” saja. Selama ini, Facebook belum umumkan apa mereka punya niat membuat program Facebook atau Instagram yang berbayar atau mungkin tidak.

Pengguna iPhone akan Bayar Facebook

Yang pasti, pemakai bisa memakai program itu jika mereka tidak setuju untuk dilacak. “Jika kalian menyepakati jendela pop-up di Facebook dan Instagram, iklan yang kalian saksikan di ke-2 program itu tidak berbeda. Bila menolak, kalian akan menyaksikan iklan, tapi didalamnya kemungkinan tidak berkaitan,” papar faksi Facebook.

Mereka mengakui tidak menyatukan beberapa data baru, saat pemakai memencet tombol “Allow”. “Menyepakati jendela pop-up ini tidak membuat Facebook menyatukan data baru, tetapi cuman berniat ingin memberi pengalaman yang lebih bagus untuk beberapa pemakai kami,” tambah Facebook.

Baca Juga : Up-date Daftar Harga Iphone Terbaru Ibox dari seri SE sampai Iphone 12

Facebook juga memercayakan IDFA dengan penghimpunan data atau pencarian rutinitas untuk iklan. Pihak Facebook hanya memercayakan satu set code unik di setiap perangkat yang disebutkan Identifier for Pengiklan (IDFA).

Nah, peraturan terbaru Apple di iOS 14 ke atas akan memblok semua akses Facebook ke IDFA, sehingga program garapan Mark Zuckerberg itu tidak dapat melacak kebiasan pemakai dan menyesuaikan iklan dengan sasaran tujuan pasar.

Cara ini menurut Facebook, akan benar-benar mempengaruhi usaha iklan perusahaan. Khususnya beberapa UMKM yang memercayakan iklan untuk meningkatkan produknya. Ini yang selanjutnya jadi pola Facebook munculkan penampilan pop-up tadi ke beberapa pemakainya, khususnya di iPhone dan iPad yang jalankan iOS 14 ke atas.

Balik lagi ke jendela pop-up, penampilan ini bisa dilihat pemakai dalam kurun waktu dekat. Beberapa hal berkaitan hal pemberian izin pencarian di program Facebook. Serta program yang lain, bahkan juga program garapan Apple sendiri, tentu saja sebagai keputusan penuh pemakai yang menggunakan piranti berbasiskan iOS 14 ke atas.