Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam akibat Retakan

Kapal Selam KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam akibat Retakan
Ditemukan beberapa bukti outentik dalam pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan Bali Utara

TRIPONNEWS.com – Menurut Kepala Staf Anggkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kapal Selam KRI Nanggala-402 mengalami keretakan yang mengakibatkan kapal tenggelam.

Sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala-402 diberitakan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) dini hari.

Kapal ini merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Berdasarkan keterangannya, KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Baca juga : Fakta Outentik Tenggelamnya KRI Nanggala-402

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Adapun kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

“Kapal akan turun pada fase-fase dari kedalaman 300 m, 400 m, 500 m bila retakan terjadi secara bertahap di bagian tertentu,” kata Yudo dalam konfrensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Akibat retakan itu, lanjutnya, sejumlah barang-barang yang ada di dalam kapal itu pun terangkat keluar. “Barang-barang ini sebenarnya ada di dalam,” ujarnya.

Yudo yakin kapal KRI Nanggala-402 tenggelam bukan karena ledakan. Karena sonar akan mendeteksi kalau terjadi ledakan. “Bukan ledakan, kalau ledakan ambyar semua,” ujarnya.

Dengan berbagai bukti autentik yang ditemukan dalam proses pencarian berupa serpihan dan sejumlah barang KRI Nanggala-402, mengisyaratkan kapal selam KRI Nangala-402 telah tenggelam.

Selain beberapa serpihan yang ditemukan dalam pencarian itu. TNI AL menemukan tumpahan minyak dan sejumlah barang, yakni pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan di botol oranye pelumas periskop kapal selam.

Baca Juga : Fakta Outentik Tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402

“Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari menghilang( submiss) menjadi Tenggelam ( subsunk),” kata Yudo.

Sebanyak 21 KRI dan helikopter dikerahkan untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402.