Untuk body

5 Langkah Mudah Atasi HP Android Sering Macet atau Lemot

  • Bagikan
5 Langkah Mudah Atasi HP Android Sering Macet atau Lemot

5 Langkah Mudah Atasi HP Android Sering Macet atau Lemot – Lag atau lemot dan sering macet merupakan hal yang sering di alami oleh pengguna Hp android. Seiring dengan perkembangan teknologi hp android dengan berbagai fitur canggih sangat menggoda untuk dimiliki.

Tetapi dibalik ke unggulan Android akan sering terjadi sistem operasi android juga bisa mengalami macet, lambat atau lag. Dimana sistem mengalami situasi keterlambatan dalam menjalankan perintah

Penyebab Hp Android sering Macet, Lag atau Lemot

Beberapa hal yang bisa menyebabkan sistem hp android anda macet, lambat atau lag

  1. RAM Hp anda terlalu kecil
  2. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal
  3. Versi sistem andriod sudah tua
  4. ROM ( read only memory ) tidak stabil

Tetapi jangan buru-buru ganti Hp, di bawah ini ada beberapa tutorial yang di kutip dari beberapa sumber dan pengalaman sendiri, 5 langkah mudah atasi hp android sering macet atau lag.

I. Buang Aplikasi yang tidak terlalu penting

Cara pertaman untuk mengatasi macet atau lag adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak penting. Ini akan berdampak pada space memori internal dan RAM di android lebih banyak.

Sehingga akan meningkatkan kinerja hp android anda terasa lebih nyaman saat digunakan.

2. Upgrade System Android

Kemudian, coba lihat versi android anda, bila masih dibawah versi terbaru lakukan upgrade sistem android.

Proses upgrade sistem android memang agak lama, tetapi tidak masalah kalau ini memang bisa mengatasi macet atau lag yang dialami oleh android anda.

3. Melakukan Tweak

Dengan cara ampuh mengatasi lag di android ini salah satu cara ampuh yang cukup berbahaya. Ketika men-tweak smartphone Android, maka biasanya akan terjadi bootloop. Jadi hati-hati saat akan men-tweak, jangan salah.

Tweak disini berarti mengedit sistem anda sendiri / daleman android untuk meningkatkan performa android. Mulai dari jaringan, cpu, ram, baterai dan banyak lagi, tapi iya itu banyak resiko.

Anda bisa men-tweak ini secara manual atau langsung menggunakan aplikasi. Sebaiknya gunakan saja aplikasi agar lebih aman. Coba gunakan “L Speed” untuk melakukan tweak ini karena menurut saya aplikasi ini adalah yang paling cocok dan bagus untuk di tweak di sobat android anda.

4. Reboot

Jadi jika Anda belum mematikan telepon Anda selama berbulan-bulan dan jika Anda mendapati hal itu menjadi lambat atau lag.

Matikan selama beberapa menit dan kemudian hidupkan kembali.
Menghidupkan telepon akan membersihkan RAM dan mematikan aplikasi yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang.

5. Reset Pabrik

Perlu anda ketahui bahwa ini merupakan cara terahir, karena akan mengembalikan kondisi smartphone anda ke kondisi baru beli.

Semua aplikasi dan data2 yang tersimpan akan di bersihkan dan menggantinya dengan aplikasi bawaan pabrikan. Untuk saat ini, cara resert factory merupakan cara ampuh mengatasi hp android macet, lag atau lemot.

Baca Juga : Whatsapp hapus Fitur Pesan bila tak Setuju Aturan Baru, Berlaku Bulan Depan

Semoga tutorial diatas bisa membantu mengatasi hp android anda bekerja lebih cepat, Selamat Mencoba.

  • Bagikan