8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari. Peregangan Otot merupakan olahraga termudah yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tetapi, peregangan tentunya akan memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan kita. Hal ini sangat jarang di ketahui bila peregangan otot dilaksanakan dengan teratur.

Lebih-lebih saat ini Anda semakin banyak menghabiskan waktu duduk di muka komputer karena kerja di rumah, melakukan peregangan otot dapat membantu hilangkan rasa pegal dan stres.

Minimal, lakukan peregangan otot anda sekurang-kurangnya 10 menit setiap hari, bisa bermanfaat untuk kesehatan badan.

8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Di rangkum dari beberapa situs kesehatan, kami mendapatkan 8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari, diantaranya

1. Dapat meningkatkan kelenturan tubuh

manfaat utama dalam peregangan otot yang bisa kita rasakan adalah meningkatkan kelenturan tubuh. Seiring semakin bertambahnya umur, otot kita mulai terasa kaku dan jarak gerakan kita menurun.

Hal itu membuat performa fisik dan aktivitas setiap hari seperti membungkuk saja memerlukan usaha keras. Sebelum ini terjadi, rutinlah lakukan peregangan.

2. Dapat Mengurangi rasa ngilu pada sendi

Ngilu persendian bukan suatu hal yang ada karena kita semakin bertambah usia, tetapi minimnya peregangan dapat menjadi salah satunya pemicunya.
Oleh karenanya, sebelumnya ada merasa sakit di persendian, mulai lakukan peregangan otot anda dari saat ini.

3. Bisa Menurunkan Stress atau depresi

Peregangan sebagai langkah yang bagus untuk menurunkan rasa stres dan kuatir. Saat kandungan stres tinggi, tanggapan lawan atau kabur terpacu, mengakibatkan badan berasa tegang.

Hasilnya, ada rasa sakit di sejumlah tempat seperti pundak, punggung, dan leher. Peregangan otot bisa menolong merilekskan otot dan menurunkan beberapa tegangan.

4. Bisa Menggerakkan energi Positif

Melakukan peregangan bisa membuat Anda lebih siaga, khususnya saat Anda bekerja. Disamping itu, dapat menghindarkan Anda merasa lemas dan ngantuk.

Lakukan beberapa peregangan kilat untuk hilangkan rasa tegang dan membuat pemikiran Anda lebih jernih dan tajam.

5. Dapat Meringankan sakit punggung

Penderita sakit punggung karena kebanyakan olahraga, duduk, salah tidur, atau kerap alami kesemutan, akan mendapatkan manfaat dari peregangan otot.

“Peregangan bisa menolong kurangi merasa sakit dengan mengurangi ketegangan pada otot dan tingkatkan saluran darah ke tempat tersebut,” terang pelatih Pilates di FLY LDN, Emma White.

6. Memperbaiki bentuk tubuh

Bentuk tubuh yang jelek disebabkan karena otot yang tegang dan kuat, yang tertarik dari posisi awalnya. Bila didiamkan, makin lama akan memunculkan permasalahan serius seperti ngilu punggung.

Lakukan peregangan di bagian bawah punggung, dada, dan pundak bisa menolong melempengkan tulang punggung dan membenahi bentuk badan.

7. Dapat Mencegah cedera

Peregangan sebelum serta sesudah olahraga penting supaya badan bisa lakukan performnya dengan maksimal dan mencegah badan mengalami cidera serius

Khususnya jika Anda lakukan olahraga berintesitas tinggi yang memerlukan otot Anda pada jenjang tinggi juga, yang dapat berpengaruh robek atau otot tertarik jika Anda tidak melakukan pemanasan dan peregangan secara betul.

8. Meningkatkan kualitas tidur

Dengan lakukan peregangan, tidur Anda semakin lebih pulas, khususnya sesudah Anda bekerja sepanjang hari yang membuat otot Anda tegang.

Coba untuk merutinkan lakukan peregangan saat sebelum jam tidur. Menurunkan kemelut dalam tubuh saat sebelum jam tidur dapat menolong Anda tidur bisa lebih cepat dan tidak terusik.

Lalu, bagaimanakah cara melakukan peregangan otot yang benar dan baik?

  • Peregangan bisa diawali dengan aktivitas ringan, misalkan jalan kaki sepanjang 10 menit. Peregangan bisa juga diawali dengan kegiatan aerobik lain, misalkan lari perlahan.
  • Melakukan gerakan peregangan untuk beragam area badan dan tahan minimal sepanjang 30 detik. Tahan regangan Anda minimal 30 sampai 60 detik untuk otot atau tempat yang berpeluang tinggi cidera.
  • Melakukan pergerakan peregangan otot minimal sepanjang 10 menit.
  • Konsentrasilah pada peregangan yang tidak membuat Anda sakit. Bila terasa sakit saat peregangan, itu maknanya Anda telah berlebihan dalam melakukan.
  • Rileks dan bernapas lega. Tidak boleh menahan napas saat Anda lakukan pergerakan peregangan otot.
  • Yakinkan rentang gerak persendian pada setiap segi badan sejajar.
  • Lakukan sebelum dan setelah olahraga. Gabungan ini mempunyai tujuan untuk mencegah cidera.

Nah itu dia 8 manfaat peregangan otot bagi kesehatan tubuh, agar kita selalu sehat dan terhindar dari cedera berat.

Baca juga : 7+ Buah dan Jus untuk menaikkan darah rendah yang efektif