Bali  

Aturan Masuk ITDC Nusa Dua selama G20

Aturan Masuk ITDC Nusa Dua selama G20

BADUNG – Aturan Masuk ITDC Nusa Dua selama G20. Kegiatan wisata di Nusa Dua akan dibatasi sepanjang G20. Wisatawan bisa masuk dengan persyaratan tertentu.

Managing Director PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) I Gusti Ngurah Ardita menerangkan pihaknya akan melangsungkan pembatasan aktivitas masyarakat baik penduduk, pegawai dan wisatawan yang hendak masuk area BTDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

“Iya (pembatasan kegiatan) jika kita di area ITDC dimulai dari tanggal 13 sampai 17,” papar Ardita dikutip dari detikBali, Rabu (9/11/2022

Aturan Masuk ITDC Nusa Dua selama G20

Pembatasan kegiatan masyarakat itu dengan dikeluarkannya panduan umum masuk ke area ITDC dalam rencana KTT G20. Untuk uji-coba sendiri akan dijalankan di tanggal 11 dan 12 November 2022.

Untuk pegawai dan wisatawan yang hendak masuk area BTDC Nusa Dua, harus patuhi panduan umum itu.

“Jika pegawai akan dilaksanakan pengangkutan dengan kendaraan bus yang dipersiapkan hotel di lokasi yang ditetapkan di luar area,” ucapnya.

Pembatasan ini mempunyai tujuan untuk memperhitungkan ada masalah seperti kemacetan di area The Nusa Dua.

“Ini cuma untuk mengantisipasi dengan 2 faktor satu untuk kelancaran dalam lokasi supaya tidak ada kemacetan dan faktor keamanan,” tegasnya.

Untuk di gerbang utara dan selatan ujarnya pengecekan dari elemen keamanan seperti TNI dan Polri. Dipertegas kembali, jika siapa saja yang melakukan aktivitas di area BTDC Nusa Dua harus ikuti aturan yang telah diputuskan.

Baca juga : Kemenhub Minta Wisatawan ke Bali di Reschedule, Tanggal Ini

Terhitung ada gelang hotel dari 18 hotel di area Nusa Dua sebagai pertanda untuk tamu yang stay di hotelnya. Untuk jumlah kepala negara yang bermalam di kawasan BTDC Nusa Dua sendiri ada 8 kepala negara.

“Untuk wisatawan yang telah tinggal di area Nusa Dua atau yang hendak masuk ke lokasi Nusa Dua itu tidak ada larangan, mereka bisa (masuk). Jika contoh mereka bermalam di Nusa Dua mereka bisa aktivitas. Apa itu jogging ke pantai, sejauh tidak ada gerakan dari kepala negara,” pungkasnya.

Baca juga : 2.500 Penjor Akan Menyambut Delegasi KTT G20 di Bali, Ini Artinya

Panduan dan Aturan Masuk ITDC Nusa Dua selama G20

Berikut panduan umum masuk area Nusa Dua dalam rencana KTT G20:

  • Penataan dukungan operasional aktivitas kenegaraan KTT G20 berjalan mulai dari 13-17 November 2022
  • Dilakukan pembatasan kendaraan masuk ke arah teritori The Nusa dua
  • Jalan masuk ke teritori The Nusa Dua lewat North Gate dan South Gate, main gate cuma dipakai untuk akses delegasi
  • Kendaraan yang dibolehkan masuk ialah roda 4/lebih dengan stiker resmi dari sekretariat bersama G20
  • Untuk pegawai dan yang beraktivitas dalam area Nusa Dua harus memakai ID Resmi G20
  • Sepeda motor dilarang masuk ke area The Nusa Dua
  • Wisatawan yang bermalam di area btdc Nusa Dua diharuskan untuk memakai gelang pertanda yang dipersiapkan oleh hotel/fasilitas