Wisata  

Musim Libur Lebaran, Tips Naik pesawat dengan baby agar tidak rewel

Musim Libur Lebaran

Musim Libur Lebaran 2023, traveling menjadi sebuah kegiatan liburan yang menggembirakan.Tentu saja Anda mulai bisa mengeksplorasikan beragam tempat menarik dan unik yang tersebar di seluruh dunia.

Nah, umumnya untuk menghemat waktu perjalanan, biasanya wisatawan lebih memutuskan untuk memakai sarana transportasi udara. Ya, pesawat terbang ialah sarana transportasi yang dianggap paling cepat.

Tetapi, bila Anda sebagai orang-tua yang sudah mempunyai anak terutamanya bayi, tentu Anda akan berpikir 2x untuk membawa mereka untuk naik pesawat. Anda tentu saja tidak mau hal yang tidak diharapkan terjadi pada anak kesayangan anda.

Musim Libur Lebaran

Menjawab permasalahan ini seorang pilot professional, yang tidak ingin disebutkan namanya, mencoba emberikan solusi dengan memberi beberapa tips yang bisa dipakai oleh masyarakat yang ingin bepergian bersama mebawa bayi.

Ia Menurutnya, sebagai seorang tua Anda wajib memastikan lebih dulu keadaan fisik si anak. Tentu saja dengan keadaan tubuh yang sehat, si anak semakin lebih aman dan anteng saat di perjalanan. Tentu saja keadaan ini akan mempermudah orang-tua saat mengasuh anaknya di pesawat.

“Pertama pastikan terlebih dahulu keadaan kesehatan bayi dengan berobat ke dokter anak, jika memang perlu meminta surat kelayakan terbang ke dokter anak. Selanjutnya berikan ke maskapal yang bersangkutan saat beli ticket untuk si bayi,” infonya.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan dengan naik pesawat, khususnya orang tua yang membawa bayi tidak perlu cemas akan kelengkapan yang berada di dalam pesawat.

Pasalnya beberapa perlengkapan keselamatan tambahan sudah dipersiapkan oleh crew pesawat yang bakal melindungi si bayi sepanjang perjalanan wisata.

“Baris bangku mempunyai masker oksigen tambahan. Pelampung khusus bayi telah dipersiapkan. Sabuk Pengaman bayi menyatu dengan sabuk pengaman yang menemaninya. Oh ya di pesawat ada keranjang bayi loh, tetapi itu cuma bisa dipakai sesuai petunjuk dari pramugari,” sambungnya.

Partinya, kondisi emosional bayi tidak sama dengan orang dewasa. Oleh karenanya Kapten Rizka memberi pesan supaya para orangtua bisa memberi kondisi yang senyaman mungkin untuk si anak. Tentu saja cara itu akan mencegah si anak jadi rewel diperjalanan.

“Buat kondisi senyaman mungkin untuk sang bayi, misalkan ngobrol dengan bayi, nyanyi-nyanyi sendiri, atau jika bayi nangis elus-elus punggung bayi supaya merasa nyaman. Upayakan bayi melakukan pergerakan seperti menelan saat take off atau ingin landing..kalau masih menyusui skalian kasih asi saja agar tidak sakit telinganya,” inilah tips dari sang pilot.

Beberapa Tips Lain Naik pesawat dengan bayi agar tidak rewel saat Musim Libur Liburan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat naik pesawat dengan bayi:

Persiapkan diri Anda dan bayi Anda dengan baik: Pastikan Anda membawa semua perlengkapan bayi yang diperlukan, seperti popok, susu formula, makanan bayi, baju ganti, dan mainan. Pastikan juga bayi Anda dalam kondisi sehat dan nyaman sebelum terbang.

Pilih tempat duduk yang tepat: Pilih tempat duduk yang nyaman untuk Anda dan bayi Anda, misalnya kursi jendela yang lebih sepi. Sebaiknya hindari kursi di dekat toilet karena dapat bising dan lebih sibuk.

Membawa kereta bayi: Bila perlu, Anda dapat membawa kereta bayi untuk membantu mengangkut bayi dan barang bawaan Anda. Namun, pastikan untuk mengecek aturan maskapai terkait dengan membawa kereta bayi di dalam pesawat.

Menyusui atau memberikan susu pada saat lepas landas dan mendarat: Menyusui atau memberikan susu pada saat lepas landas dan mendarat dapat membantu mengurangi tekanan telinga bayi.

Persiapkan mainan: Persiapkan mainan yang dapat menghibur bayi Anda selama perjalanan, seperti buku bergambar, mainan kesukaannya, atau mainan yang bisa dipencet-pencet.

Bersiap-siap dengan perbedaan tekanan udara: Bayi mungkin akan merasa tidak nyaman atau rewel pada saat perubahan tekanan udara selama penerbangan. Anda dapat membantu bayi dengan memberikan minum atau memberikan pacifier.

Berbicara dengan kru kabin: Jangan ragu untuk berbicara dengan kru kabin jika Anda membutuhkan bantuan selama penerbangan. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda dan bayi Anda.

Baca juga : Wisata Sejarah di Pura Gunung Kawi Bali, Istimewa!

Dengan mempersiapkan diri Anda dan bayi Anda dengan baik, Anda dapat mengurangi stres dan memastikan perjalanan Anda dan bayi Anda menjadi lebih nyaman dan lancar.