Rayakan HUT RI Ke-76 di Puncak Gunung Agung, 6 pendaki di Evakuasi

Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Agung

AMLAPURA – Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Agung, 6 pendaki di Evakuasi. Kelelahan setelah selesai merayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di puncak Gunung Agung, 5 orang pendaki harus dievakuasi petugas Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, Selasa (17/8) malam.

Pendaki Gunung Agung yang kelelahan itu dievakuasi dari puncak lewat Pura Pengubengan Besakih, Banjar Batumadeg, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem.

Bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan RI ke-76 ( 17 agustus 2021 ), Rombongan pertama berjumblah 5 pendaki, rombongan ke dua berjumblah 3 pendaki, dan rombongan ke tiga dengan anggota 10 pendaki. Tetapi yang mengalami kelelahan adalah rombongan pertama yang berjumblah 5 orang.

Rayakan HUT RI di Puncak Gunung Agung, 6 pendaki di Evakuasi

Ke-lima pendaki melakukan pendakian gunung Agung menggunakan jalur pendakian Pura Pengubengan Besakih, Senin (16/8) sore jam 15.00 Wita. Mereka selanjutnya bermalam di puncak Gunung Agung.

Para pendaki gunung Agung ini berasal dari Denpasar dan Tabanan. Mereka ingin merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 di Puncak Gunung Agung dengan Ketinggian 3.031mdpl.

Daftar Pendaki yang mengalami kelelahan dan harus di Evakuasi bernama : Yohanes, 18, Bobby, 16, Wulan, 16, Emilio, 17, dan Mario, 17.

Penyelamatan dilakukan sesudah satu dari mereka, Bobby, menghubungi pamannya supaya dicarikan bantuan untuk meneruskan perjalanan balik dari ketinggian sekitar 2.000 mdpl.

Kemudian keluarga Bobby menghubungi Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka.

Setelah mendapatkan informasi tersebut. 10 petugas Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem terjun ke lokasi bersama 10 anggota Polsek Rendang yang dipimpin langsung Kapolsek Kompol I Made Sudartawan.

Selain petugas, lima orang guide pendakian Gunung Agung juga ikut mencarinya. Mereka mulai mendaki Gunung Agung, Selasa sore jam 17.30 Wita.

Selasa Malam, pukul 20.00 wita petugas gabungan berhasil menemukan ke lima pendaki yang mengalami kelelahan saat mendaki gunung Agung.

Selama perjalanan menuruni gunung Agung bersama 5 pendaki yang mengalami kelelahan, petugas juga menemukan 1 pendaki yang kelelahan karena menderita Penyakit Asam Lambung.

Pendaki ini di ketahui bernama I Wayan Putra 24, asal Tabanan. Wayan Putra sebagai anggota dari kelompok kedua yang berjumblah 10 pendaki.

Karena itu, petugas gabungan mengevakuasi korban Wayan Putra dengan dipapah. Sedangkan ke 5 pendaki dari kelompok 1 ( Bobby ) dibantu menuruni Gunung Agung dengan jalan perlahan-lahan. Ke enam pendaki yang kekelahan itu tiba di jaba Pura Pengubengan Besakih, Selasa malam jam 22.45 Wita.

“Kami awalannya akan mengevakuasi 5 pendaki yang kelelahan, sesuai laporan. Tetapi dalam perjalanan turun menemukan satu pendaki tidak dapat berjalan, karena itu keseluruhan ada 6 pendaki yang dievakuasi.

Satu diantaranya harus dipapah,” ungkapkan Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Karangasem, I Gusti Ngurah Eka, di Amlapura, Rabu (18/8).

Baca juga : Mendaki Gunung Agung, Pilih Jalur Pendakian Aman Ini

Ke enam pendaki ini selamat dan sudah di perbolehkan pulang ke rumah masing-masing, tutup Eka.