Untuk body

Ketahui Ciri-Ciri Asam Lambung Naik supaya Bisa Ditangani dengan Tepat

  • Bagikan
Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru perlu Anda ketahui. Apakah anda pernah merasakan hal-hal berikut ini ? Mulut terasa asam, rasa pahit di belakang mulut, susah menelan, sampai batuk-batuk inilah tanda-tandanya.

Ciri-ciri asam lambung naik biasanya hampir mirip dengan penyakit tentang pencernaan lainnya. Tidak diragukan lagi bila penyakit seputar pencernaan ini sering disepelekan dan tidak disadari.

Walau sebenarnya, gejala-gejala asam lambung naik yang berkelanjutan dan kerap disepelekan bisa berbahaya untuk kesehatan. Keadaan ini bisa jadi berujung pada infeksi dan penyempitan tenggorokan sampai permasalahan pernafasan.

Oleh karenanya, mengetahui ciri-ciri asam lambung naik perlu dilakukan sedini mungkin. Dengan begitu, Anda bisa membandingkannya dengan gejala-gejala penyakit seputar pencernaan yang lain.

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru

Naiknya asam lambung naik dapat memicu beragam tanda-tanda dan kemungkinan berlainan pada setiap pasien. Tetapi, pada umumnya ciri-ciri asam lambung naik dapat berbentuk:

Kesan terbakar di dada (heartburn)

Salah satunya ciri-ciri asam lambung naik ke dada yang paling umum terjadi ialah heartburn atau nyeri ulu hati. Anda akan rasakan kesan panas seperti terbakar di dada bagian tengah jika mengalami heartburn.

Kesan terbakar umumnya berawal dari perut, dan dapat menyebar sampai ke leher dan punggung. Tidak cuma rasa terbakar yang dapat muncul, kesan seperti ditusuk-tusuk jarum juga dapat terjadi.

Karena mirip dengan angina, ciri-ciri asam lambung naik ini bisa jadi membuat Anda cemas. Langkah membedakannya, heartburn biasanya muncul sesudah Anda makan. Masalahnya saat asam lambung naik, jaringan di sepanjang dinding tenggorokan (esofagus) akan teriritasi karena asam ini.

Tanda-tanda asam lambung naik berbentuk heartburn umumnya semakin memburuk setelah makan ataupun waktu Anda sedang berbaring dan membungkuk.

Regurgitasi

Ciri-ciri asam lambung naik selanjutnya ialah regurgitasi. Regurgitasi ialah rasa asam dan pahit karena asam yang naik dan terasa pada bagian belakang mulut atau tenggorokan. Simpelnya, ciri-ciri asam lambung naik ini mirip bersendawa, tetapi udara yang keluar dibarengi sedikit muntahan.

Bau mulut

Tanda-tanda penyakit asam lambung naik ke dada dan mulut dapat memacu aroma tidak sedap dalam mulut Anda, tidak cuma rasa asam atau pahit. Ciri-ciri asam lambung naik ini biasanya terjadi bertepatan dengan regurgitasi.

Dispepsia

Dispepsia ialah istilah medis umum untuk keadaan perut yang tidak nyaman. Gejala asam lambung naik satu ini dapat diikuti dengan perut yang dirasa kembung, sakit pada perut bagian atas, mual sesudah makan, dan kerap bersendawa.

Susah menelan

Di dunia medis, ciri-ciri asam lambung naik satu ini dikenal bernama disfagia. Disfagia ialah keadaan yang terjadi saat Anda memerlukan usaha dan waktu semakin lama untuk menurunkan makanan ke lambung.

Ciri-ciri asam lambung naik satu ini dapat disebabkan karena GERD (gastroesophageal reflux) pada jaringan tenggorokan hingga mengakibatkan tenggorokan teriritasi.

Batuk akut

Tanda-tanda penyakit asam lambung yang naik ke tenggorokan diperhitungkan dapat terisap ke paru-paru. Berikut yang diprediksi jadi korelasi di antara batuk akut dengan ciri-ciri asam lambung naik.

Masalahnya batuk sebagai tanggapan automatis badan untuk keluarkan benda apa saja yang tidak sengaja terisap ke aliran napas. Tanggapan ini akan membantu tubuh membuat perlindungan diri.

Suara serak dan sakit tenggorokan

Saat asam lambung naik ke kerongkongan, ini bisa mengakibatkan iritasi pada pita suara dan memacu suara serak. Keadaan ini biasanya terasa saat pagi hari saat Anda bangun tidur.

Jika iritasi karena gejala asam lambung terus-terusan terjadi, keadaan ini bisa juga membuat pasien mengalami sakit tenggorokan. Untuk menangani ciri-ciri asam lambung naik, Anda perlu memeriksa diri ke dokter supaya mendapat pengobatan yang tepat.

Penyebab asam lambung naik yang harus diperhatikan

Penyakit asam lambung ialah keadaan yang disebabkan dari naiknya asam lambung dari perut ke tenggorokan.Saluran pencernaan mempunyai katup berupa cincin otot yang dikenali dengan sfingter esofagus bagian bawah. Pada kondisi normal, katup ini bisa kembali tertutup rapat sesudah makanan melewatinya.

Baca Juga : 6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

pada penyakit asam lambung naik bisa muncul karena otot katup bawah esofagus yang menurun dan alami pengenduran ketika semestinya menutup.

Produksi asam lambung yang kebanyakan menjadi pemicu asam lambung naik. Penyebab asam lambung naik bisa juga dipacu oleh konsumsi minuman dan makanan tertentu, merokok, sampai stres.

Bila tanda-tanda asam lambung naik berkali-kali (lebih dari 2x dalam seminggu), Anda kemungkinan mengalami penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) atau penyakit refluks asam lambung atau penyakit GERD.

Cara mengobati asam lambung naik yang benar dengan obat

Jika Anda didiagnosa mengalami GERD (gastroesophageal reflux), dokter bisa memberinya beberapa macam obat berikut ini untuk menurunkan tanda-tanda asam lambung naik yang Anda alami:

  1. Proton pump inhibitors atau penghambat pompa proton
    Satu diantara obat asam lambung naik di apotek ialah proton pump inhibitors atau penghambat pompa proton. Obat proton pump inhibitors berperan kurangi jumlah asam yang dihasilkan oleh lambung, dan umum diberi untuk mengatasi GERD (gastroesophageal reflux).
  2. H2 blockers
    Sama dengan obat penghambat proton pump inhibitors, obat asam lambung naik ini mempunyai tujuan untuk menolong mengurangi produksi asam lambung sebagai pemicu naiknya asam lambung ke tenggorokan.
  3. Antasida
    Antasida ialah obat asam lambung naik di apotek berikutnya. Antasida bekerja dengan menetralisir asam dalam lambung penderita GERD (gastroesophageal reflux).
  4. Prokinetik
    Obat prokinetik bisa menolong lambung untuk mengosongkan isinya lebih cepat.
  5. Erythromycin
    Erythromycin ialah obat yang mempunyai peranan yang serupa dengan prokinetik.

Cara mengatasi asam lambung naik dengan cara alami

Disamping obat-obatan dari dokter, Anda bisa juga menerapkan pola hidup berikut untuk menolong penyembuhan sekalian mencegah kekambuhan gejala asam lambung naik.

  • Menghindari pola makan yang bisa memacu naiknya asam lambung. Misalkan, makanan banyak mengandung lemak, buah asam, cokelat, makanan pedas, alkohol, kopi, teh, dan soda.
  • Melakukan pola makan dengan jatah lebih kecil tapi frekwensinya lebih sering.
  • Tidak boleh tiduran sesudah makan.
  • Makan permen karet sesudah makan.
  • Stop merokok.
  • Mengendalikan masalah kekhawatiran dan stres karena GERD bisa juga dipicu oleh ke-2 tekanan mental ini.

Baca Juga : Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Gejala asam lambung yang kronis dan perlu dibawa ke dokter

Anda perlu siaga dan segera ke dokter jika tanda-tanda asam lambung kronis mulai memperlihatkan tanda-tanda. Tanda-tanda asam lambung kronis, yaitu:

  • Sakit di perut dan hati terasa terbakar begitu parah
  • Diikuti gejala ngilu di dada
  • Dada terasa seperti diremas-remas, kuat, dan berasa nyeri

Anda juga perlu ke dokter jika gejala asam lambung kronis dibarengi tanda-tanda:

  • Napas sesak
  • Mual dan Pusing
  • Berkeringat
  • Ada rasa ngilu yang menyebar dari perut dan dada ke lengan, bahu, punggung, leher, atau rahang.

Nah itu dia gejala asam lambung yang dirangkum oleh tim triponnews yang diambil dari berbagai sumber yang situs kesehatan nasional dan internasional.

  • Bagikan