Untuk body

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Cara Atasinya dengan alami

  • Bagikan
Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Cara Atasinya dengan alami

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang perlu anda ketahui, seperti hati terasa terbakar ( heartburn). Kemudian terasa asam pada mulut dan rasa pahit di belakang mulut. Ada rasa susah dalam menelan makanan dan batuk berkepanjangan. Ini semua merupakan ciri asam lambung naik ke paru-paru.

Umumnya, ciri-ciri asam lambung naik yang terus berlanjut sering disepelekan oleh para penderita penyakit asam lambung. Mereka tidak mengetahui akan bahaya yang akan di timbulkan bagi kesehatan.

Bila penderita asam lambung menyepelekan ciri-ciri tersebut, maka akan bisa berakibat infeksi dan penyempitan kerongkongan. Hingga menyebabkan permasalahan pada sistem pernapasan.

Ciri Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru

Oleh karenanya, dengan mengetahui ciri-ciri asam lambung naik ke Paru-paru sedini mungkin, anda bisa melakukan langkah penyembuhan dengan obat maupun secara alami. Berikut adalah ciri-ciri asam lambung naik;

1. Dada terasa terbakar (heartburn)

Ini merupakan salah satu ciri utama asam lambung naik ke paru-paru yang biasa terjadi pada penderita asam lambung. Dada terasa terbakar disertai nyeri Ulu hati yang sangat menyiksa.

Rasa ini muncul dari perut, pada umumnya, kemudian menyebar ke kerongkongan dan punggung. Gejala heartburn biasanya terjadi setelah makan.

Baca Juga : 6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

Alasannya, karena saat asam lambung naik, jaringan di dinding kerongkongan (esofagus) akan teriritasi karena asam ini. Tak hanya itu, heartburn bisa juga terjadi saat berbaring atau membungkuk.

2. Rasa Asam dan Pahit pada Mulut ( Regurgitasi )

Ciri asam lambung naik ke paru-paru berikutnya adalah regurgitasi. Regurgitasi merupakan munculnya rasa asam atau pahit di dalam mulut. Yang dikarenakan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang menyebabkan rasa ini pada belakang mulut atau kerongkongan. Umumnya seperti bersendawa, tetapi udara yang keluar dibarengi sedikit muntahan.

3. Bau mulut

Berikutnya adalah bau mulut yang disebabkan oleh asam lambung yang naik ke paru-paru. Kondisi ini menyebabkan bau mulut yang tidak enak yang di sertai rasa asam dan pahit di dalam mulut anda. Biasanya ciri ciri asam lambung naik ini terjadi berbarengan dengan regurgitasi.

4. Perut Terasa Tidak Nyaman ( Dispepsia )

Ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru berikutnya adalah perut terasa kurang nyaman. Atau dalam bahasa medis di sebut Dispepsia. Seperti perut kembung, muncul rasa sakit di perut bagian atas atau Ulu hati. Kemudian di sertai rasa mual setelah menyantap makanan dan bersendawa.

5. Sulit Menelan Makanan ( Disfagia )

Rasa sulit menelan makanan merupakan ciri-ciri asam lambung naik ke paru-paru yang di kenal dalam istilah medis sebagai disfagia. Kondisi ini terjadi saat anda merasa kesulitan dalam menelan makanan.

Biasanya anda membutuhkan waktu yang lebih lama dalam menurunkan makanan ke Lambung. Hal ini disebabkan karena GERD (gastroesophageal reflux) pada jaringan kerongkongan hingga mengakibatkan kerongkongan teriritasi.

6. Mengalami Batuk secara Terus Menerus ( Kronis )

Asam lambung yang naik ke kerongkongan, hal ini bisa terhirup ke paru-paru. Menyebabkan anda akan mengalami batuk berkepanjangan atau batuk kronis.

Gejala batuk terjadi sebagai respons tubuh secara otomatis dalam mengeluarkan benda apa saja yang tidak sengaja teresap ke saluran pernapasan.

7. Sakit Tenggorokan dan Suara serak.

Sakit Tenggorokan dan Suara serak terjadi akibat iritasi pada pita suara. Sebagai salah satu penyebab asam lambung naik dari paru-paru ke kerongkongan. Kondisi ini biasanya terjadi saat bangun pagi.

Jika iritasi yang diakibatkan oleh asam lambung yang terjadi secara terus menerus. Maka penderita akan mengalami sakit tenggorokan. Untuk mengatasi ciri-ciri asam lambung naik ke Paru-paru, Anda perlu memeriksa diri ke dokter supaya mendapat pengobatan yang tepat. Dan bisa juga melakukan langkah dengan pengobatan alami.

Cara mengatasi asam lambung naik ke Paru-paru secara alami

Disamping obat-obatan dari dokter, Anda bisa juga melakukan pola hidup berikut untuk pengobatan dan mencegah asam lambung naik secara alami. Seperti;

  • Jauhi pola makan yang bisa membuat naiknya asam lambung. Seperti; makanan berlemak, buah yang mengandung asam, cokelat, makanan pedas, alkohol, kopi, teh, dan minuman bersoda.
  • Mengatur pola makan dengan porsi lebih sedikit tetapi dengan frequensi yang lebih sering
  • Hindari berbaring setelah menyantap makan.
  • Makan permen karet selesai makan.
  • Tidak merokok atau berhenti merokok.
  • Hindari kecemasan yang berlebihan dan stres yang bisa akibat GERD

Nah itu dia tentang ciri atau gejala asam lambung naik ke paru-paru yang perlu anda ketahui. Agar anda bisa mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

Baca Juga : Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

  • Bagikan