Untuk body

Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

  • Bagikan
Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Makanan penyebab asam lambung naik merupakan tipe makanan yang penting dijauhi pasien sakit maag atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Ini penting untuk menahan kambuhnya tanda-tanda dan timbulnya kompleksitas.

Ciri-ciri asam lambung (GERD) naik bisa mengakibatkan mulut berasa pahit atau asam, rasa ngilu pada ulu hati, dan tanda-tanda yang lain yang sangat mengganggu. Ketidaknyamanan ini dapat terjadi selama beberapa menit sampai beberapa jam.

Oleh karenanya, untuk mencegah asam lambung naik (refluks), penting untuk Anda untuk mengontrol pola makan dengan baik. termasuk mencermati makanan apa yang Anda konsumsi dan menghindari makanan penyebab asam lambung naik.

Ketahui Makanan Penyebab Asam Lambung Naik berikut ini

Di rangkum dari berbagai situs kesehatan yang mengatakan beberapa jenis makanan yang perlu di hindari untuk menjaga kesehatan bagi penderita asam lambung.

Di bawah ini merupakan beberapa macam makanan penyebab asam lambung naik yang seharusnya anda ketahui dan dijauhi

1. Gorengan – Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Gorengan terhitung dalam makanan penyebab asam lambung naik karena kandungan lemaknya yang tinggi. Makanan yang memiliki kandungan banyak lemak bisa memacu produksi hormon kolesistokinin.

Salah satu dampak yang diakibatkan hormon ini ialah melemasnya otot sfingter di antara lambung dan tenggorokan yang berfungsi untuk menahan makanan tetap ada dalam lambung. Bila otot ini terbuka, asam lambung naik ke tenggorokan.

2. Makanan asam

Menghindari jenis buah atau beberapa makanan yang rasanya asam, diantaranya jeruk, lemon, strobery, atau makanan yang memiliki kandungan cuka. Kandungan asam pada makanan ini bisa memacu nyeri ulu hati yang dirasa perih seperti terbakar, apa lagi bila makanan ini dimakan saat perut pada kondisi kosong.

3. Tomat

Buah tomat rupanya masuk juga ke daftar penyebab naiknya asam lambung. Masalahnya kandungan asam sitrat dan asam malat pada tomat bisa memacu peningkatan asam lambung sebagai pemicu maag.

Konsumsi tomat dengan jumlah yang berlebihan bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Mengakibatkan, asam lambung naik ke tenggorokan yang bisa mengakibatkan tanda-tanda yang tidak menyenangkan.

4. Bawang

Baik bawang merah, bawang putih, atau bombay, rupanya dapat melemahkan otot pada tenggorokan bagian bawah melemah. Akhirnya, asam lambung gampang naik kembali lagi ke tenggorokan sampai memacu tanda-tanda maag.

Makanan penyebab asam lambung yang ini rupanya memiliki kandungan zat yang bisa mengakibatkan beragam permasalahan pencernaan, seperti kerap sendawa. Sendawa adalah tanda-tanda maag dan dapat jadi memperburuk peningkatan asam lambung jika didiamkan.

Kenali 9 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

5. Makanan pedas

Makanan pedas termasuk juga kedalam jenis makanan penyebab asam lambung naik. Kandungan capsaicin pada makanan pedas dikenali bisa memperlambat pemrosesan makanan di lambung. hingga lambung jadi penuh dalam waktu yang cukup lama. Ini bisa memacu kambuhnya nyeri ulu hati.

Disamping itu, makanan pedas dapat membuat iritasi dinding lambung. Pada pasien maag, khususnya maag akut, dinding lambung telah mengalami infeksi. Makanan pedas pasti dapat memperparah keadaan ini. Oleh karenanya, hindarilah makanan yang memiliki kandungan cabe atau lada.

6. Makanan banyak mengandung lemak

Sama seperti yang sudah diterangkan pada awal, makanan banyak mengandung lemak bisa memacu naiknya asam lambung. Ini meliputi beberapa makanan yang alami kaya lemak, misalkan daging sapi, daging kambing, susu full cream, dan produk buatan susu, seperti keju, yogurt, dan butter.

Beberapa makanan ini diproses semakin lama dalam perut hingga tingkatkan resiko berlangsungnya refluks. Oleh karenanya, mengkonsumsi beberapa makanan ini perlu dibatasi, khususnya pada pasien maag dan GERD.

7. Cokelat

Sangat sayang, makanan nikmat ini harus juga anda hindari bila Anda tidak mau asam lambung naik. Cokelat memiliki kandungan kokoa, lemak, cafein, dan teobromine yang semua bisa memacu refluks.

Bila masih tetap ingin makan cokelat, Anda dapat konsumsi cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat tipe ini memiliki kandungan lebih sedikit zat pemicu refluksnya, hingga resiko terjadinya refluks lebih rendah. Walau demikian, konsumsinya harus tetap di kontrol.

Selainnya beberapa macam makanan di atas, ada juga minuman yang seharusnya dijauhi, misalkan

8. Minuman bersoda

Sama seperti dengan kopi dan soda, minuman mengandung alkohol, seperti bir atau anggur, dapat berperan sebagai pemicu timbulnya maag. Mengapa begitu?

Mengonsumsi minuman mengandung alkohol berkali-kali dan dengan jumlah yang banyak bisa membuat iritasi sampai mengikis lapisan perut. Mengakibatkan, lapisan perut lebih rawan pada asam lambung yang membuat perut lebih peka pada asam.

Disamping itu, bir dan anggur dilaporkan bisa tingkatkan jumlah produksi asam lambung. Oleh karenanya, alkohol jadi larangan minuman dan makanan untuk penderita sakit asam lambung karena beresiko untuk sistem pencernaan.

9. Minuman mengandung kafein.

Kemungkinan Anda pernah atau kerap dengar jika orang yang memiliki penyakit maag tidak disarankan mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, dengan jumlah banyak.

Bahkan juga, sedapat mungkin menjauhi cafein atau batasi konsumsinya buat mencegah tanda-tanda maag semakin bertambah parah. Masalahnya cafein dilaporkan bisa lemahkan otot pada katup tenggorokan sisi bawah. Mengakibatkan, asam lambung juga dapat naik kembali lagi ke tenggorokan dan memacu tanda-tanda yang mengganggu.

Cafein tingkatkan hormon gastrin

Selainnya lemahkan otot esofagus, cafein dikatakan bisa merangsang semakin banyak sekresi asam. Akhirnya, ini bisa mengakibatkan kenaikan hormon gastrin, yakni hormon yang berperan merangsang lambung untuk menghasilkan asam lambung.

Ini karena minuman-minuman ini memiliki sifat asam. Gelembung gas pada minuman soda bisa juga mengakibatkan asam lambung naik.

Untuk mengurangi resiko naiknya asam lambung, perbanyaklah minum air putih dan batasi konsumsi cafein Anda, misalkan dengan menukar kopi dengan teh chamomile yang bebas cafein.

Disamping itu, makanlah makanan ramah lambung, misalkan sayur, oatmeal, putih telur, dan makanan yang memiliki kandungan lemak sehat, seperti alpukat, kacang kenari, minyak wijen, dan minyak zaitun.

Menghindari makanan penyebab asam lambung naik kemungkinan tidak mudah, apa lagi bila makanan itu menjadi makanan favorite Anda. Tetapi, ingat jika mengutamakan kesehatan lebih bernilai daripada kepuasan makanan yang sementara.

Baca Juga : 6 Pantangan Makanan Asam Lambung bagi Anak-anak, Remaja dan Orang tua

Sama seperti yang sudah disebutkan di atas, pola makan pengidap maag atau GERD yang tidak dijaga bisa memacu berlangsungnya kompleksitas yang serius. dikutip dari beberapa sumber situs kesehatan..

  • Bagikan