Simak Cara Menurunkan Darah Tinggi yang efektif

Simak Cara Menurunkan Darah Tinggi yang efektif

Cara Menurunkan Darah Tinggi – Tekanan darah merupakan salah satu kesehatan yang perlu Anda perhatikan. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan sebagainya.

Sedangkan tekanan darah rendah dapat menyebabkan pusing, lemas, dan kesulitan melakukan aktivitas. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah normal adalah pada 120/80 mmHg atau sedikit di bawahnya.

Jika tekanan darah berada di atas angka tersebut, maka seseorang dapat dikatakan mengalami peningkatan tekanan darah. Dan jika tekanan darah mencapai 130/80 mmHg, disebut hipertensi.

Dalam kondisi seperti ini, diperlukan cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi perlu berhati-hati.

Beberapa kondisi yang memicu hipertensi antara lain faktor usia, faktor keturunan, pola hidup yang buruk, jarang berolahraga, makan makanan yang tidak sehat, stres, dan konsumsi alkohol.

Selain itu, penyakit tertentu seperti diabetes, ginjal, dan tiroid juga menjadi faktor pemicu tekanan darah tinggi pada seseorang. Nah, melalui artikel kita kali ini, kita akan membahas bagaimana cara Menurunkan Darah Tinggi dengan cepat dan tepat agar tidak membahayakan kesehatan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi

1. Menurunkan Berat Badan

Cara pertama untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan alami adalah dengan menurunkan berat badan. Obesitas atau kelebihan berat badan memicu hipertensi. Kelebihan berat badan dapat memicu jantung bekerja lebih keras sehingga tekanan darah meningkat.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan merupakan salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang cukup efektif.

Seseorang yang memiliki berat badan normal dan ideal tidak memiliki risiko besar terkena tekanan darah tinggi, kecuali jika ia memiliki gaya hidup yang buruk.

Rencanakan pola makan sehat sesegera mungkin agar penimbunan lemak dan kolesterol tidak meningkat. Aliran dan tekanan darah menjadi lancar dan normal sehingga hipertensi dapat ditangani dengan baik.

2. Jalani Pola Makan yang Sehat

Tips atau cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan menjalani pola makan yang sehat. Pola makan sehat dilakukan dengan makan secara teratur, tidak melewatkan sarapan, dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, biji-bijian, sayuran, dan susu rendah lemak. Selain itu, makanan sehat ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi makanan tersebut secara teratur dan mengurangi lemak jenuh dalam tubuh, tekanan darah akan perlahan stabil. Ganti makanan yang digoreng dengan makanan yang direbus atau dikukus untuk mengurangi masuknya lemak jenuh ke dalam tubuh.

Anda juga bisa minum jus penurun tekanan darah tinggi seperti jus wortel, jus anggur, jus jeruk, dan jus pisang. Ada kandungan potasium dalam jus buah yang berfungsi sebagai minuman penurun darah tinggi.

3. Konsumsi Makanan yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dicoba sebagai cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol di usia muda. Beberapa contoh makanan sehat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat antara lain:

  • Sayuran Hijau
  • Yoghurt
  • Oatmeal

4. Pertimbangkan Meningkatkan Asupan Kalium Anda

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, potasium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satu kegunaannya adalah untuk mengontrol tekanan darah dengan membuang kelebihan natrium dari tubuh.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan kalium dalam nutrisi harian. Contoh makanan yang mengandung potasium tinggi antara lain bayam, kol, dan pisang.

5. Batasi Konsumsi Garam dan Natrium

Garam dan natrium menjadi pemicu lonjakan tekanan darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Garam umumnya ditemukan dalam masakan, makanan ringan, minuman ringan, dan makanan kaleng. Jika jumlah garam dan natrium terlalu berlebihan, tentu tidak baik untuk tekanan darah.

Oleh karena itu, cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan membatasi asupan garam dan natrium dalam makanan sehari-hari. Perlu diketahui bahwa kebutuhan harian garam dan natrium untuk orang dewasa hanya 1500 hingga 2000 mg per hari.

6. Lakukan Olahraga Secara Teratur dan Aktif Bergerak

Cara menurunkan tekanan darah tinggi menjadi normal kemudian dilakukan dengan olahraga teratur. Untuk mendapatkan tekanan darah yang normal, pastikan Anda berolahraga minimal 30 hingga 60 menit setiap hari.

Olahraga teratur dapat menstabilkan tekanan darah dan membuat tubuh lebih sehat. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengatur tekanan darah tinggi Anda:

  • Jalan Kaki
  • Jogging
  • Bersepeda
  • Berenang

7. Kurangi dan Kelola Stres

Cara menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dilakukan dengan mengelola stres. Tanpa disadari, ternyata stres dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, stres perlu dikurangi dan dikelola dengan baik.

Memang, tekanan hidup yang berat terkadang membuat pikiran gelisah, namun bukan berarti stres dan kecemasan tidak bisa dikelola.

Anda dapat mengelola stres dengan cara meditasi, relaksasi, yoga, atau melakukan hal lain yang Anda suka. Dengan stres yang dikelola dengan baik, tekanan darah tinggi dapat diturunkan.

8. Batasi Asupan Kafein

Bukan hanya garam dan natrium saja yang harus dibatasi. Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan membatasi asupan kafein ke dalam tubuh. Tak heran jika setelah mengonsumsi kopi, seseorang akan merasakan jantungnya berdebar kencang dan pusing.

Simak juga : Kenapa Kopi Dapat Memicu Kecemasan?

Artinya, terjadi peningkatan tekanan darah di dalam tubuh. Anda perlu mengurangi kafein agar tekanan darah bisa turun dan stabil.

9. Berhenti Merokok

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Merokok merupakan pemicu utama terjadinya tekanan darah tinggi pada seseorang.

Perokok aktif cenderung memiliki risiko terkena berbagai penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan Anda berhenti merokok untuk mendapatkan tekanan darah yang normal.

10. Batasi Konsumsi Alkohol

Bukan hanya rokok, tetapi alkohol juga menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Alkohol bisa menyebabkan berbagai komplikasi di dalam tubuh. Untuk itu, cara menurunkan tekanan darah tinggi dapat dilakukan dengan menghilangkan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

11. Tidur yang Cukup

Pola hidup sehat akan membuat tubuh selalu fit dan terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara menjalani gaya hidup sehat adalah dengan menjaga dan memastikan tidur yang cukup setiap hari. Tidur yang cukup dapat menurunkan risiko hipertensi.

Hal ini karena pada saat tidur organ-organ tubuh diberi kesempatan untuk beristirahat. Di sisi lain, kurang tidur akan membuat organ vital merasa lelah dan akhirnya tidak berfungsi dengan baik. Jadi, sebagai cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda perlu tidur yang cukup dan teratur setiap hari.

12. Selalu Pantau Tekanan Darah di Rumah atau Periksa ke Dokter

Menjaga dan menurunkan tekanan darah agar menjadi normal dapat dilakukan dengan melakukan pemantauan tekanan darah secara rutin, baik di rumah maupun di rumah sakit. Sekarang ada pengukur tekanan darah yang bisa Anda gunakan di rumah sehingga Anda bisa tahu pasti berapa tekanan darah Anda.

Baca juga : 14 Makanan Pembersih Paru-paru, Dipercaya Mampu Membikin Napas Plong

Dengan selalu memantau tekanan darah Anda, Anda akan tahu kapan tekanan darah Anda meningkat. Alhasil, Anda bisa segera menemukan cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau mencari bantuan medis sebelum terlambat.

13. Dapatkan Dukungan dari Keluarga atau Teman

Bagi penderita hipertensi, dukungan dari keluarga atau teman sangat diperlukan. Pastikan orang-orang terdekat Anda tahu bahwa Anda sedang berusaha menurunkan tekanan darah Anda.

Dengan mendapat dukungan dari sekitar, Anda akan termotivasi untuk mengurangi ketegangan dan menjaga kesehatan.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang cara yang sangat efektif Menurunkan Darah Tinggi, semoga bermanfaat.