Ini Manfaat Daun Bawang yang Banyak orang Tak Tahu

Ini Manfaat Daun Bawang yang Banyak orang Tak Tahu

Ini Manfaat Daun Bawang yang Banyak orang Tak Tahu. Kalin pasti tahu dengan Daun bawang yang umum dipakai cuma untuk pendamping masakan, tapi sebetulnya banyak memiliki manfaat untuk kesehatan.

Di kutip dari Draxe, daun bawang yang disebut bagian dari genus sayur Allium memiliki banyak mantaaf dan kandungan gizi yang banyak tidak menyadarinya.

Kandungan Nutrisi yang ada di Daun Bawang

Diantaranya tiap 100 g mempunyai gizi seperti berikut:

  • Kalori 61
  • Serat: 1,8 gr
  • Vitamin K: 47 mkg (59 % angka kecukupan nutrisi (AKG))
  • Vitamin A: 1.667 IU (33 % AKG)
  • Karbohidrat: 14,2 gr
  • Protein: 1,5 gr
  • Lemak: 0,3 gr
  • Mangan: 0,5 mg (20 % AKG)
  • Vitamin C: 12 mg (20 % AKG)
  • Folat: 64 mg (16 % AKG)
  • Vitamin B6: 0,2 mg (12 % AKG)
  • Zat besi: 2,1 mg (12 % AKG)
  • Magnesium: 28 mg (7 % AKG)
  • Kalsium: 59 mg (6 % AKG)
  • Tembaga: 0,1 mg (6 % AKG)
  • Kalium: 180 mg (5 % AKG)
  • Vitamin E: 0,9 mg (5 % AKG)

Ini Manfaat Daun Bawang yang Banyak orang Tak Tahu

Jika diambil dari Healthline, daun bawang memiliki karakter anti-oksidan yang lumayan besar, khususnya datang dari polifenol dan senyawa belerangnya.

Anti-oksidan berguna untuk melawan oksidasi, yang mengakibatkan kerusakan beberapa sel tubuh dan berperan pada terbentuknya penyakit.

Manfaat untuk kesehatan Dari nilai nutrisi daun bawang itu, manfaat untuk kesehatannya seperti berikut:

Manfaat Daun Bawang bisa Mencegah kanker

Diambil dari Draxe, banyak riset menemukan jika manfaat daun bawang sanggup membuat perlindungan tubuh dari beragam tipe kanker. Salah satunya elemen mencegah kanker ialah inulin, serat makanan yang terhitung dalam keluarga fruktan.

Pada sebuah riset yang dipublikasi di Genetics and Molecular Research, inulin bisa membuat perlindungan DNA dari kerusakan yang mengakibatkan mutasi.

Perubahan dari DNA yang rusak kerap dipandang seperti pemicu kanker terbentuk. Daun bawang memiliki kandungan alisin, yang hasilkan asam sulfenat saat diolah.

Asam sulfenat ini menetralisir penyebaran radikal bebas (pemicu kanker) bisa lebih cepat daripada nutrisi yang lain.

Manfaat daun bawang untuk mencegah kanker karena kandungan kaempferol. Ini ialah tipe anti-oksidan yang sanggup hilangkan depresi oksidatif pada tubuh.

Memperkuat tulang

Menutu WebMD, daun bawang berguna untuk memperkuat tulang dengan kurangi resiko osteoporosis. Ini karena daun bawang banyak vitamin K.

Beberapa riset memperlihatkan konsumsi vitamin K yang semakin tinggi dapat tingkatkan kepadatan tulang dan turunkan riisko tulang patah pipnggul.

Beberapa ahli kesehatan di sejumlah bagian dunia sepakat pemakaian vitamin K untuk menangani osteoporosis.

Mangontrol berat badan

Dalam WebMD, manfaat daun bawang dapat mengontrol berat badan karena mempunyai kandungan air dan serat. Serat dan air dalam daun bawang bisa tingkatkan rasa kenyang dan menahan rasa lapar. Disamping itu, sayur ini rendah kalori.

Hingga, Anda cenderung tidak makan terlalu berlebih sesudah konsumsi daun bawang. Daun bawang yang dapat menambahkan rasa pada makanan membuat sajian sehat jadi lebih sedap.

Kurangi infeksi dan tingkatkan kesehatan jantung

Di ambil dari Healthline, daun bawang masuk ke keluarga allium, seperti bawang putih dan merah. Beberapa riset menemukan jika allium bisa turunkan resiko penyakit stroke dan jantung yang lebih rendah.

Sementara, mayoritas riset ini yang mengetes keluarga allium mempunyai potensi turunkan infeksi dan membuat perlindungan kesehatan jantung.

Kaempferol dalam daun bawang mempunyai karakter anti-inflamasi. Manfaat daun bawang untuk tingkatkan kesehatan jantung karena ada kandungan alisin dan tiosulfinat, yang disebut senyawa belerang yang bisa kurangi cholesterol, tekanan darah, dan pembangunan gumpalan darah.

Mempertahankan kesehatan pencernaan

Dikutip dari Healthline, daun bawang dapat meningkatkan pencernaan Anda. Ini karena daun bawang sumber serat terlarut (seperti prebiotik) yang bekerja untuk mempertahankan kesehatan usus Anda.

Prebiotik selanjutnya akan hasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA), seperti asetat, propionat, dan butirat. SCFA bisa kurangi infeksi dan perkuat kesehatan usus Anda.

Riset memperlihatkan jika konsumsi makanan kaya prebiotik bisa menolong peresapan gizi penting badan, yang bisa tingkatkan kesehatan Anda keseluruhannya.

Mendukung kehamilan sehat

Mengutip dari Draxe, daun bawang tinggi folat dalam tiap hidangan yang bisa dibuktikan jadi elemen mempertahankan kesehatan kehamilan.

Manfaatnya dalam memberikan dukungan kehamilan sehat ini sebab bisa menahan keguguran dan cacat tabung saraf.

Cacat tabung saraf sebagai tipe cacat lahir yang terjadi saat tulang belakang dan punggung tidak tutup secara benar sepanjang perubahan janin. Sayur ini kurangi resiko persalinan prematur spontan, khususnya pada masa kehamilan 28 sampai 31 minggu.

Mengendalikan kolesterol

Mencuplik Draxe, manfaat daun bawang yang memiliki kandungan belerang bisa juga dengan alami kurangi kandungan cholesterol jahat. Cholesterol jahat yang menimbun nanti tingkatkan resiko Anda terserang penyakit jantung.

Alisin dalam daun bawang menghalangi HMG-CoA reduktase, enzim detil di hati yang bertanggungjawab untuk produksi cholesterol.

Daun bawang memiliki kandungan fitonutrien, sulfida, dan tiol yang bisa menolong atur cholesterol dan menantang infeksi pada tubuh.

Kurangi infeksi

 Mencuplik Draxe, faedah daun bawang yang populer yang lain untuk menantang infeksi. Ini karena karakter antiseptik pada mekanisme badan yang dikandungnya.

Mereka memiliki kandungan sebagian besar vitamin A, yang memberikan dukungan perubahan sel darah merah dan putih yang mengusung oksigen dan menantang infeksi.

Baca juga : 9 Jenis Diet Sehat Untuk Tubuh Dan Menurunkan Berat Badan

Bawang Welsh, sayur yang serupa dengan daun bawang, sudah ditelaah memberi faedah untuk menantang flu. Diperhitungkan kekuatannya menantang virus influenza karena ada fruktan.