15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami – Hati atau yang juga dikenal dengan liver merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem pencernaan, dimana organ tersebut memiliki berbagai fungsi seperti :

  • Menyaring semua jenis makanan, minuman, dan segala sesuatu seperti obat-obatan yang diserap oleh tubuh.
  • Membantu membersihkan darah dan membuang berbagai macam bahan kimia berbahaya dari dalam tubuh.
  • Menghasilkan empedu yang nantinya sangat berguna untuk membantu memecah lemak dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.
  • Menyimpan glukosa (gula) yang nantinya dapat memberikan dorongan energi saat tubuh membutuhkannya.

15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi liver atau hati yang kita miliki selalu dalam kondisi sehat dan prima agar organ tersebut dapat menjalankan segala tugasnya dengan baik. Lalu bagaimana melakukannya? Untuk mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Hati, yuk simak ulasan berikut ini.

1. Menghindari Minuman yang Mengandung Alkohol

Berhati-hatilah jika Anda seorang pecandu minuman beralkohol. Mengapa? Karena mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan pada hati Anda. Alkohol dapat merusak sel-sel hati dan dapat menyebabkan pembengkakan atau jaringan parut (sirosis) yang dapat menyebabkan kematian.

Simak juga ; 10 Manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh

Selain itu, bahan kimia ini juga dapat menyebabkan hati Anda bekerja lebih keras untuk menyaring zat-zat berbahaya di dalam tubuh. Untuk itu, sebaiknya batasi atau hindari konsumsi minuman tersebut. Selain itu, waspadai semua gejala sirosis hati.

2. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Menurut para ahli, menjaga kesehatan hati bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan menjalani pola hidup sehat. Makan setidaknya berbagai jenis sayuran hijau setiap hari tentu akan menjadi langkah yang baik untuk hati.

Hal ini karena sayuran, terutama yang berdaun hijau, mengandung folat yang berguna untuk meningkatkan kesehatan anggota tubuh, terutama hati. Sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat super tinggi.

3. Berolahraga Secara Teratur

Dengan melakukan latihan fisik seperti berolahraga secara teratur akan sangat membantu Anda dalam menjaga berat badan yang normal. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mencegah Anda berkembang menjadi gangguan hati yang berujung pada sirosis.

Olahraga yang membakar kalori super banyak bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan. Sebenarnya banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun perhatikan untuk tidak terkena bahaya mandi setelah berolahraga bagi kesehatan.

4. Lebih Selektif dalam Memilih Obat

Beberapa jenis obat yang sebenarnya bertujuan untuk mengobati penyakit yang Anda derita justru dapat membahayakan organ dalam Anda, yaitu hati. Ini biasanya terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak bahan kimia atau obat herbal tertentu dalam jangka waktu yang lama.

Misalnya, jika Anda mengonsumsi obat penurun kolesterol dan obat penghilang rasa sakit seperti asetaminofen secara berlebihan, dapat berdampak pada sakit hati. Untuk itu, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan petugas medis tentang cara minum obat yang tepat yang harus Anda konsumsi.

7+ Buah dan Jus untuk menaikkan darah rendah yang efektif

5. Vaksinasi

Vaksinasi juga akan sangat membantu mencegah Anda dari berbagai gangguan hati seperti hepatitis. Kita tahu bahwa hepatitis adalah salah satu penyakit menular yang bisa kita dapatkan melalui makanan atau minuman yang terkena virus yang nantinya virus tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui darah dan cairan tubuh.

Untuk itu, jika Anda ingin bepergian ke daerah yang sedang terjangkit wabah virus hepatitis, maka sebaiknya Anda meminta vaksinasi untuk mencegah penyebaran virus tersebut ke diri Anda sendiri.

6. Hindari Kontak dengan Sumber Racun

Langkah selanjutnya adalah selalu berusaha menghindari kontak langsung dengan beberapa zat beracun. Beberapa produk seperti produk pembersih, produk aerosol, insektisida, bahan tambahan makanan.

Bahkan efek berbahaya nikotin rokok juga dapat mempengaruhi kesehatan hati jangka panjang. Mampu menjalani gaya hidup sehat juga akan melindungi jantung Anda.

7. Waspadalah terhadap Suplemen Makanan dan Produk Herbal

Beberapa produk herbal dan suplemen makanan yang saat ini beredar di pasaran justru bisa berbahaya bagi kesehatan hati Anda. Bahkan produk tersebut juga bisa berdampak pada terjadinya kerusakan pada organ vital ini.

Menurut para ahli, tidak ada bukti bahwa produk ini dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Justru risiko penyakit liver bisa muncul dalam penggunaan jangka panjang.

8. Mengatur Pola Makan

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang berlebihan atau makan makanan olahan yang digoreng atau yang banyak mengandung lemak, dapat mengakibatkan beban kerja hati yang berlebihan. Hal ini mengakibatkan organ tersebut tidak mampu menyaring racun dan lemak dalam tubuh secara efisien.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, baik porsinya maupun jenis pengolahannya. Misalnya, Anda bisa menerapkan 4 makanan sehat 5 sempurna untuk setiap hari.

15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami

9. Menghindari Stres dan Polusi

Kehidupan di era modern ini sebenarnya banyak berdampak pada kesehatan seperti munculnya stres dan ancaman paparan polusi. Kedua hal ini juga sangat mempengaruhi kinerja liver Anda, dimana organ tersebut akan mengalami overload saat menyaring racun yang mengendap di tubuh Anda.

10. Menjaga Kebersihan Diri

Ini adalah cara ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama hati. Biasakan diri sendiri atau anak untuk selalu cuci tangan pakai sabun. Dengan kegiatan tersebut, risiko penyebaran virus penyebab penyakit hati seperti hepatitis akan berkurang. Namun perhatikan juga cara mencuci tangan yang benar dan steril.

11. Hindari Seks Bebas

Seseorang yang tidak dalam hubungan monogami memiliki risiko tinggi tertular penyakit hati seperti hepatitis. Seperti dijelaskan di atas, virus hepatitis dapat menyebar melalui darah dan cairan tubuh kita.

Untuk itu sebaiknya kita lebih berhati-hati saat berhubungan seksual, salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pelindung diri seperti kondom.

Atau lebih baik lagi, jika Anda setia pada pasangan dan tidak melakukan seks bebas. Selain menyebabkan risiko penyakit liver, seks bebas juga berisiko tertular AIDS.

12. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Mengkonsumsi beberapa jenis vitamin seperti vitamin B dan vitamin C merupakan langkah yang tepat dalam upaya menjaga kesehatan hati.

Baca juga : 7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

Menurut para ahli, mengkonsumsi vitamin C dalam dosis serendah 500 mg setiap hari dapat membantu mencegah penumpukan lemak dan sirosis hati. Selain vitamin C, ternyata vitamin B, terutama B-12, juga berperan penting dalam kesehatan hati.

Vitamin ini dapat membantu mempercepat proses pemulihan bagi mereka yang terkena penyakit kuning, anoreksia, dan bilirubin serum. Dengan kata lain, kedua jenis vitamin ini dapat membantu melindungi dan menjaga kesehatan hati Anda.

13. Mengkonsumsi Makanan Pembersih Hati

Beberapa jenis bahan makanan dipercaya mengandung zat yang dapat membantu membersihkan hati Anda. Hal ini tentunya akan menjadi salah satu cara agar jantung Anda tetap sehat dan prima.

Beberapa makanan tersebut antara lain bawang putih, wortel, apel, bit, alpukat, sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, biji-bijian, lemon, kunyit, asparagus, kangkung, kubis, dan masih banyak lagi.

14. Terapi pijat

Terapi pijat merupakan alternatif lain dalam upaya menjaga kesehatan hati Anda. Dengan teknik ini akan dapat membantu melancarkan peredaran darah ke organ-organ tersebut, yang akan membuat jantung anda dapat bekerja secara maksimal.

Simak juga : Tekan Titik Pijat Refleksi untuk Asam Lambung Naik

Namun pastikan Anda juga melakukan pemijatan untuk kesehatan hati hanya pada ahlinya yang sangat memahami metode pemijatan.

15. Mencari Informasi tentang Kesehatan Hati

Yang tidak kalah penting adalah Anda rajin mencari informasi tentang kesehatan dan cara menjaga kesehatan liver Anda di buku dan sumber lainnya. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi langsung dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Hati adalah pusat detoksifikasi kimia terbesar bagi tubuh.

Hal ini menunjukkan bahwa hati memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Untuk itu, sudah sepantasnya jika kita harus selalu menjaga kesehatan organ tubuh tersebut.

Nah itulah beberapa tips Cara Menjaga Kesehatan Hati secara alami, semoga bermanfaat.

Baca juga : Apa Saja Penyebab Diabetes Yang Jarang Diketahui Orang?