10 Manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh

14 Manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh

Minyak kelapa tidak hanya dipakai untuk memasak. Ada banyak manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh, dimulai dari menurunkan berat badan sampai mempertahankan kesehatan jantung.

Buah kelapa bukan hanya bisa dibuat jadi beberapa tipe makanan, tapi juga bisa dijadikan minyak kelapa (coconut oil). Minyak kelapa yang bagus ialah minyak kelapa murni, bukan minyak kelapa olahan.

Minyak kelapa murni diekstrak dari kelapa yang fresh tanpa diproses memakai bahan kimia tambahan atau diolah tanpa temperatur tinggi. Hal itu mempunyai tujuan supaya kandungan alami, seperti senyawa phenolic, tidak lenyap atau hancur. Senyawa phenolic berperanan sebagai anti-oksidan.

Disamping itu, senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat, dan kaprat, bisa memberikan dukungan perkembangan probiotik dalam aliran pencernaan yang berperan untuk menantang bakteri jahat.

10 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Berikut ialah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan:

1. Bisa Turunkan berat badan

Untuk Anda yang sedang menjalankan program diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, Anda bisa memakai minyak kelapa murni sebagai minyak untuk memasak atau mencampur salad.

Nilai nutrisi dalam minyak kelapa murni dipercayai bisa menaikkan metabolisme, hingga lemak pada tubuh akan makin cepat terbakar dan diubah jadi energi.

Disamping itu, pemakaian minyak kelapa dapat memberi efek kenyang makin lama, hingga bisa tekan rasa lapar dan menahan Anda mengkonsumsi banyak makanan.

Simak Juga : Tekan Titik Pijat Refleksi untuk Asam Lambung Naik

Walaupun di-claim bagus untuk orang yang ingin menurunkan berat badan, selama ini data terkait efektifitas minyak kelapa untuk diet terbatas hingga masih dibutuhkan riset lebih lanjut.

Tetapi, harus dipahami jika dalam soal turunkan berat badan, Anda bukan hanya dapat memercayakannya pada minyak kelapa semata. Anda perlu tetap olahraga dengan teratur dan jalani pola makan sehat dan berimbang.

2. Mempertahankan kesehatan jantung

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga datang dari kandungan polifenol. Polifenol dijumpai bisa menahan berlangsungnya aterosklerosis, yakni pengerasan dinding pembuluh darah karena penimbunan karies pada dinding pembuluh darah. Dengan begitu, resiko penyakit jantung akan turun.

Tetapi, bila mempunyai riwayat penyakit jantung, Anda dianjurkan untuk konsultasi sama dokter lebih dulu berkaitan dengan konsumsi minyak kelapa.

3. Kurangi kandungan lemak jahat

Manfaat minyak kelapa yang lain di-claim bagus untuk kesehatan ialah kurangi cholesterol jahat (LDL) dan tingkatkan cholesterol baik (HDL) pada tubuh.

Dampak ini bisa memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah. Tetapi, beberapa riset memperlihatkan jika konsumsi minyak kelapa cuman dapat tingkatkan kandungan lemak baik, tapi tidak memberi efek berarti pada pengurangan cholesterol keseluruhan dan lemak jahat pada darah.

Oleh karenanya, manfaat minyak kelapa yang ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

4. Mencegah diabetes

Asam lemak dalam minyak kelapa diperhitungkan bisa membetulkan toleran glukosa pada tubuh. Pada kasus diabetes type 2, minyak kelapa dipercayai bisa membetulkan sensitivitas insulin. Tetapi, masih dibutuhkan riset selanjutnya untuk menunjukkan manfaat ini.

Sekarang ini, telah banyak produk minyak kelapa murni yang dipasarkan di pasar dan gampang didapat pada harga yang bervariatif. Tetapi, saat sebelum Anda membeli, selalu lihat panduan pemakaian dan tanggal lewat waktu dari produk minyak kelapa itu.

Disamping itu, tanyakan terlebih dahulu ke dokter bila Anda ingin memakai minyak kelapa sebagai bahan alamiah untuk mendukung dan memiara kesehatan. Ditambah, bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu

5. Bekerja untuk sumber energi yang cepat

Saat konsumsi bahan yang memiliki kandungan trigliserida rantai panjang (LCT), molekul lemak diangkut lewat darah ke jaringan yang memerlukannya, seperti otot atau jaringan lemak.

Di lain sisi saat konsumsi minyak kelapa, MCT langsung ke arah hati dan jadi suplai energi yang cepat secara sama, seperti karbohidrat.

MCT sudah lama dipakai dalam produk gizi olahraga untuk olahragawan yang memerlukan sumber energi yang bisa diserap dan dipakai oleh badannya secara cepat.

6. Memiliki efek antimikroba

Minyak kelapa mempunyai karakter antimikroba dan antijamur karena kandungan MCT, terutamanya asam laurat. Asam laurat ialah asam lemak yang membuat sekitaran 50 % MCT dalam minyak kelapa.

Riset memperlihatkan asam laurat itu mempunyai potensi mempunyai dampak antimikroba pada mikroorganisme pemicu penyakit, misalnya: Stafilokokus aureus Streptococcus mutans Streptococcus pyogenes Escherichia coli Helicobacter pylori Study memperlihatkan jika asam laurat bisa bertindak selaku agen bakteriostatik.

Agen bakteriostatik ialah zat yang menahan bakteri berkembang biak tanpa mematikan bakteri. Asam laurat dapat bertindak selaku agen bakteriosidal, yang merusak beberapa bakteri. Disamping itu, asam laurat bisa menghalangi perkembangan mikroorganisme yang beresiko untuk tanaman.

7. Menolong kurangi rasa lapar

Salah satu kandungan menarik dari MCT ialah jika mereka bisa mengurangi konsumsi makanan. Manfaat MCT dalam minyak kelapa itu kemungkinan berkaitan dengan bagaimana badan merusaknya.

Pembagian MCT yang Anda makan dibagi jadi proses yang hasilkan molekul yang disebutkan keton. Keton kurangi selera makan dengan melakukan tindakan langsung pada pembawa pesan kimiawi otak atau mengganti kandungan hormon penyebab rasa lapar, seperti ghrelin.

Orang yang jalani diet ketat tidak makan banyak karbohidrat, tapi mereka kerap makan banyak lemak, seperi lemak dari minyak kelapa. Walau minyak kelapa adalah sumber alami MCT, tidak terdapat bukti jika minyak kelapa tersebut kurangi selera makan semakin banyak daripada minyak yang lain.

8. Bisa Membantu kurangi kejang

Bahan makanan yang memiliki kandungan keton sudah lama digunakan jadi obat berbagai keluhan, seperti epilepsi. Keton dalam minyak kelapa sudah bisa dibuktikan menolong kurangi kejang yang kerap kambuh.

Baca juga : 9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

Beberapa periset yakin jika minimnya glukosa yang ada untuk bahan bakar beberapa sel otak ialah keterangan yang kemungkinan untuk kurangi frekwensi kejang ke orang dengan epilepsi.

Tetapi keseluruhannya, ada kekurangan bukti untuk pemakaian bahan makanan yang memiliki kandungan keton ke orang dewasa dan bayi dengan epilepsi. Hingga, masih dibutuhkan semakin banyak riset.

Kurangi konsumsi karbohidrat Anda kurangi glukosa pada darah Anda, dan tingkatkan konsumsi lemak Anda mengakibatkan kenaikan fokus keton secara berarti.

Otak Anda bisa memakai keton untuk sumber energi bukannya glukosa. Riset memperlihatkan jika MCT dalam minyak kelapa yang diangkut ke hati akan diganti jadi keton.

9. Dapat meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh adalah sering dipakai untuk maksud kosmetik dengan tingkatkan kesehatan kulit. Study memperlihatkan jika minyak kelapa bisa tingkatkan kandungan air di kulit kering.

Disamping itu, melakukan tindakan untuk: Tingkatkan peranan kulit Menolong menahan kehilangan air yang terlalu berlebih Membuat perlindungan Anda dari factor external, seperti agen infeksi, bahan kimia, dan alergen.

Kenyataannya, sebuah riset memutuskan jika memoleskan 6-8 tetes minyak kelapa murni pada tangan dan biarkan sepanjang malam mempunyai potensi efisien untuk menahan kulit kering yang disebabkan karena biasanya memakai pencuci tangan berbasiskan alkohol.

Cara tersebut dapat kurangi keparahan tanda-tanda enteng sampai sedang dari dermatitis atopik. Dermatitis atopik sebagai penyakit kulit akut yang diikuti dengan infeksi kulit dan cacat pada peranan penghambat kulit.

10. Membuat perlindungan rambut

Minyak kelapa dapat membuat perlindungan dari kerusakan rambut. Satu riset tentukan jika minyak kelapa sanggup menyerap benar-benar pada dalam lembar rambut.

Hal tersebut membuat rambut bisa tingkatkan kemampuannya dan mencegah kerontokan. Demikian juga, riset lain mendapati jika manfaat minyak kelapa bisa: Memeliara setiap rambut Kurangi kerusakan Perkuat rambut.

Tipe minyak kelapa

Tidak seluruhnya minyak kelapa sama, efeknya untuk kesehatan bisa juga berbeda bergantung macamnya. Keseluruhannya, makin berkurang makanan yang diolah, makin besar peluangnya untuk tawarkan manfaat kesehatan, dan hal yang sama dengan berlaku untuk minyak kelapa.

Baca juga : 7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

Minyak kelapa ekstra virgin datang dari buah kelapa fresh dan masak. Pemrosesan tidak mengikutsertakan temperatur tinggi atau bahan kimia tambahan. Orang yang memutuskan untuk memakai minyak kelapa harus pilih tipe yang sedikitnya diolah.