Untuk body

9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

  • Bagikan
9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

Memilih Jenis Olahraga untuk Lansia umur 50 tahun ke atas adalah hal yang sangat peniting. Walaupun semua jenis olahraga baik untuk kesehatan tetapi untuk para lansia harus berhati-hati dalam memilihnya.

Olahraga merupakan cara termurah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Menurut Kementerian Kesehatan, kelompok pra lansia di antara 45-59 tahun dan lansia di antara 60-69 tahun.

Dikutip dari beberapat sumber yang mengatakan orang dewasa yang berumur 65 tahun menghabiskan waktu rata-rata 10 jam ataupun lebih tiap hari untuk duduk atau tiduran. jadikan mereka dapat dikategorikan sebagai kelompok yang kurang banyak bergerak.

Rutinitas itu malah membuat lansia dalam resiko, seperti cedera karena gampang jatuh, kegemukan, penyakit jantung, sampai kematian lebih cepat. Bersamaan dengan bertambahnya umur, jadi lebih penting untuk selalu aktif bila ingin masih tetap sehat dan jaga kemandirian diri.

Manfaat Olahraga Untuk Lansia

Banyak manfaat yang di dapat dari olahraga untuk lansia yang di rangkum dari beberapa sumber dan Famili Doctor, olahraga mempunyai manfaat untuk lansia, yang mencakup:

  • Untuk meningkatkan kemampuan tubuh yang dapat membantu diri masih tetap mandiri.
  • tingkatkan keseimbangan badan yang dapat mencegah jatuh.
  • Untuk memberikan tubuh semakin banyak energi.
  • Untuk mencegah atau tunda penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, atau osteoporosis.
  • Agar bisa tingkatkan suasana hati dan melawan stres. Agar bisa tingkatkan peranan kognitif (cara kerja otak).

Olahraga aman untuk dilaksanakan banyak orang dewasa yang berumur lebih dari 65 tahun. Bahkan juga lansia yang mempunyai penyakit akut dapat untuk selalu olahraga dengan aman.

Penyakit akut itu mencakup jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan radang persendian. Kenyataannya, banyak lanjut usia dengan keadaan klinis itu dapat semakin sehat karena olahraga.

Untuk pastikan olahraga itu aman dan memberikan dukungan kesehatan badan, kita dapat konsultasi lebih dulu sama dokter.

“Bersamaan pertambahan umur dan peranan badan lanjut usia turun, kegiatan fisik menolong perlambat pengurangan (peranan badan) itu,” kata Dr Nick Cavill, konselor promo kesehatan, sama seperti yang diambil dari NHS.

Konsep olahraga yang dianjurkan untuk lanjut usia bukan kegiatan fisik yang berat, tapi langkah untuk membikin badan masih tetap bergerak aktif. Baiknya, lanjut usia bergerak tiap hari yang dalam tiap kegiatannya berjalan minimum sepanjang 10 menit.

Jenis Olahraga untuk Lansia umur 50 tahun ke atas

9 Jenis Olahraga Untuk Lansia Yang Aman untuk di lakukan

Mempunyai tujuan untuk minimal 150 menit dalam satu minggu aktif bergerak. Olahraga yang paling simpel misalnya berkebun, bermain bersama cucu, atau lakukan tugas rumah, seperti menyapu, mengepel, mengolah, dan lain-lain.

1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga yang tidak ekstrem. Dan yang paling simpel dan efektif untuk orangtua.

Australian Physical Activity and Sedentary Behaviour Guidelines menyebutkan lansia yang jalan kaki minimal 30 menit tiap hari bisa mengurangi resiko penyakit jantung sampai 40 %.

Memikirkan jalan kaki sepanjang 30 menit kemungkinan bisa menjadi kegiatan yang berat untuk lansia yang mempunyai masalah kesehatan pada kaki.

Baca juga : Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Cara Atasinya dengan alami

Tetapi coba jalan dengan pelan-pelan sambil berkeliling-keliling disekitaran perumahan dan menghirup angin segar yang bisa memperbaiki keadaan fisik atau kejiwaan.

2. Joging

Justus Ortega, pimpinan riset, menjelaskan orang lansia yang teratur joging akan terbebas dari penurunan efektivitas jalan karena penurunan keadaan fisik yang menua. Biaya metabolisme jalannya lebih rendah, serupa sama orang usia 20-an,

jumlah energi yang diperlukan untuk bergerak, dengan cara alamiah akan meningkat bersamaan bertambahnya umur. metabolisme yang tinggi mengakibatkan jalan kaki lebih melelahkan dan susah. “Penurunan kekuatan jalan ialah tanda penurunan kesehatan ke orang lansia,

Lansia 65 tahun ke atas yang olahraga dengan jalan kaki dan mereka yang joging sepanjang 30 menit setiap hari, 3x satu minggu. Sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh mereka.

3. Menari

Menari dapat menjadi satu diantara kegiatan yang membahagiakan. Selainnya membahagiakan, rupanya menari memberi beberapa manfaat yang bagus untuk tubuh para lansia (lanjut usia). Berikut adalah manfaat menari untuk kesehatan orangtua Anda.

  • Bagikan