Untuk body

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik

  • Bagikan
Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik
Ilustrasi wanita yang sedang mengalami asam lambung naik - Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik. Asam lambung bisa datang kapan saja bagi penderitanya. Karena itu mengenal langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu di ketahui.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik. Asam lambung bisa datang kapan saja bagi penderitanya. Karena itu mengenal langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu di ketahui.

Penyakit umum di kalangan masyarakat bisanya adalah Asam lambung dengan ciri-ciri umum seperti merasa tidak nyaman, mual, nyeri hulu ati dan pusing saat asam lambung naik.

Dirilis dari Media Medical ada beberapa ciri-ciri orang mengalami asam lambung naik ke paru-paru hingga ke tenggorokan. Tetapi gejala umum asam lambung naik adalah rasa tidak nyaman hingga merasakan panas dan nyeri di dada dalam bahasa medis disebutkan heartburn.

Menurut pusat pendidikan amerika (American College of Gastroenterology) rasa ketidaknyamanan dapat menyebar di dada atau di belakang tulang dada.

Tanda-tanda asam lambung naik bisa juga menyebabkan merasa tidak nyaman di tenggorokan. Kemudian terasa pahit di mulut dan asam saat penyakitnya kumat. Tanda-tanda asam lambung naik dapat terjadi selama beberapa jam.

Baca Juga : Ketahui Ciri-Ciri Asam Lambung Naik supaya Bisa Ditangani dengan Tepat

Bagi penderita Asam Lambung, rasa kurang nyaman ini biasanya muncul saat sesudah makan atau kondisi perut kosong.

lalu hal Apa Yang Harus Dilakukan Saat Asam Lambung Naik.

Untuk penderita asam lambung mengetahui cara pertolongan pertama sangatlah penting. Berikut adalah hal yang harus di lakukan apa bila asam lambung naik;

1. Melonggarkan Pakaian yang dikenakan

Dirangkum dari berbagai situs kesehatan bahwa tekanan pada perut bisa menimbulkan naiknya asam lambung. Karena itu, langkah pertama saat asam lambung naik perlu menghilangkan semua tekanan pada perut.
Saat penyakit kambuh, segera longgarkan ikat pinggang, kait celana, baju, atau apa saja yang membuat semakin sesak.

2. Mengunyah permen karet

Dalam pengujian tahun 2014 menunjukkan, mengunyah permen karet bisa membantu menangani asam lambung naik. Karena saat mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur dan menelan.

Langkah alami ini bisa menurunkan tanda-tanda asam lambung naik dengan jalan mencairkan dan membersihkan asam lambung dari tenggorokan.

3. Berdiri tegak

Posisi tubuh kadang dapat menimbulkan asam lambung naik. Status yang tidak cocok atau mungkin kurang nyaman bisa memberinya tekanan pada sfingter esofagus sisi bawah.

Anggota badan ini berbentuk otot berupa cincin yang mengatur asam lambung supaya tidak naik ke tenggorokan.

Pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu mengikutsertakan peralihan sikap badan yang lebih tegak untuk kurangi tekanan pada sfingter esofagus.

Bila saat asam lambung kumat penderita sedang tiduran, coba ambil posisi berdiri atau duduk. Jika status pasien saat asam lambung kambuh dalam posisi berdiri, coba tegakkan bentuk badan untuk berdiri lebih tegak.

4. Minum obat asam lambung

Pertolongan pertama saat asam lambung naik perlu memberi obat yang pas untuk penderita. Ada banyak tipe obat asam lambung yang ada dipasaran, yaitu:

  • Antasida H2 blocker
  • Penghambat pompa proton (PPI)

Obat tipe PPI dan H2 blocker bisa mengurangi produksi asam yang dikeluarkan lambung, hingga membantu menangani asam lambung naik.

Sedang obat tipe antasida berperan untuk menetralisir asam lambung. Saat sebelum minum obat asam lambung, yakinkan untuk konsultasi ke dokter. Beberapa obat bisa berhubungan dengan obat yang lain.

Penyakit asam lambung naik biasanya dapat pulih dalam waktu beberapa saat sesudah penderita diberikan hal hal di atas.

Baca Juga : Ciri-Ciri Asam Lambung Naik ke Paru-paru, Cara Atasinya dengan alami

Tetapi Anda perlu siaga jika tanda-tanda merasa tidak nyaman di dada dibarengi dengan keluarnya keringat dingin dan napas sesak. Keadaan itu bisa saja pertanda penyakit jantung.

  • Bagikan