TERBARU, Info Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Akhir Maret 2021

Info Pendaftaran CPNS dan PPPK terbaru akan dibuka kembali Tahun 2021
Foto Ilustrasi - TRIPONNEWS.COM – 2021, Info Pendaftaran CPNS dan PPPK terbaru akan dibuka kembali Tahun 2021. Pengumuman di buka akhir maret, Seleksi dibuka pada bulan April - Mei 2021. Registrasi Akun di sscasn.bkn.go.id

TRIPONNEWS.COM – 2021, Info Pendaftaran CPNS dan PPPK terbaru akan dibuka kembali Tahun 2021. Menurut keterangan yang di kutif dari kompas.com, formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) rencana diumumkan akhir Bulan Maret ini 2021.

Kemudian dilanjutkan dengan seleksi CPNS 2021 dan PPPK 2021 yang akan dibuka pada bulan April – Mei 2021. Sedangkan, seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan masuk ke Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pada tanggal 1 Juni 2021. Setiap instansi Pembinaan Jabatan Fungsional diminta untuk menyiapkan penyusunan soal SKB.

Untuk Penyusunan soal akan dilakukan sesuai dengan Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 11 Tahun 2019. Undang-undang tersebut mengatur tentang Pedoman Penyusunan Soal Seleksi SKB dan Pengintegrasian ke dalam Sistem CAT BKN.

“Sesuai amanat peraturan tersebut. Instansi pemerintah selaku pembina jabatan fungsional diharuskan melakukan penyusunan soal SKB melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan soal.

Penyusunan kisi-kisi soal, pembuatan soal, dan penelaahan soal,” ujar Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono dalam keterangan seperti dikutip Triponnews dari Kompas.com, Selasa 16 Maret 2021.

Info Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka April – Mei 2021

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana mendesak agar Instansi Pembina Jabatan Fungsional segera memutakhirkan soal-soal SKB.

Mereka juga diminta untuk memastikan penyusunan soal sesuai dengan standar tingkat kesulitan soal yang ditetapkan. Baik dari level jabatan maupun antar wilayah.

“Untuk pemutakhiran soal SKB, naskah soal SKB CPNS dan soal seleksi kompetensi teknis PPPK non-Guru disampaikan kepada Panselnas paling lambat 1 Juni untuk diintegrasikan ke dalam Bank Soal CAT BKN,” tuturnya.

Bagi Anda yang penasaran, taksonomi dalam penyusunan naskah soal CPNS dan PPPK terbagi menjadi dua, yaitu High Order Thinking (HOT) dan Low Order Thinking (LOT).

Baca Juga : TERBARU, Syarat pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2021

Dalam soal HOT, akan ada kombinasi soal evaluation, synthesizing, dan analyze. Sementara, aspek yang dinilai dalam LOT meliputi Applying, Comprehension, dan Remembering.

Kemudian, untuk tes PPPK guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dipastikan akan memandu. Sebab, seleksi PPPK bakal difasilitasi oleh Kemendikbud. PPPK kali ini mencari 1 juta guru untuk diberikan kesejahteraan” Ujar Bima Haria