11 Cara Efektif Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di Charge

Cara Efektif  Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di Charge

Cara Efektif  Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di charge – Anda mengalami masalah pengisian daya ponsel tetapi tidak mengisi daya atau ponsel Anda tidak dapat diisi daya saat dihidupkan dan ponsel Anda tidak dapat diisi daya saat dimatikan, itu artinya Anda harus membaca cara menyelesaikannya secara lengkap di sini dengan seksama.

Di zaman sekarang ini, smartphone telah menjadi kebutuhan utama umat manusia, dan berbagai cara akan dilakukan orang agar smartphone yang dimilikinya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Kerusakan pada smartphone memang tidak bisa dihindari, apalagi jika ponsel tersebut sudah berumur bertahun-tahun Kerusakan akan sulit dihindari.  Dari sekian banyak masalah kerusakan smartphone, masalah hp di charge tapi tidak di charger salah satunya dan waktu pengisian hp malah berkurang.

Dan disini kami akan membagikan tutorial cara Mengatasi Baterai Hp yang tidak bisa full atau cara mengatasi baterai hp yang tidak bisa di charge untuk semua merk hp dengan baterai removable atau baterai implant seperti : samsung, xiaomi, Asus ke iPhone dan sebagainya. Untuk memperbaikinya, silakan ikuti langkah-langkah dalam tutorial di bawah ini dengan benar.

11 Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di Charge

Berikut 11 cara mengatasi Baterai HP android Tidak Bisa di charge, ikuti langkah-langkah berikut ini;

1. Pastikan Sumber Daya Sebelum Hp Di Charge

Meski terdengar sepele, seringkali sumber listrik yang tidak kompatibel dengan smartphone bisa menyebabkan ponsel tidak bisa di-charge. Oleh karena itu kita perlu memastikan terlebih dahulu sumber listrik yang akan digunakan untuk mengisi baterai hp android.

Simak juga : Simak Cara Download Aplikasi di iphone Tanpa App Store, Apa Saja?

Jadi jika kita mengalami hp android di charge lama tapi bisa terisi penuh 100% atau bisa terisi penuh tapi memakan waktu lama maka ada kemungkinan sumber listrik yang digunakan lebih rendah dari angka yang tertera di adaptor .

2. Restart Smartphone

Langkah pertama yang bisa Anda coba adalah me-restart smartphone. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan semua cache yang menumpuk di RAM. Karena bukan tidak mungkin smartphone kamu tidak bisa dicharge karena RAM yang sempit.

3. Kalibrasi Baterai

Udah di restart tapi batre nya malah naik setelah di restart? Itu artinya meteran baterai smartphone Anda error. Untuk mengatasinya silahkan lakukan kalibrasi baterai, dengan mendownload aplikasi kalibrasi.

Dengan mengkalibrasi baterai, Anda akan merangsang baterai untuk kembali ke siklus awal. Dan sekaligus juga bisa digunakan untuk mereset meteran baterai smartphone yang error.

4. Kalibrasi Baterai Tanpa Aplikasi

Trik ini bisa dilakukan untuk mencegah atau jika ada tanda-tanda baterai smartphone mulai habis. Cara kalibrasi baterai smartphone sangat mudah, hanya butuh kesabaran penuh. Pada awalnya, yang harus Anda lakukan adalah mengisi daya ponsel cerdas Anda hingga benar-benar habis 100 persen.

Setelah itu, coba hidupkan kembali smartphone Anda dan charge kembali hingga penuh. Setelah itu, gunakan smartphone untuk apa saja sampai baterai benar-benar habis.

Jika sudah selesai dan dimatikan, diamkan selama 10-15 menit dan sekarang charge smartphone kamu sampai benar-benar mati. Jangan nyalakan sebelum penuh! Jika trik di atas sudah Anda lakukan, maka baterai smartphone Anda resmi dikalibrasi secara manual.

5. Cek Adapter Charger

Jika Anda sering menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone, Anda pasti pernah mengalami kasus baterai tidak bisa dicharge. Untuk memperbaikinya, coba gunakan adaptor pengisi daya smartphone bawaan. Jika gagal, coba ganti adaptor charger smartphone Anda dengan yang baru atau Ampere yang lebih besar.

6. Ganti Kabel Data Dengan Yang Baru

Jika hp android anda tidak mau di charge saat di charge berkurang coba cek adaptor chargernya panas atau tidak, jika tidak panas berarti kerusakan ada pada kabel data hp anda. Hal ini dikarenakan kabel merupakan bagian yang paling rentan rusak.

Karena kebiasaan kita yang sangat sering menggulung kabel charger handphone yang kita miliki. Dan perlu kita ketahui, khususnya bagi pengguna Apple, bahwa Kabel Lightning Apple yang rusak juga menjadi salah satu penyebab utama iPhone tidak bisa dicharge selama ini.

7. Periksa Port USB Di Smartphone

Tidak dapat terhubung dengan baik antara permukaan logam di dalam port USB dan charger micro USB dapat mengakibatkan baterai ponsel Android tidak dapat diisi. Hal ini sering terjadi karena kita terlalu sering mencabut – mencolokkan kabel charger hp android yang kita miliki.

Maka dari itu untuk memperbaiki port charger hp yang rusak lebih baik kita bawa hp kita ke tukang service hp untuk memperbaikinya, atau bisa juga kita coba lakukan sendiri dengan langkah-langkah berikut ini :

“Lepas baterai jika smartphone yang kita miliki tidak non -Jenis baterai. -removeble, Setelah itu gunakan sesuatu yang kecil seperti tusuk gigi untuk mencongkel tab kecil di dalam port USB ponsel. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati, lalu pasang kembali baterai dan coba isi ulang.”

8. Ganti Baterai Dengan Yang Baru

Perlu kita ketahui bahwa usia normal baterai HP Android adalah sekitar 2 tahun. Oleh karena itu jika hp android yang kita miliki sudah memiliki life history lebih dari 2 tahun dan mulai mengalami masalah seputar baterai hp android pada umumnya, maka sudah saatnya kita mengganti baterai hp dengan yang baru.

Simak juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark 2021

Tips mengetahui baterai hp yang ditanam kembung adalah dengan membuka cover hp android dan membaringkan ponsel kemudian memutarnya seperti ke atas. Dengan permukaan yang tidak rata akan membuat ponsel dapat berputar pada saat kita memutarnya.

Tidak sedikit pengguna HP Android yang mengalami masalah baterai yang tidak bisa di charge, yang sering terjadi setelah HP kehabisan daya. Dan perlu anda ketahui bahwa penyebab baterai hp android yang ditanam tiba-tiba mati mendadak dan tidak bisa dicharge adalah karena kondisi baterai yang sudah benar-benar kosong.

Salah satu cara menghidupkan hp mati adalah dengan bantuan baterai kodok. Tetapi bagaimana Anda mengisi baterai yang ditanam dengan pengisi katak? Cara ini sering dikenal dengan istilah shock baterai ponsel. Namun sebelum itu kita perlu memastikan kembali apakah tidak ada kerusakan pada port charger smartphone Android kita.

9. Downgrade Os Smartphone

Jika masalah pengisian baterai karena ketidaksesuaian kemampuan smartphone dengan OS yang ditawarkan Android dengan smartphone yang kita miliki, cara ini sangat direkomendasikan untuk kita. Namun, menurunkan OS Android dapat mempengaruhi kinerja pada ponsel Android kita.

10. Gunakan Dekstop Charger

Jika cara di atas tidak ada yang berhasil, apakah pasti adaptor charger atau port USB smartphone Anda rusak? Maka salah satu solusi yang bisa Anda coba adalah dengan membeli desktop charger. Charger ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif charger bawaan jika kamu menggunakan smartphone dengan baterai yang bisa dilepas.

11. Bawa Smartphone Ke Tukang Servis

Jika tidak ingin mengisi baterai melalui desktop, maka lebih baik jika Anda membawa ponsel ke tukang reparasi, karena masalahnya ponsel sedang mengisi daya tetapi tidak mengisi daya, biasanya jika tidak di kabel data dan pengisi daya adaptor, berarti masalahnya ada di port USB yang harus diganti dengan yang baru ke tukang reparasi.

Baca juga : 8 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android

Demikian ulasan tentang Cara Efektif  Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Di charge semoga bermanfaat.