8 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android – Cara Mempercepat Koneksi Internet di smartphone Android merupakan hal yang banyak dicari, terutama bagi anda yang ingin mencapai kecepatan internet terbaik setiap saat. Tentu saja koneksi internet yang lambat dapat mengganggu jika terjadi terus menerus.

Meskipun jenis operator seluler yang Anda gunakan cukup berpengaruh, namun ada beberapa cara yang bisa diandalkan untuk menjamin kecepatan internet yang stabil di smartphone Android Anda.

Cara Mempercepat Koneksi Internet

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan internet, ada yang bisa langsung dilakukan dari Setting atau pengaturan default di smartphone Android, ada juga yang menggunakan aplikasi tambahan untuk membantu mendorong kecepatan internet lebih maksimal.

Jika ingin mengetahui cara ampuh meningkatkan kecepatan internet di smartphone Android, berikut kami rangkum beberapa caranya di bawah ini. Gunakan layanan operator dengan jaringan yang kuat di wilayah

Anda Ini adalah syarat pertama yang harus kamu penuhi, jika ingin memiliki koneksi internet cepat di Android. Saat ini terdapat lima operator seluler di Indonesia, yaitu Telkomsel, XL Axiata, Axis, Indosat Ooredoo, dan Tri.

Baca Juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark 2021

Sebelum memilih penyedia layanan, coba tanyakan tetangga Anda terlebih dahulu, sinyal mana yang paling kuat. Pasalnya, layanan internet ini sangat bergantung pada kekuatan sinyal yang sudah ada.

Tidak ada sinyal, ya tidak ada internet. Terkadang, Anda juga harus mencoba beberapa operator sekaligus untuk mengetahui mana yang terbaik di rumah.

8 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android

Berikut ini adalah cara untuk menpercepat koneksi Internet yang bisa anda coba di Adroid anda, Diantaranya;

1. Gunakan jaringan 4G LTE

Untuk mengatur koneksi di 4G LTE, Anda bisa langsung mengunjungi Settings > Network & internet > Mobile network > Advanced > Preferred network type, lalu pilih GSM/WCDMA prefered atau LTE/WCDMA. Anda perlu menguji opsi mana yang terbaik dari 2 pengaturan konektivitas dengan menggunakan internet untuk sementara waktu.

Seluruh operator seluler di Indonesia sudah mendukung jaringan 4G LTE. 4G LTE merupakan teknologi konektivitas yang memungkinkan smartphone Android Anda mencapai kecepatan internet hingga 100 Mbps.

Telkomsel dan Indosat Ooredoo bahkan mendukung 5G. Namun, dukungan koneksi masih terbatas di wilayah tertentu. Jika komersial di seluruh wilayah Indonesia, Anda dapat beralih ke koneksi ini untuk mempercepat koneksi internet Android.

2. Periksa Kualitas Sinyal Wifi

Jika Anda tidak mendapatkan sinyal 4G yang bagus di daerah tempat tinggal Anda, Anda dapat mencoba menggunakan internet tetap melalui jaringan Wi-Fi. Anda dapat menemukan penyedia layanan internet untuk kebutuhan internet tersebut.

Bagi Anda yang mengandalkan koneksi WiFi dan merasa smartphone Android Anda lambat saat berselancar di internet, ada baiknya untuk memeriksa kualitas sinyal Wi-Fi. Cara mengecek kualitas sinyal Wi-Fi di Android membutuhkan aplikasi tambahan bernama CloudCheck.

Dengan menggunakan aplikasi CloudCheck, Anda bisa mengecek kualitas sinyal WiFi melalui salah satu fiturnya yang bernama WiFi SweetSpots yang akan menganalisa kuat atau tidaknya sinyal WiFi di tempat Anda berada. Jika ada sinyal yang buruk, Anda dapat memindahkan router Wi-Fi ke tempat yang akan memberikan sinyal yang kuat.

3. Gunakan Penghemat Data Chrome

Bagi Anda yang menggunakan aplikasi browser Google Chrome, terdapat sebuah fitur bernama Data Saver yang intinya memiliki fungsi untuk menghemat kuota internet, namun fitur ini juga berdampak langsung pada kecepatan internet Anda saat mengakses sebuah website. Untuk mengaktifkannya, buka Google Chrome lalu klik Setelan lalu klik Lanjutan,dan klik Penghemat Data.

Fitur Google Chrome Data Saver akan memprioritaskan kompresi data setiap kali Anda mengunjungi suatu situs, yang berarti semua gambar yang akan dimuat akan muncul dalam versi yang lebih ringan (ukuran lebih kecil).

Atau jika memungkinkan Anda akan diarahkan ke AMP (Accelerated Mobile Pages) versi situs. ) dengan antarmuka yang jauh lebih ringkas dan pemuatan yang sangat cepat di browser.

4. Copot Pemasangan Atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Jika smartphone Android yang Anda gunakan bukan merupakan produk Google atau varian dari Android, maka kemungkinan besar smartphone Android Anda memiliki banyak aplikasi atau bloatware yang tidak perlu.

Aplikasi bloatware ini tidak hanya dapat membuat sistem menjadi lebih lambat dari waktu ke waktu, tetapi juga dapat mengurangi kecepatan internet karena aplikasi ini selalu terhubung ke internet dan berjalan di “latar belakang” meskipun tidak dibuka.

Untuk menghilangkan aplikasi bloatware ini, menonaktifkannya dengan cara mendisable adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika smartphone kamu belum di root.

Untuk melakukannya, kunjungi Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Semua aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan > Nonaktifkan.

Jika ponsel cerdas Anda telah di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti TitaniumBackup untuk menghapus instalannya sepenuhnya.

5. Bersihkan Sampah Dan Cache Secara Teratur

Junk and cache merupakan “junk files” yang perlu dibersihkan secara berkala di smartphone Android Anda. Seiring waktu, file sampah dan cache ini akan menumpuk dan mengurangi respons aplikasi yang Anda gunakan. Yang juga dapat mengurangi kecepatan internet Anda.

Untuk membersihkan sampah dan cache ini, caranya kunjungi Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Semua aplikasi > Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus sampah dan cache > Penyimpanan > Hapus cache.

Pastikankalian membersihkan cache secara teratur untuk terus menikmati aplikasi dan kecepatan internet yang optimal.

6. Gunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Salah satu hal yang cukup meresahkan pengguna internet di platform mobile adalah adanya banner iklan yang terkadang muncul dalam ukuran full screen dan menutupi seluruh jendela browser.

Spanduk iklan seperti ini dan gambar iklan lainnya yang tersebar di antarmuka sebuah situs web dapat menghabiskan kuota internet Anda. Serta memperlambat koneksi internet Anda secara keseluruhan.

Dengan memblokir iklan di Android, selain bisa menghemat kuota data internet, kamu juga bisa mempercepat koneksi internet. Untuk melakukannya, instal aplikasi AdGuard Content Blocker dari Google Play Store, lalu aktifkan AdGuard.

Sejauh ini AdGuard hanya mendukung 2 browser untuk pemblokiran iklan, termasuk Yandex Browser dan Samsung Internet Browser.

7. Jangan Gunakan Widget

Widget adalah semacam ekstensi dari sebuah aplikasi di platform Android yang biasanya ditempatkan di homescreen. Widget dapat memberikan informasi instan seperti cuaca, jam, tanggal, dan fungsi lainnya sesuai dengan widget aplikasi yang tersedia.

Meski berguna, widget bisa menguras baterai dan memperlambat koneksi internet Anda karena selalu terhubung ke server penyedia data meski smartphone dalam keadaan standby.

Cara meningkatkan kecepatan internet selanjutnya adalah dengan menghapus widget dari homescreen Anda. Memang bisa mengurangi estetika homescreen, tapi setidaknya bisa mencapai kecepatan internet dan daya tahan baterai yang lebih optimal.

8. Tutup Aplikasi Saat Tidak Digunakan

Seringkali, pengguna Android hanya menekan tombol kembali atau beranda setelah menggunakan aplikasi. Ini akan menambah beban pada beban RAM dan memperlambat koneksi internet karena aplikasi tidak sepenuhnya tertutup dan masih berjalan di latar belakang.

Untuk menutup aplikasi sepenuhnya, klik tombol recent apps dan geser aplikasi yang tidak Anda perlukan agar RAM lebih lega dan koneksi internet lebih lancar.

Baca Juga : Langkah Jika Transfer ke Rekening yang Sudah Tidak Aktif BCA, BRI, Mandiri

Demikianlah artikel ini tentang, Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android. Semoga cara ini bisa membantu anda untuk meningkatkan koneksi android anda.