Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya – Keyboard adalah salah satu perangkat terpenting dalam penggunaan laptop dan laptop. Meski begitu, keyboard juga sering tiba-tiba tidak berfungsi sehingga merepotkan penggunanya. Tentu saja, ini bisa mengganggu pekerjaan dan sangat mengganggu.

Secara umum keyboard merupakan perangkat keras pada laptop atau laptop yang berfungsi sebagai alat untuk menginput data berupa huruf, angka, dan simbol. Fungsi keyboard sangat penting karena beberapa perintah berupa teks dan kontrol lainnya dimasukkan ke dalam sistem Laptop melalui keyboard. Tak heran, jika keyboard tidak berfungsi dengan baik seringkali membuat penggunanya sangat kesal.

Namun setidaknya ada dua penyebab keyboard laptop tidak berfungsi, yaitu masalah software dan hardware. Untuk mengetahui penyebab kerusakan ini, Anda dapat melakukannya dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat laptop.

Setelah itu tekan F2 atau Delete berulang kali saat laptop dalam proses boating. Untuk lebih jelasnya berikut telah kami rangkum Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi dan cara mengatasinya. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Seperti diketahui, keyboard merupakan perangkat penting yang digunakan pada sistem Laptop untuk menjalankan tugas-tugas input. Biasanya keyboard laptop sering mengalami gangguan yang seringkali menghambat pekerjaan.

Ada beberapa gangguan pada laptop yang sering dialami oleh pengguna, seperti tombol sangat keras saat ditekan, keyboard tidak dapat terdeteksi, hingga keyboard mati atau tidak berfungsi.

Beberapa kerusakan pada keyboard memang sangat mengganggu kerja dan seringkali mengganggu. Ada dua faktor utama penyebab keyboard laptop tidak berfungsi dengan baik yaitu gangguan pada hardware dan software, lebih jelasnya sebagai berikut:

Gangguan Keyboard Pada Hardware

Salah satu penyebab paling umum dari keyboard tidak berfungsi adalah masalah perangkat keras. Beberapa hal yang sering menghambat respon pada keyboard seperti debu atau kotoran, terkena cairan, terlalu sering menekan satu tombol, hingga gangguan driver keyboard.

Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet Sampai Tua

Selain itu, baterai laptop terkadang dapat menyebabkan tidak berfungsinya keyboard, terutama jika baterai laptop terlalu panas. Hal ini sering menyebabkan keyboard tidak merespon secara tiba-tiba.

Gangguan Keyboard Pada Software

Penyebab selanjutnya dari keyboard laptop tidak berfungsi adalah kerusakan software. Biasanya, seluruh keyboard tidak merespons secara tiba-tiba. Hal ini bisa terjadi karena ada masalah dengan software atau driver laptop.

Selain itu, keyboard juga sering mengalami gangguan ketika Anda sering menginstal software pihak ketiga dan sering mematikan laptop tanpa perintah Shut Down. Sehingga akan menyebabkan keyboard tidak merespon atau tidak berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Reboot Laptop

Metode pertama yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi dan merupakan saran paling umum dan sederhana untuk mengatasi masalah dengan Laptop adalah dengan mencoba me-reboot sistem. Reboot membawa Laptop ke keadaan baru yang bebas masalah dan akan mengembalikan Laptop ke keadaan normal.

Pastikan Keyboard Laptop Tidak Dinonaktifkan

Kebanyakan laptop pada dasarnya memiliki tombol pintas untuk menonaktifkan fungsi keyboard. Periksa tombol F1 hingga F12 pada keyboard laptop yang memiliki logo keyboard. Anda harus menekan tombol dengan kombinasi tombol FN untuk menghidupkan kembali keyboard. Tetapi jika tidak tersedia di laptop Anda, coba periksa bagian samping laptop tempat tombol menonaktifkan keyboard.

Bersihkan Keyboard Laptop

Membersihkan keyboard laptop memang sedikit lebih sulit daripada keyboard standar. Keyboard memerlukan sejumlah interaksi fisik untuk menghilangkan kotoran. Meskipun hal ini umumnya mudah dilakukan dengan USB atau keyboard nirkabel, hal ini berbeda pada laptop.

Pada dasarnya, Anda tidak dapat dengan mudah menggoyang dan mengetuk bagian belakang laptop tanpa berisiko merusak seluruh unit. Namun, Anda dapat menghilangkan debu dan kotoran dari keyboard laptop dengan terlebih dahulu mematikan perangkat, kemudian membalikkannya dan mengetuk alasnya dengan lembut.

Kemudian Anda harus menggunakan jari Anda pada semua tombol saat perangkat terbalik. Pastikan untuk membersihkan kotoran yang jatuh dari meja setelah selesai. Jika ada kotoran yang tidak bisa dihilangkan, Anda bisa menggunakan udara bertekanan untuk membersihkannya, atau mungkin mengandalkan dempul pembersih keyboard.

Perhatikan bahwa pembersihan tidak dapat memperbaiki kesalahan besar, tetapi akan membantu jika kotoran memang menghalangi satu atau lebih tombol pada keyboard agar tidak berfungsi dengan benar.

Ganti Layout Keyboard

Jika keyboard laptop tidak berfungsi sebagian atau Anda mengalami masalah dengan tombol keyboard tertentu, mungkin karena pengaturan bahasa yang Anda pilih. Setelah memastikan bahwa masalahnya bukan pada perangkat keras, ini adalah hal pertama yang harus diperiksa.

Buka editor teks dan tekan tombol keyboard yang tidak berfungsi. Apakah ada keluaran? Jika simbolnya salah, maka masalahnya hampir pasti terkait dengan pengaturan bahasa. Wilayah yang berbeda menggunakan tata letak keyboard yang berbeda berdasarkan bagaimana karakter digunakan.

Ganti Keyboard Laptop

Jika keyboard laptop tidak berfungsi mungkin ada kerusakan fisik pada keyboard atau terlepas dari motherboard, untuk itu Anda perlu melepas beberapa komponen dari laptop dan menyambungkan kembali atau mengganti keyboard laptop.

Perhatikan bahwa keyboard laptop biasanya merupakan unit yang disegel, jadi meskipun keyboard dapat dibersihkan lebih baik saat dilepas dari laptop, Anda tidak akan dapat memeriksa cara kerja internal dengan mudah. Setelah keyboard dilepas, Anda dapat memeriksa nomor seri. Masukkan ini ke dalam kotak pencarian aplikasi e-niaga favorit Anda untuk melihat apakah itu tersedia untuk dibeli.

Jika Anda kesulitan melakukan semua ini dan tidak punya waktu untuk melakukannya, Anda bisa membawanya ke service center Laptop untuk diperiksa dan diperbaiki. Dengan membawanya ke service center, kemungkinan besar keyboard laptop Anda akan berfungsi kembali seperti sedia kala.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya

Gunakan Keyboard Eksternal

Jika tidak ingin menunggu lama untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Jadi solusi yang bisa Anda ambil adalah dengan menggunakan keyboard eksternal. Dengan hanya menyambungkan kabel USB atau nirkabel ke laptop Anda, Anda juga dapat menggunakan keyboard portabel sebagai pengganti sementara keyboard laptop bawaan yang rusak.

Perbaiki Driver Keyboard

Keyboard laptop tidak berfungsi juga bisa disebabkan oleh driver keyboard yang tidak diperbarui. Selain itu, ada aplikasi jahat yang juga biasanya memicu keyboard yang kurang responsif. Cara mengatasi gangguan ini cukup mudah, Anda bisa mengecek dan mengkonfirmasi masalah dari Device manager.

Periksa Num Lock

Cara pertama untuk memperbaiki keyboard laptop adalah dengan memeriksa tombol Num Lock. Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi secara tiba-tiba terkadang berasal dari kesalahan pengguna laptop itu sendiri.

Salah satu yang paling umum adalah karena tidak sengaja mengaktifkan fitur Num Lock. Fungsi Num Lock sendiri berfungsi untuk mengubah bagian keyboard utama yang berfungsi sebagai keypad numerik.

Saat Num Lock aktif, sebagian besar keyboard tidak berfungsi secara normal. Untuk menonaktifkan Num Lock, Anda dapat menekan tombol Fn dan menggabungkannya dengan tombol “NumLock” secara bersamaan. Namun, ini juga tergantung pada jenis atau model keyboard laptop yang Anda gunakan.

Bac juga : Mengetahui Jenis Dan Fungsi RAM Untuk Laptop Dan Komputer

Demikian ulasan tentang Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya semoga bermanfaat.