Penyebab Laptop Sering Hang Dan Cara Jitu Mengatasinya

Penyebab Laptop Sering Hang

Penyebab Laptop Sering Hang Dan Cara Jitu Mengatasinya – Masalah pada laptop dapat muncul kapan saja dan disebabkan oleh banyak hal. Salah satu masalah yang sering muncul adalah hang dan tidak mendapat respon. Lantas, apa saja penyebab laptop sering hang?, dan bagaimana cara mengatasinya? Kami akan mengupas tuntas Penyebab Laptop Sering Hang dan cara mengatasinya di artikel ini.

Penggunaan laptop di balik ini memang semakin intens bagi banyak orang. Apalagi sejak pandemi COVID-19 membuat banyak perusahaan harus bekerja dari rumah. Banyak kampus juga memberlakukan kuliah online atau online.

Keadaan ini tentu membuat banyak orang harus menggunakan laptop setiap hari, baik untuk bekerja maupun untuk sekolah atau kuliah. Namun ketika muncul masalah pada laptop tentunya akan menghambat pekerjaan kita sebagai pengguna laptop.

Masalah laptop hang tidak hanya terjadi pada laptop jadul atau laptop jadul. Namun laptop baru pun bisa mengalami hal ini, apalagi jika kita tidak mengerti bagaimana cara menggunakan laptop agar awet.

Penyebab Laptop Sering Hang Dan Cara Mengatasinya

Ada banyak penyebab laptop sering hang yang dapat terjadi pada laptop kita sendiri. Sebagian disebabkan oleh laptop itu sendiri, tetapi ada kemungkinan juga disebabkan oleh pengguna. Artinya jika kita juga harus mengetahui perawatan apa saja yang bisa menyebabkan laptop hang.

Laptop yang sering hang bisa disebabkan oleh laptop itu sendiri atau karena penggunanya. Dari sisi laptop, software dan hardware memiliki peran penting untuk memberikan performa maksimal tanpa hang.

Namun dari sisi pengguna juga penting, dimana kita harus mengetahui cara menggunakan laptop yang baik agar laptop awet. Salah satu contoh kecilnya adalah tidak memaksakan kinerja laptop secara intens.

Laptop hang disini adalah ketika laptop tidak merespon pengguna. Juga tidak merespons tekanan keyboard atau touchpad. Laptop tidak merespon sama sekali. Jalan satu-satunya adalah matikan paksa, lalu nyalakan kembali laptop.

Resikonya tentu sangat jelas yaitu kita kehilangan apa yang selama ini kita lakukan di laptop. Misalnya Anda sedang mengetik di Microsoft Word, lalu tiba-tiba laptop hang. Meskipun ada auto save di Microsoft Word, ada resiko tidak semuanya tersimpan dan ada juga yang hilang.

Laptop hang paling sering terjadi dan bisa ditemukan di laptop windows. Untuk itu disini kita hanya akan membahas masalah pada laptop berbasis sistem operasi Windows.

1. Driver Atau Software Laptop

Masalah pertama yang menyebabkan laptop hang adalah karena driver atau software dari laptop itu sendiri. Kita tentu sudah tahu bahwa sekarang ada Microsoft Windows 11, sistem operasi terbaru dari Microsoft. Namun, masih banyak pengguna laptop yang masih menggunakan sistem operasi Microsoft Windows 7. Sekadar informasi, Windows 7 telah dirilis sejak 2009.

Artinya Microsoft Windows 7 sudah berumur belasan tahun saat ini. Cara mengatasi laptop hang jika masalah seperti ini adalah cara install ulang sistem operasi pada laptop. Kita dapat menggunakan sistem operasi yang lebih baru, seperti Microsoft Windows 10.

2. Penyebab Laptop Hang Karena RAM

Random Access Memory memiliki peranan yang sangat penting saat kita sedang berpindah – pindah aplikasi atau saat membuka beberapa aplikasi sekaligus di dalam sebuah laptop. Peran RAM pada laptop mungkin tidak akan bekerja maksimal jika terlalu dipaksakan.

Misalnya untuk laptop jadul yang masih mengandalkan RAM 2GB saja. Sementara itu, kebanyakan laptop termurah saat ini menggunakan RAM 4GB. Dengan demikian, tentunya RAM mungkin tidak bisa menampung banyak aplikasi sekaligus.

Kapasitas RAM yang tidak mencukupi menjadi salah satu penyebab laptop sering hang saat digunakan. Kabar baiknya, kebanyakan laptop jadul punya 2 slot RAM dan bisa kita tambah kapasitasnya.

Cara mengatasi laptop hang karena masalah RAM ini adalah dengan membeli RAM baru, lalu menambahkannya ke laptop. Jadi, kita tidak perlu membuang RAM lama, tetapi hanya meningkatkan kapasitasnya.

3. Program Microsoft Windows Bermasalah

Masalah terkait sistem operasi Windows tidak hanya terjadi saat menggunakan Windows versi lama. Namun penyebab laptop hang juga bisa terjadi karena adanya file corrupt atau sejenisnya pada sistem operasi laptop yang anda gunakan.

Baca Juga: Cara Jitu Mengatasi Komputer Lemot Dan Sering Hang

Selain file yang corrupt juga bisa disebabkan oleh file yang hilang atau bahkan virus pada sistem operasi dan laptop anda sendiri. Cara mengatasi laptop hang karena masalah ini tidak lain adalah dengan menginstall ulang sistem operasi.

4. Penyebab Laptop Hang Karena Kotor

Kita tentu sudah tahu bahwa laptop memiliki banyak lubang. Mulai dari lubang port hingga lubang pelepas udara panas dari laptop. Namun hal ini juga yang terkadang menjadi penyebab masalah pada laptop jika kita tidak memperhatikannya dengan baik.

Karena banyaknya lubang pada sebuah laptop, otomatis kotoran dari luar seperti debu juga akan lebih mudah masuk ke dalam laptop. Selanjutnya, debu menempel pada RAM, soket, atau kipas, dan menyebabkan masalah hang di laptop.

Jika sudah, maka Anda bisa membersihkan bagian dalam laptop. Membersihkan laptop bisa menggunakan sikat gigi yang lembut atau vacuum cleaner. Dengan komponen yang lebih bersih, kinerja setiap komponen juga akan lebih maksimal.

5. Terlalu Memaksa Kinerja Laptop Dan Panas

Penyebab laptop hang karena user error juga sering terjadi. Misalnya, pengguna memaksa laptop mereka bekerja terlalu lama dan tidak memberi mereka waktu untuk istirahat. Kita tentu sudah tahu jika peralatan elektronik juga butuh istirahat.

Baca Juga: Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis

Selain karena terlalu lama menggunakan laptop tanpa istirahat, masalah ini juga bisa muncul karena penggunaan aplikasi di laptop yang memakan banyak resource. Sumber daya di sini berarti RAM, CPU, atau GPU. Jika Anda memaksakan kinerja komponen-komponen ini terlalu banyak, dapat menyebabkan laptop hang.

Akibatnya, pekerjaan kami menjadi hilang dan kami harus memulai dari awal lagi. Cara mengatasi laptop hang karena masalah ini adalah dengan membiarkan laptop istirahat setelah digunakan beberapa saat.

6. Aplikasi Yang Terlalu Berat

Bukan hanya karena Anda menggunakannya terlalu lama, aplikasi yang terlalu berat juga bisa menyebabkan laptop hang. Untuk laptop jadul dengan spesifikasi seadanya, aplikasi editor video atau aplikasi desain profesional mungkin terlalu berat.

Editor video dan aplikasi desain memerlukan sumber daya kelas tinggi agar dapat berjalan dengan lancar. Demikian juga, game profesional di laptop biasanya memakan banyak sumber daya. Jika terpaksa menggunakan aplikasi tersebut, maka berisiko menyebabkan laptop hang.

Jika Anda mengalami masalah seperti itu, maka jangan memaksakan kinerja laptop. Untuk laptop dengan spesifikasi office, jangan paksakan aplikasi editor video atau aplikasi desain profesional.

7. Membuka Terlalu Banyak Program

Membuka terlalu banyak program sekaligus juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop hang. Anda hanya boleh membuka aplikasi saat Anda membutuhkannya. Misalnya, saat Anda mengedit dokumen di Microsoft Office Word, Anda tidak perlu membuka YouTube di browser hanya untuk mendengarkan lagu.

Simak Juga: Cara Merawat Laptop Agar Awet Sampai Tua

Demikian ulasan tentang Penyebab Laptop Sering Hang Dan Cara Jitu Mengatasinya semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui program apa saja yang terbuka di laptop Anda sangatlah mudah. Anda dapat membukanya dengan mengklik dan menahan tombol CTRL + Alt + Del. Selanjutnya disana anda bisa melihat Task Manager, tempat dimana kita bisa mengetahui program apa saja yang sedang berjalan.

Jika ada program yang tidak penting berjalan di latar belakang, maka Anda dapat menutupnya terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah penggunaan resource laptop yang berlebihan dan menyebabkan laptop hang.