Cara Merawat Laptop Agar Awet Sampai Tua

Cara Merawat Laptop Agar Awet

Cara Merawat Laptop agar awet Sampai Tua – Laptop sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang berfungsi sangat baik untuk mempermudah pekerjaan kita sekaligus rutinitas bersantai di waktu senggang kita. Namun tahukah Anda beberapa Cara Merawat Laptop kesayangan agar awet dan tahan lama? Mari kita lihat berikut ini.

Era saat ini yang membuat kita selalu harus terkoneksi dengan pekerjaan atau kebutuhan sosial sehari-hari tentunya berdampak pada intensnya penggunaan teknologi. Selain handphone, salah satu gadget yang selalu kita gunakan adalah laptop.

Dengan segala macam peningkatan dan fitur yang ditambahkan ke laptop selama bertahun-tahun, semuanya memiliki kesamaan. Penggunaan yang berlebihan jika tidak dirawat akan membuatnya cepat rusak.

Cara Merawat Laptop Agar Awet Sampai Tua

Laptop yang awet adalah dambaan semua orang, termasuk para pelajar yang baru mulai kuliah. Laptop merupakan suatu keharusan bagi Anda yang bekerja di kantor, atau mengerjakan tugas.

Meski kini sudah banyak perangkat yang lebih ringkas untuk melakukan pekerjaan seperti tablet, namun laptop tetap menjadi perangkat yang tidak bisa tergantikan untuk pekerjaan tertentu.

Mengingat fungsinya yang penting, memiliki laptop yang tahan lama dan dapat diajak bekerja dalam waktu yang lama adalah sebuah keniscayaan. Namun, penggunaan sembarangan yang harus diservis berkali-kali, atau mengalami kerusakan parah tentu sangat mengganggu.

Jika Anda masih menginginkan laptop yang bisa digunakan dalam waktu lama, langkah-langkah berikut harus dilakukan. Berikut tips merawat laptop yang bisa anda terapkan setiap hari agar umur laptop anda awet dan bisa menemani anda mengerjakan tugas dan pekerjaan atau nanti digunakan untuk bersantai.

Baca juga : Cara Jitu Mengatasi Komputer Lemot Dan Sering Hang

1. Cara Merawat Laptop Agar Awet adalah gunakan Alas Laptop

Seringnya penggunaan laptop menggunakan bantal, karpet, atau kasur akan membuat bagian bawah laptop terasa lebih cepat panas. Itu karena bahan lembut seperti di atas biasanya membuat panas yang dikeluarkan oleh laptop bertahan lebih lama.

Sebaiknya jika menggunakan laptop, tutupi dengan sesuatu yang keras seperti meja atau buku tebal jika digunakan di atas kasur. Panas yang dikeluarkan akan langsung disalurkan ke bagian luar laptop dan tidak tertahan.

Dengan demikian, suhu di dalam laptop akan terjaga stabil dan membuat setiap komponen bekerja lebih baik. Jika Anda memiliki budget lebih, mungkin Anda bisa mengecek beberapa alas laptop yang bisa menghantarkan panas dengan baik dan membuat Anda nyaman saat menggunakannya di berbagai posisi. Periksa di bawah.

2. Cara Merawat Laptop Agar Awet dengan matikan Laptop

Kebiasaan buruk lainnya yang mungkin Anda lakukan dan tidak Anda ketahui akan berdampak buruk pada daya tahan laptop Anda adalah tidak mematikan laptop.

Setelah selesai menggunakan laptop kebanyakan langsung menutup laptop tanpa mengetahui saat dalam posisi sleep atau saat layar dalam keadaan tertutup, bisa jadi beberapa komponen laptop anda masih menyala.

Saat masih dalam keadaan diam, bisa jadi baterai akan dipaksa untuk selalu bekerja dan menggunakan daya. Software yang masih berjalan dan beroperasi juga bisa membuat beberapa komponen laptop mengeluarkan panas yang tidak Anda ketahui.

3. Jauhkan Dari Air/Kelembaban

Sebagian besar komponen listrik memerlukan kondisi kering yang stabil agar dapat berfungsi dengan baik. Karena itulah laptop dibuat menggunakan desain aliran udara yang memungkinkan untuk mendinginkan bagian dalam laptop dan menghindari kelembapan yang tersimpan.

Hal itu karena kelembapan dapat merusak beberapa bahan kimia dari komponen yang digunakan dan juga menumbuhkan jamur atau bahkan korsleting yang berakibat memperpendek umur laptop.

4. Penggunaan Baterai

Setiap laptop modern sekarang menggunakan baterai dengan berbagai bahan utama. Semuanya mampu menahan daya untuk penggunaan laptop saat tidak terhubung ke listrik. Meski beberapa baterai diprediksi bisa bertahan lama, nyatanya kebiasaan buruk akan memperpendek umur baterai.

Salah satunya adalah dengan mencolokkan laptop ke colokan listrik tetapi menggunakannya secara bersamaan. Itu akan menyebabkan arus masuk dan harus disimpan di baterai, malah digunakan langsung oleh laptop. Baterai juga bisa terkuras dan mengalami penurunan daya penyimpanan.

Simak juga : Penyebab Dan Cara Memperbaiki Baterai Bocor Dengan Mudah

Melepaskan baterai dan kemudian menggunakannya langsung dengan kabel ke steker dapat memperpanjang masa pakai baterai. Tips lainnya adalah segera mengisi baterai saat sudah mencapai 20% dan jangan menunggu sampai drop.

5. Awas Guncangan

Dengan banyaknya komponen yang dimasukkan dengan hati-hati dan menggunakan desain yang ergonomis dalam ruang yang kecil, membuat sebagian besar laptop rentan terhadap guncangan. Sekali terjadi goncangan, bisa jadi ada komponen yang rusak atau salah tempat dan membuat laptop tidak berfungsi.

Pastikan tas laptop yang Anda miliki memiliki bantalan spons dan tahan air untuk melindungi laptop kesayangan Anda dari guncangan dan juga kondisi lembab atau basah saat bepergian.

6. Rajin Dibersihkan

Saat menggunakan laptop di waktu senggang, tentunya kita bisa menikmati film-film panjang dan menarik atau sambil bermain game favorit kita. Tentunya momen-momen seperti itu semakin lengkap jika disertai dengan jajanan untuk ngemil.

Namun hati-hati dengan beberapa bumbu makanan yang bisa jatuh dan terselip di antara keyboard atau port. Cara membersihkannya juga cukup mudah. Anda dapat menggunakan lilin atau sikat kecil untuk membersihkan sisi-sisi keyboard. Sedangkan layar berminyak dapat dibersihkan dengan cairan khusus dan dilap. Cukup mudah bukan?

7. Cara Merawat Laptop Agar Awet adalah Jauhkan Layar LCD

Layar LCD merupakan salah satu komponen yang sangat penting mengingat fungsinya untuk menampilkan segala hasil komputasi dari dalam internal laptop. Selain mahalnya harga jika harus service.

Terkadang kerentanan layar LCD juga memudahkan Anda untuk mengganti laptop jika terlalu kotor dan rusak. Untuk menjaganya, selain membersihkan, Anda juga harus memastikan tidak ada benda yang bisa terpeleset saat Anda melipat laptop dan memasukkannya ke dalam tas atau lemari.

8. Jangan Taruh Barang Berat Di Laptop

Kebiasaan ini sebenarnya cukup sepele dan jarang untuk kita sadari. Seringkali kita meletakkan barang-barang berat seperti tas, buku, atau barang lainnya di dalam laptop. Padahal, hal ini sangat fatal dan juga bisa menyebabkan kerusakan pada layar dan komponen lainnya.

9. Hindari Makan dan Minum di Dekat Laptop

Buat kamu yang suka jajan sambil ngerjain tugas, ini penting diperhatikan. Hindari makan atau minum di dekat laptop, karena secara tidak sengaja tumpahan cairan dan makanan dapat mengenai keyboard, hal ini akan berakibat fatal jika sampai ke komponen.

10. Jangan Menyalakan Laptop Terlalu Lama

Sama seperti manusia, laptop juga butuh istirahat. Menyalakan laptop terlalu lama, atau menyalakannya nonstop tentu bukan sebuah hal yang baik. Karena dapat menyebabkan laptop anda kepanasan dan menyebabkan daya tahan laptop menurun.

Jika memang ingin digunakan dalam waktu lama sebaiknya menggunakan cooling pad, tujuannya agar suhu laptop tetap stabil.

11. Cara Merawat Laptop Agar Awet adalah Jangan Letakkan Laptop di Lantai

Lantai biasanya banyak debu beterbangan, mungkin akan masuk ke laptop. Risiko lain Anda meletakkan laptop di lantai bisa terinjak. Apalagi bagi Anda yang tinggal berdampingan dengan anak kecil dan hewan peliharaan. Nah, sudah tahu kan cara merawat laptop dengan baik? Berapa lama Anda pikir laptop Anda telah menemani Anda?

Baca juga : Cara Menjadi Youtuber Mobile Gaming Untuk Pemula

Nah demikianlah beberapa Cara Merawat Laptop Yang Bagus Agar Awet Semoga Bermanfaat ya…