Penyebab Dan Cara Memperbaiki Baterai Bocor Dengan Mudah

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Baterai Bocor Dengan Mudah

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Baterai Bocor Dengan Mudah – Tidak, ini bukan tentang dialog iklan pelapis cat yang terkenal itu. Juga bukan soal ekonomi Indonesia yang oleh salah satu tokoh politik Indonesia disebut “bocor”.

Jelas bahwa istilah yang bocor ini ada hubungannya dengan tema situs Carisignal, yaitu gadget dan game. Bocor dalam hal ini adalah istilah untuk baterai smartphone yang sedang mengalami masalah.

Kendala yang dimaksud adalah masalah daya baterai smartphone yang cepat habis. Contoh kasus adalah smartphone saat di pakai tiba-tiba mati saat kehabisan daya. Parahnya saat ponsel terisi penuh, saat digunakan beberapa menit baterai langsung drop. Ini disebut baterai bocor.

Solusi baterai bocor adalah dengan mengganti baterai dengan baterai baru, tapi sebelum mengganti alangkah baiknya Mengatasi dan memperbaiki Baterai Bocor lebih baik. Hanya saja smartphone masa kini tidak seperti dulu yang memiliki baterai yang bisa dilepas.

Cara Mengatasi Baterai Bocor Dengan Mudah

Umumnya, sekarang smartphone jenis baru memiliki baterai smartphone yang terintegrasi ke dalam body HP, orang biasanya menyebutnya sebagai baterai yang tidak dapat dilepas atau tertanam. Memang ada beberapa smartphone baru yang baterainya bisa dicopot atau dilepas, tapi jumlahnya tidak banyak.

Simak juga : 11 Cara Efektif Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di Charge

Ponsel dengan baterai built-in sebenarnya bisa diganti, hanya saja biasanya Anda perlu mengunjungi service center atau teknisi karena tidak semua orang bisa melakukannya. Nah, jika Anda tidak ingin repot mengganti baterai ini, sebaiknya Anda merawat baterai dengan baik. Usahakan agar baterai hp Anda awet dan juga pastikan tidak bocor.

Penyebab Baterai HP Bocor

Bahkan jika bocor, kami akan membantu Anda untuk memecahkan masalah. Untuk memahami bagaimana smartphone bisa bocor, sebaiknya ketahui dulu penyebab baterai HP bisa bocor dan ciri-ciri ponsel bocor. Hal ini penting agar menjadi catatan bagi kamu yang belum pernah membocorkan ponselnya.

Menggunakan Power Bank

Power bank atau disebut juga charger baterai portabel merupakan alat yang berguna, terutama bagi mereka yang sering bepergian ke luar rumah. Banyak orang menggunakan power bank karena dianggap memiliki peran yang baik dalam pengisian daya. Sayangnya, penggunaan power bank tersebut ternyata sangat berpengaruh pada baterai smartphone itu sendiri.

Tidak sedikit baterai HP yang bocor akibat seringnya charging menggunakan power bank. Ingat, sering, ya! Artinya, ponsel Anda sangat bergantung pada power bank. Usahakan untuk tidak terlalu mengandalkan power bank. Sebagai gantinya, isi daya ponsel Anda menggunakan stopkontak biasa.

Penggunaan power bank yang berlebihan akan mengakibatkan aliran listrik tidak stabil. Jika digunakan secara berlebihan akan berdampak besar pada kualitas daya baterai yang semakin hari semakin menurun. Ujung-ujungnya HP akan bocor.

Digunakan Untuk Menelepon Atau Bermain Game Saat Dicharge

Faktor ini juga yang menjadi penyebab baterai HP bisa bocor. Cobalah untuk tidak melakukan panggilan telepon saat mengisi daya atau bermain game. Bahkan jika Anda benar-benar perlu melakukan panggilan, cabut saja daya atau jangan biarkan ponsel terhubung ke pengisi daya. Atau, Anda juga bisa menunggu hingga pengisian mencapai 100%.

Sering Meninggalkan HP Mati Total

Alasan lain mengapa baterai HP bocor adalah karena ponsel sering kehabisan daya hingga 0% atau mati total. Sebaiknya, hindari HP sampai mati total. Lakukan charging segera jika HP kamu sudah mencapai 20%. Saat HP masih memiliki daya 40%,, Anda masih bisa mengisi dayanya atau langsung mengisi dayanya.

Ciri-ciri Baterai HP Bocor

Jika kita membahas penyebab baterai HP bocor, sekarang mari kita bahas ciri-ciri baterai HP bocor. Berikut ciri-cirinya:

Baterai Meningkat

Untuk kamu yang masih menggunakan HP dengan baterai yang bisa dilepas, kamu bisa cek di bagian baterai apakah terlihat kembung atau tidak. Mengecek kondisi fisik baterai memang yang paling mudah. Anda dapat mengujinya juga dengan memutar.

Jika kamu memainkannya dengan cepat dan lama, itu tandanya baterai sedang menggembung yang artinya baterai smartphone sudah mengalami fase baterai bocor.

Persentase Perolehan Daya yang Tidak Biasa

Fitur lain mengapa baterai HP bisa bocor adalah saat mengisi daya. Jika saat pengisian baterai cepat terisi penuh namun saat digunakan langsung drop, bisa dipastikan baterai HP bocor.

Baterai Terasa Lebih Panas

Ciri lain dari baterai HP Anda yang bocor adalah bagian dalam baterai yang terasa lebih panas. Jika menggunakan smartphone untuk bermain game maka area baterai terasa panas, bisa dibilang biasa saja. Lain halnya jika bagian baterai ponsel Anda terasa panas secara tiba-tiba, itu artinya baterai smartphone Anda mengalami kebocoran.

Baca juga : 8 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara Memperbaiki Baterai HP Bocor

  • Hal pertama yang perlu kalian kerjakan ialah melepas baterai dari ponsel tersebut.
  •  Pegang baterai, apakah terasa panas atau tidak. Jika masih terasa panas, sebaiknya diamkan hingga suhu baterai normal.
  • Cari plastik untuk membungkus baterai. Kalian bisa juga menggunakan plastik transparan yang tentunya sangat mudah ditemukan di sekitaran kita. Alangkah baiknya cari plastik yang agak besar lalu bungkus baterainya dan jangan biarkan ada ruang udara masuk.
  • Langkah selanjutnya untuk mengatasi baterai bocor adalah dengan memasukkan baterai yang telah dimasukkan ke dalam plastik tadi ke dalam lemari es atau freezer.
  • Simpan baterai yang dibungkus dalam freezer selama rentang 540 menit hingga 720 menit atau rentang 9 hingga 12 jam agar baterai terasa beku.
  • Setelah waktu habis, keluarkan baterai dari freezer.
  • Jangan langsung menggunakan baterai, tetapi diamkan selama 120 menit di dalam ruangan agar suhu baterai kembali normal.
  •  Setelah suhu baterai normal barulah Anda dapat memasang kembali baterai tersebut ke dalam ponsel Anda.
  • Isi daya ponsel Anda selama 8 jam. Dalam proses charging, ponsel harus dimatikan.
  • Jika sudah, silahkan hidupkan dan lihat perubahan yang terjadi. Umumnya baterai akan kembali normal.

Langkah ini akan membuat baterai kembali normal dan tidak bocor. Namun, yang jelas performanya tidak akan sebaik saat baterai HP pertama kali digunakan. Akan ada penurunan daya tahan, namun tentunya lebih baik dibandingkan saat baterai bocor.

Kesimpulan

Jika itu tidak berhasil, ada baiknya Anda membeli baterai baru. Namun, banyak yang menggunakan metode ini dan umumnya kualitas baterai meningkat.  Bagi Anda yang baterai ponselnya tidak bocor, sebaiknya menjaga kualitas baterai ponsel Anda. Kurangi penggunaan smartphone yang berlebihan dan sesuaikan tingkat kecerahan layar. Perlu Anda ketahui, jika tingkat kecerahan layar ternyata lebih banyak memakan daya baterai.

Untuk mengoptimalkan penggunaan baterai smartphone, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi penghemat baterai. Ada cukup banyak aplikasi penghemat baterai smartphone yang bisa Anda pilih, namun sebaiknya kalian pilih yang tidak terlalu banyak menampilkan iklan.

Demikian penjelasan Tentang Penyebab Dan Cara Mengatasi atau memperbaiki Baterai Bocor Dengan Mudah, Semoga Bermanfaat Bagi Kita Semua. Selamat mencoba ya.

Baca juga : Langkah Jika Transfer ke Rekening yang Sudah Tidak Aktif BCA, BRI, Mandiri