Ketahui Penyebab Dan Tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

Tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

Ketahui Penyebab Dan Tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri – Ghost touch atau layar hp bergerak sendiri adalah masalah yang sering terjadi pada layar LCD hp android dimana touchscreennya mengalami error seperti sering mengklik sesuatu dengan sendirinya misalnya.

Masalah ini cukup mengganggu. Contoh ketika digunakan untuk chatting. Pasti sering salah ketik (typo) yang bikin kalimat jadi berantakan.

Ada juga kesalahan lain, seperti menggeser diri sendiri. Entah itu ke samping, ke atas, atau ke bawah. Selain itu, salah satu kondisi terburuknya, HP touchscreen tidak bisa ditekan. Dan jika Anda adalah salah satu pengguna perangkat dengan fitur touchscreen.

Tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri

Anda mungkin pernah mengalami layar sentuh bergerak sendiri. Ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang dialami oleh penggunanya. Bagaimana tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri dan respon kurang baik.

Masalah layar sentuh yang bergerak sendiri dan tidak merespon biasanya disebabkan oleh berbagai hal. Ada yang error karena kesalahan user seperti terkena air, ada juga yang mengalami ghost touch saat charging.

Penyebab Layar Android (Layar Sentuh) Bergerak Sendiri

Ada beberapa faktor penyebab layar hp android ini bermasalah yang bergerak sendiri (ghost touch). Berikut penyebab layar hp android bergerak dengan sendirinya :

  • Masalah pada baterai
  • Masalah pada charger
  • Karena HP panas
  • Karena bug di sistem
  • Layar sudah bermasalah

Masalah ini juga dapat terjadi di semua merk HP Android. Misalnya Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, ASUS (Zenfone) dan lain-lain.

Simak juga : Penyebab Laptop Sering Hang Dan Cara Jitu Mengatasinya

Tips Memperbaiki Layar HP Bergerak Sendiri

Error pada layar seperti ini bisa dikatakan hampir terjadi pada semua jenis merk smartphone baik itu iPhone, Samsung, Lenovo, Asus, dll. Berikut ini beberapa tips dan tutorial yang bisa anda coba terapkan cara mengatasi layar sentuh error bergerak sendiri.

Ganti Baterai

Faktor kelistrikan di HP biasanya menjadi penyebab utama masalah ini. Komponen yang dapat memicunya termasuk baterai. Jika baterai HP Android sudah aus atau rusak, maka dampaknya bisa menyebabkan HP touchscreen mengalami error. Hal ini disebabkan oleh tegangan baterai yang tidak stabil, dan diperparah dengan kapasitas baterai yang tidak normal.

Selain menyebabkan layar hp bergerak sendiri, masalah baterai ini juga bisa menimbulkan masalah lain lho. Misal HP suka restart sendiri, sampai HP mati total. Solusinya mau tidak mau harus ganti baterai. Silakan ganti baterai Anda dengan baterai baru yang asli, sehingga kapasitasnya nyata dan voltasenya stabil.

Ganti Charger Dan Kabelnya

Saya baru saja mengatakan bahwa tegangan baterai HP yang tidak stabil bisa menjadi penyebab kesalahan layar sentuh. Selain baterai, ternyata masalah tegangan ini juga dapat terjadi pada charger HP lho.

Menggunakan charger yang buruk, selain dapat menimbulkan masalah pada baterai HP, juga dapat berdampak negatif pada IC HP. Oleh karena itu, saya selalu menyarankan Anda untuk tidak menggunakan pengisi daya HP apa pun. Ini tidak hanya berlaku untuk charger saja, ya. Tapi termasuk kabel data juga tentunya.

Dinginkan Hp Anda

Suhu HP yang terlalu panas memang bisa menimbulkan berbagai masalah pada HP. Paling umum, kondisi ini biasanya akan menyebabkan kinerja perangkat keras menurun, atau bisa juga menyebabkan HP restart / mati sendiri. Selain itu, faktor suhu juga dapat menyebabkan layar HP bergerak sendiri.

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan, hp panas ini bisa berpengaruh di layar. Saya tidak tahu persis di mana, tetapi panas yang berlebihan pada HP dapat mengurangi respons di layar, dan membuat layar menjadi gila. Solusinya bisa dengan mendinginkan hp sebelum digunakan. Juga mengurangi penggunaan aplikasi berat.

Perbaiki Bug ROM Atau Software

Bagi pengguna Android yang suka mengotak-atik HPnya, tentunya perlu memperhatikan hal ini. Sebab, bug di ROM bisa menyebabkan layar HP bergerak sendiri juga. Saya sendiri bahkan pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, ketika saya mencoba menginstal custom ROM di hp saya. Setelah itu, HP touchscreen malah suka bergerak sendiri saat sedang digunakan.

Baca juga : Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Dan Cara Praktis Mengatasinya

Selain bug ROM, bug software juga bisa menjadi penyebabnya. Bug pada software di Android, biasanya disebabkan karena Anda telah menginstal aplikasi yang ternyata bertentangan dengan sistem HP yang Anda gunakan. Hal ini biasanya terjadi karena HP dalam kondisi root, yang membuat HP tidak stabil.

Cek Apakah Hp Anda Terdapat Bug Multitouch

Ada tipe hp dari merk tertentu saya tidak bisa sebutkan namanya- yang memiliki masalah bug seperti ini. Buat kamu yang belum tahu, bug multitouch merupakan kesalahan bawaan pada layar HP Android, dimana layar sering melompat, atau sering bergerak dengan sendirinya saat layar disentuh.

Apalagi saat HP disentuh dengan menggunakan lebih dari 2 jari secara bersamaan. Saya pernah mengalami bug ini sebelumnya. Jujur, itu cukup mengganggu. Pasalnya, rata-rata aplikasi Android sekarang membutuhkan fitur multitouch

Periksa Pelindung Layar

Hampir setiap orang, pada saat membeli sebuah HP, akan langsung menggunakan pelindung layar, seperti anti gores, tempered grass, dan sejenisnya. Meski jarang terjadi, menggunakan pelindung layar seperti ini juga bisa menyebabkan HP touchscreen bergerak sendiri lho.

Biasanya disebabkan oleh kotoran, atau pelindung layar yang tidak pas saat dipasang. Mungkin layarnya tidak dibersihkan sebelumnya, misalnya. Solusinya adalah dengan melepas pelindung layar yang lama, atau menggunakan pelindung layar yang baru.

Bersihkan Layar

Bahkan bagi yang tidak menggunakan pelindung layar, layar sentuh harus dibersihkan sesekali. Mengapa? Karena kotoran yang menempel pada oli bisa membuat layar tidak bisa bekerja dengan normal. Tidak heran layar LCD suka bergerak sendiri karena ini. Membersihkannya bisa menggunakan tisu yang dibasahi sedikit air.

Factory Reset

Udah coba cara diatas tapi masih error? Kalau kasusnya hp kamu belum pernah di root tapi touchscreennya error, mungkin juga ada masalah di sistemnya. Tentu saja jika ada sistem yang salah konfigurasi atau error secara tiba-tiba, maka HP Anda bisa mengalami beberapa masalah.

Layar sentuh adalah salah satunya. Jadi lebih baik sekarang Anda membuat cadangan semua data dan melakukan reset pabrik untuk memperbaikinya. Cara ini sangat efektif untuk mengembalikan sistem pada default.

Gunakan Touchscreen Tester

Mungkin kerusakan touchscreen kamu yang kurang responsif atau tidak berfungsi dengan baik karena bermasalah dengan multi touch-nya. Sehingga smartphone kamu terlihat rusak meskipun touchscreen di smartphone kamu hanya mengalami lag atau lag. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang dapat Anda buat adalah aplikasi MultiTouch Tester yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengetahui apakah touchscreen di smartphone android anda rusak atau tidak.

Servis Hp Anda

Nah terakhir kalo masih error mungkin touchscreennya yang rusak. Berbeda dengan bug multitouch tadi, touchscreen yang rusak ini bisa disebabkan oleh HP yang panas, atau penggunaan charger HP yang buruk dalam waktu yang lama.

Baca juga : USB Device Not Recognized – Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Selain itu, hal ini juga bisa disebabkan karena hardware HP memang sudah rusak dari awal. Solusinya mau tidak mau harus ganti touchscreen. Garansi HP Anda ke Service Center resmi terdekat di kota Anda.

Demikian ulasan tentang Ketahui Penyebab Dan Tips Mengatasi Layar Hp Bergerak Sendiri semoga bermanfaat.