Inilah Penyebab Dan Cara Terbaik Mengatasi HP Lemot

Inilah Penyebab Dan Cara Terbaik Mengatasi HP Lemot

Inilah Penyebab Dan Cara Terbaik Mengatasi HP Lemot – Memiliki ponsel pintar, tapi ceroboh, tentu akan menjadi salah satu pemicu emosi. Apalagi jika banyak pekerjaan yang tidak bisa ditangani tanpa menggunakan ponsel. Oleh karena itu, strategi dan cara Mengatasi HP Lemot harus tepat dan tepat. Jika tidak, maka kinerja ponsel Anda tidak akan bekerja secara maksimal.

Smartphone atau ponsel yang lemot memang menjadi masalah yang cukup mengganggu. Apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas penting. Tidak memakan banyak waktu, beberapa trik mengatasi hp lemot di bawah ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Sebelum membahasnya, kami telah merangkum beberapa poin penyebab ponsel lemot berikut ini.

Penyebab HP Lemot dan cara mengetasi hp lemot

Dirangkum dari beberapa sumber, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab hp lemot atau lambat, diantaranya :

1. Memori Internal Penuh

Ponsel yang memiliki memori internal penuh akan cenderung berjalan lebih lambat. Hal ini dikarenakan terlalu banyak beban yang ada di dalamnya, sehingga kinerja ponsel menurun. Salah satu cara mengatasi hp lemot karena hal tersebut adalah dengan menggunakan memori eksternal diluar hp.

Memori eksternal akan membantu mem-backup data untuk foto, media, atau lainnya. Layaknya ruang tamu dalam sebuah rumah, memori eksternal dapat menampung beberapa material dan material penting tanpa mengurangi tujuan utama penyimpanan. Anda juga dapat memindahkan data foto dari ponsel ke laptop atau media lain, sehingga mengurangi kinerja ponsel menjadi lebih ringan.

2. Aplikasi Yang Terpasang Tidak Sesuai Kapasitas Penyimpanan

Terlalu banyak aplikasi juga akan mengurangi kecepatan ponsel. Sebaiknya sesuaikan aplikasi bawaan ponsel yang tidak digunakan agar tidak menambah bobot kinerjanya. Nonaktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak Anda perlukan. Semakin sedikit aplikasi yang Anda gunakan, semakin ringan ponsel Anda untuk mengakses berbagai hal.

Banyak aplikasi yang diaktifkan tetapi tidak digunakan akan menumpuk dan menyedot memori internal. Ini akan membuat ponsel lebih lambat dan lebih lambat. Oleh karena itu, Anda harus cukup bijak dalam menentukan aplikasi terpenting yang akan disematkan di ponsel agar tidak mengurangi kinerjanya.

3. Performa Baterai Menurun

Secara umum, smartphone akan mencapai puncaknya setelah 2-3 tahun digunakan. Baterai akan lebih cepat untuk panas, dan kinerjanya akan menurun. Hal ini bisa disebabkan karena proses charging yang terlalu lama atau menunggu baterai benar-benar habis sebelum diisi ulang.

Cara mengatasi hp lemot dan panas karena terlalu lama digunakan adalah dengan mengistirahatkan hp dengan cukup. Isi ulang ketika angka baterai menunjukkan 25%. Khusus untuk pengguna handphone yang sudah terbiasa di olshop. Pastikan performanya cukup baik untuk bisa melayani pelanggan secara maksimal, ya! Lalu, bagaimana cara mengatasi HP lemot ini? Simak ulasannya di artikel ini.

Cara Mengatasi HP Lemot

Untuk mengatasi HP lemot, selain membawanya ke service center resmi, sebenarnya ada beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Update Os Smartphone

Penyebab ponsel lemot bisa jadi karena sistem operasi yang ada sudah ketinggalan zaman. Jadi, Anda perlu memperbaruinya. Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu melakukan pengaturan dengan masuk dalam menu Pengaturan> Tentang perangkat> Pembaruan perangkat lunak dan sentuh tombol Periksa pembaruan.

Simak juga : 11 Cara Efektif Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa di Charge

Namun, tidak seluruh produsen smartphone melengkapi fitur pembaruan sistem. Karena itu, Anda perlu memperhatikannya sebelum memperbarui.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi hp lemot selanjutnya adalah dengan cara menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Banyaknya aplikasi yang ada akan membuat proses pengerjaan ponsel menjadi lebih berat. Artinya aplikasi yang tidak terpakai akan terus membebani kinerjanya.

Jika Anda tidak ingin menghapusnya, Anda dapat mematikannya di ponsel Anda. Jadi, ketika Anda mau menggunakannya lagi, Anda tidak perlu menginstalnya kembali.

3. Home Screen Dibersihkan Secara Rutin

Pernahkah layar ponsel Anda penuh dengan pintasan aplikasi? Jika demikian, itu bisa memperlambat kinerja. Clear shortcut ini sebagai cara mengatasi HP lemot yang sangat mudah untuk kamu lakukan. Kemudian, tinggalkan aplikasi hanya seperlunya saja. Begitu juga dengan animasi, hindari penggunaan gambar atau wallpaper karena juga akan memperlambat ponsel.

4. Cara Mengatasi HP Lambat Dengan Membersihkan Cache

Semua aplikasi yang terpasang dalam smartphone akan menyimpan data dari cache secara otomatis. Tujuannya adalah ketika para pengguna membuka aplikasi bisa terbuka dengan cepat.

Di sisi lain, akumulasi cache ini akan memakan banyak memori, sehingga kinerja smartphone akan melambat. Oleh karena itu, buka menu Setting>Storage dan lanjutkan dengan Clear Cache.

5. Nonaktifkan Animasi

Setelah membersihkan seluruh cache, cara lain untuk mengatasi HP lemot adalah dengan mematikan fitur animasi. Langkahnya masuk ke menu Setting > About Phone lalu pilih menu System atau Device Information dan lanjutkan hingga muncul Build Number.

Baca juga : Cara Membersihkan Casing HP Dengan Mudah

Ketuk kolom tujuh kali dan aktifkan mode Pengembang. Tunggu hingga Opsi Pengembang muncul. Setelah masuk dalam menu, ada kolom untuk Skala Animasi Jendela, Skala Animasi Transisi, dan Skala Durasi Animasi. Kemudian, dengan secara berurutan ubah angka 0,5x atau pilih Animation Off

6. Bisa Juga Dengan Menonaktifkan Auto-Sync

Aplikasi media sosial di smartphone biasanya akan dipasang dalam mode auto-sync on. Fitur ini memang sangat berguna untuk menarik data terbaru dalam jangka waktu tertentu, seperti menerima email. Namun, jika hampir semua aplikasi, terutama media sosial Anda, fitur ini aktif, bukan tidak mungkin akan memperlambat ponsel. Solusinya, Anda harus menonaktifkan fitur auto-sync di aplikasi, terutama media sosial.

7. Melakukan Factory Reset

Menyetel ulang mode awal pabrik merupakan cara terakhir mengatasi hp lemot setelah cara-cara sebelumnya belum atau belum bekerja secara maksimal. Jika Anda melakukan ini, perangkat lunak yang ada akan kembali seperti saat Anda pertama kali membelinya. Demikian juga data di dalamnya akan hilang. Namun, sebelum melakukannya, pastikan dulu Anda telah menyimpan data dan aplikasi penting di tempat lain yang aman.

8. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus

HP Samsung merupakan salah satu gadget yang menyediakan banyak aplikasi built-in di dalamnya. Hal ini menyebabkan ponsel lamban saat digunakan. Tak jarang, pengguna akan menggunakan beberapa aplikasi antivirus untuk menghindarinya. Sebenarnya, ini sebenarnya kesalahan besar.

Salah satu cara mengatasi hp samsung lemot adalah dengan mengaktifkan aplikasi antivirus. Hal ini diperlukan untuk menangkal berbagai malware yang bisa masuk dari perangkat yang diakses. Tidak perlu mengunduh banyak aplikasi antivirus jika hanya akan menambah beban akses di ponsel Samsung kesayangan Anda.

9. Hapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Beragam pilihan aplikasi di Play Store akan menarik untuk digunakan. Hal ini kemungkinan akan membuat Anda tergila-gila untuk menginstalnya, saat tidak digunakan. Terlalu banyak aplikasi yang tidak perlu akan membuat ponsel lebih mudah hang. Salah satu cara mengatasi hp lemot yang bisa menjadi solusi adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

10. Kurangi Widget Agar Hp Tidak Lemot

Tampilan widget memang akan membuat tampilan ponsel semakin cantik. Namun, widget memakan banyak ruang dan kapasitas di telepon. Ini akan membuat ponsel lebih lambat dari biasanya. Salah satu cara mengatasi hp lemot dan panas akibat widget adalah dengan mengurangi penggunaannya. (*)

Baca juga : Cara Merawat Laptop Agar Awet Sampai Tua