4 Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan karena Covid-19 Omicron

Cara Menyembuhkan Sakit Tenggorokan karena Covid-19 Omicron

4 Cara Menyembuhkan Sakit Teggorokan karena Covid-19 Omicron. Sakit tenggorokan merupakan salah satu tanda virus Covid-19 varian Omicron yang sering dilaporkan penderita selama ini. Menurut Everyday Health yang menyampaikan bahwa otoritas kesehatan di Inggris memperlihatkan.

Sekitar 53 % orang yang positif kena Omicron akan merasakan gejala umum seperti sakit pada tenggorokan. Prosentase itu semakin besar dibanding sakit tenggorokan yang dirasa orang yang positif Delta (variasi virus corona SARS-CoV-2 ).

Sudah diketahui, sakit tenggorokan karena Covid-19 dapat benar-benar mengganggu orang yang terkena. karena kadang sampai mengakibatkan rasa nyeri saat menelan sesuatu.

Simak juga : Gejala Omicron Varian Covid-19 yang mirip flu Biasa, Ini Gejalanya

Keadaan ini dapat mengakibatkan penderita tidak selera makan sampai sulit menelan cairan. Sebelum membaca cara-cara menyembuhkan sakit tenggorokan karena Covid-19, kenali dahulu apa hubungan antara sakit tenggorokan dan Covid-19 Omicron.

Sakit tenggorokan karena Covid-19 Omicron.

Penderita Omicron banyak yang merasakan tanda-tanda Covid-19 sakit tenggorokan karena varian Omicron cenderung mengontaminasi aliran pernafasan bagian atas. Ini sedikit membedakan Omicron dengan Delta yang bisa mengontaminasi aliran pernapas bawah atau sampai menyerang paru-paru.

Karena seringkali menginfeksi aliran pernafasan atas, Omicron lebih gampang menular dibanding variasi virus corona yang lain. Ihwal berapa lama sakit tenggorokan karena Covid-19, ini bisa dipengaruhi status vaksinasi Covid-19 dan keadaan kesehatan penderita.

Untuk penderita yang belum disuntik vaksin Covid-19, sakit tenggorokan dapat bertahan sampai dua minggu. Dan untuk penderita yang telah terima vaksin Covid-19, sakit tenggorokan umumnya bisa lebih baik dalam kurun waktu satu minggu.

Cara menyembuhkan sakit tenggorokan Covid-19 Omicron

Menurut Dokter specialist THT yang di Silicon Valley AS Jerome Hester, MD memberikan cara menyembuhkan sakit tenggorokan karena Covid-19 yang efektif dicoba di rumah. Berikut adalah 4 cara menyembuhkan sakit tenggorokan akibat omicron

1. Minum banyak cairan

Saat sakit tenggorokan, termasuk yang disebabkan oleh Covid-19, badan penderita akan meradang dan menghasilkan banyak lendir untuk keluarkan virus yang bersarang di badan.

Beberapa lendir kadang masih ketinggalan di tenggorokan, hingga memacu sakit tenggorokan.

Minum banyak cairan bisa menolong merangsang pengeluaran lendir yang melekat di tenggorokan dan langit-langit mulut. Dengan demikian, iritasi dapat dihindari.

Disamping itu, minum banyak cairan dan mengontrol tubuh masih tetap terhidrasi dapat tingkatkan respons daya tahan tubuh saat sakit.

Saat sakit tenggorokan, seharusnya Anda minum air dalam temperatur ruangan untuk jaga kelembapan tenggorokan. Kadang, minum air es atau minuman dingin dapat menyebabkan batuk dan membuat iritasi makin kronis.

Supaya tenggorokan semakin nyaman, Anda bisa juga minum air hangat yang dikasih sedikit perasan lemon dan satu sendok teh madu.

2. Banyak istirahat

Tidur berkualitas dan banyak istirahat penting sepanjang proses rekondisi dari sakit, termasuk saat terserang Covid-19. Saat sakit, badan memerlukan banyak energi untuk melawan semua tipe biang penyakit.

Riset yang sudah dilakukan pakar dari University of Washington sudah menunjukkan, proses penyembuhan penyakit infeksi virus seperti flu benar-benar terbantu dengan banyak istirahat. Saat terkena virus, badan menghasilkan banyak protein AcPb extra.

Saat tidur, protein ini berhubungan dengan zat kimia pensinyalan mekanisme kekebalan tubuh yang disebutkan interleukin-1. Ke-2 zat ini bersatu percepat proses penyembuhan saat seorang istirahat.

3. Jauhi pantangan yang yang bisa membuat sakit tenggorokan

Saat sakit tenggorokan, jauhi semua tipe pantangan yang dapat membuat infeksi makin kronis. Salah satunya yang perlu dijauhi ialah minuman yang mengandung alkohol.

Alkohol bisa mengakibatkan dehidrasi. Disamping itu, jauhi semua tipe makanan dan minuman tinggi gula seperti minuman dalam kemasan, atau semua tipe sajian penutup.

Baca juga : 7 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Demam

Penderita sakit tenggorokan seharusnya meminimalisir konsumsi cafein seperti kopi, teh, cokelat, soda, atau minuman berenergi. Harus dipahami, minum yang mengandung kafein bisa membuat penderita Covid-19 sulit istirahat.

4. Konsumsi Makanan bergizi

Saat sakit tenggorokan, termasuk saat Covid-19, selera makan umumnya turun drastis. Tetapi, janganlah sampai penderita malas makan atau minum. Makanan bergizi dengan formasi protein minim lemak jahat, serat dari buah dan sayur, dan karbohidrat bisa menolong meningkatkan mekanisme daya tahan badan.

Dengan jaga asupan bergizi lengkap dan imbang, daya tahan tubuh semakin kuat dan proses rekondisi sakit dapat berjalan bisa lebih cepat. Bila Anda telah mencoba cara-cara mengobati sakit tenggorokan karena Covid-19 di atas tetapi rasa nyerinya masih tak terbendung.

Baca juga : Vaksin Booster di Bali, Apa itu Vaksin Boster dan Amankah?

Coba diskusi melalui layanan telemedicine. Terutama bila penderita sampai tidak selera makan, kesulitan menelan makanan, benar-benar ngilu menelan minuman, dan dehidrasi.