5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Umur 6-12 Tahun. Belajar bahasa Inggis sangat penting untuk bisa berkmunikasi dengan warga dunia. Oleh karena itu, mengajari anak dari umur sd sangat berguna untuk mempercepat proses belajar.

Dirangkum dari beberapa situs pendidikan dunia, dengan banyak tahapan belajar bahasa inggris yang dirangkum menjadi 5 tahapan paling penting untuk anak SD.

Segala hal harus diawali dari dasar, terhitung saat belajar bahasa Inggris pada anak SD. Apabila anak sudah memiliki pengetahuan dasar bahasa Inggris secara baik, kedepannya tentu dia akan semakin gampang untuk pelajari pola kalimat yang lebih kompleks.

Dimulai dari mendalami pola kata dasar, kalimat, langkah penghafalan, dan langkah penulisan. Jika anak telah pahami beberapa dasar itu, tentunya akan semakin gampang untuk mengerti materi seterusnya.

Berikut adalah 5 dasar penting belajar bahasa inggris untuk anak SD

Bahasa Inggris memang lumayan susah jika pengetahuan dasarnya buruk, tetapi jika anak telah memahami pengetahuan dasar dengan benar, bahasa Inggris akan berasa lebih gampang. Berikut adalah 5 dasar penting belajar bahasa inggris untuk anak SD yang perlu diketahui:

1. Mendalami pola dan bentuk kata dasar (tenses) bahasa Inggris

Tenses atau bentuk kata sebagai komponen terpenting dan fundamental untuk pelajari bahasa Inggris. Tenses ialah bentuk kata kerja dengan bahasa Inggris yang bermanfaat untuk menunjukkan keadaan waktu berlangsungnya satu kejadian. Waktu yang diperlihatkan dapat berupa masa lampau, waktu sekarang atau dan yang akan datang

Ini merupakan tahapan paling penting sebagai hal yang paling fundamental dalam pelajari bahasa Inggris, jadi tidak aneh jika tenses ada di halaman atau bab pertama kali dalam buku belajar bahasa Inggris.

Bila anak sukses kuasai dan pahami semua tenses yang ada, karena itu dapat dikatakan telah kuasai bahasa Inggris sekitar 60 %.

Maka bila anak telah pahami apakah itu tenses, kemungkinan, hubungan apa saja yang anak kerjakan dengan bahasa Inggris, baik itu menulis atau bicara, dapat disebutkan ‘benar’.

Lalu, Apa itu tenses?

Sama seperti yang telah diterangkan diatas, tenses merupakan kombinasi atas dua elemen dasar yang tidak dapat di pisah, yakni waktu dan peristiwa.

Waktu

  • Sekarang – Present
  • Kemarin – Past
  • Yang Akan Datang – Future
  • Rencana Kemarin – Past Future

Peristiwa

  • Sederhana – Simple Present
  • Peristiwa yang Sedang Berjalan – Continuous
  • Kejadian yang sudah selesai – Perfect
  • Aktivitas yang berjalan dengan waktu – Perfect Continuous
5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

2. Listening ( mendengarkan ) percakapan dalam bahasa Inggris

Listening atau mendengarkan orang berbicara dengan bahasa inggris adalah tahap berikutnya setelah anak menguasai bentuk tenses.

Mendengarkan ( Listening ) sebagai suatu kemampuan atau skill bahasa Inggris yang diaplikasikan dengan mendengarkan kosakata dalam audio berbahasa Inggris.

Dengan cara mendengarkan, otomatis nanti anak akan terlatih dengan beberapa istilah bahasa Inggris dan bisa juga pahami apa yang disebutkan seseorang dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

Cara Ini merupakan langkah cepat belajar bahasa Inggris dengan melatih diri dengarkan kalimat dalam bahasa Inggris.

Semakin sering anak mendengarkan kalimat berbahasa inggris maka semakin gampang juga dia untuk pelajarinya.

Oleh karenanya, anak benar-benar dianjurkan untuk melihat video percakapan atau dengarkan lagu berbahasa Inggris yang bisa dengan gampang ditemukan di YouTube.

3. Membaca (reading) buku-buku berbahasa Inggris

Teknik ini merupakan tahapan ke 3 dengan membiasakan anak membaca buku bahasa inggris. Dapat dilakukan bila listening telah terkuasai, karena itu dasar-dasar belajar bahasa Inggris yang perlu terkuasai setelah itu membaca atau reading.

Dengan membaca beberapa text atau kalimat berbahasa Inggris, anak semakin lebih sensitif pada susunan kata yang terbuat dalam bahasa Inggris.

Dari situlah dia akan belajar tentang kosakata-kosakata baru dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, perlahan-lahan dia akan memperoleh rekomendasi di saat menulis atau koreksi beberapa kalimat yang berbahasa Inggris.

Baca juaga : Panduan Jitu Belajar Bahasa Inggris dengan menonton film

Supaya lebih maksimal, langkah awal yang penting Mama tekankan pada anak ialah mewajibkannya untuk membaca buku berbahasa inggris minimal satu buku satu hari.

Mulai dengan buku narasi anak yang gampang dipahami, kemudian mulai tambahkan bahan bacaan anak yang bisa Mama mengambil dari koran atau artikel di internet.

Tidak itu saja, anak bisa juga membaca lirik lagu kegemarannya sekalian dengarkan lagunya. Secara tidak sadar, di sana anak sudah lakukan latihan dua kekuatan bahasa Inggris, yaitu listening dan reading.

5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

4. Menulis (writing) kalimat dengan bahasa Inggris

Sesudah mengusai dalam listening dan reading, karena itu setelah itu writing. Ya, writing ialah menulis dan sudah pasti jadi salah satunya dasar saat belajar bahasa Inggris.

Masalahnya dengan menulis dengan bahasa Inggris, anak jadi dapat menyaksikan seberapa jauh kepiawaiannya dalam berbahasa Inggris.

Menulis dengan bahasa Inggris akan membuat anak pahami mengenai kekuatannya dalam berbahasa Inggris, entahlah itu dari gaya bahasa atau kosa kata.

Dengan demikian, anak menjadi lebih dapat membenahi kekurangannya dengan latihan hingga nanti kekurangan itu ditutupi dan tidak ada sama sekalipun.

Pokoknya, writing ini jadi salah satunya implementasi dari 3 kemampuan yang telah diterangkan awalnya. Sesudah pahami tenses dengan bahasa Inggris, dengarkan beberapa kalimat bahasa Inggris dan membaca kalimat berbahasa Inggris, setelah itu mempraktikannya ke tulisan.

5. Bicara (speaking) dengan bahasa Inggris

Sesudah empat dasar belajar bahasa Inggris di atas telah terkuasai secara baik, karena itu hal paling akhir yang perlu disanggupi ialah speaking atau bicara.

Ini ialah akhirnya demikian beberapa hal mengenai beberapa dasar berbahasa Inggris. Sesudah tenses, dengar, membaca, dan menulis, hal paling akhirnya beberapa dasar berbahasa Inggris ialah bicara.

Dengan bicara dengan bahasa Inggris, anak akan selalu terlatih dengan kalimat asing yang kemungkinan berasa susah disampaikan oleh orang pemula.

Walau perlahan-lahan, bila kerap dilatih, hal tersebut akan membuat kemampuan speaking anak kedengar pintar seperti ‘bule’.

Tetapi, bagaimanakah cara mempertajamnya? Gampang, jadilah rekan untuk anak untuk terlibat perbincangan dengan bahasa Inggris. Rajin-rajinlah ajak anak terlibat perbincangan dengan bahasa Inggris.

Baca juga : 14 Cara jitu belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Nah itu dia 5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD, Kegiatan rutin ini akan membuat anak terlatih dan mempermudahnya dalam pelajari bahasa Inggris. Semua pasti bisa kalau sudah dilatih..! Selamat belajar anak Indonsia.. Anak pintar mama senang, Indonesia Maju.!