Tips Megajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Tips Megajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Tips Megajar Bahasa Inggris untuk Anak SD – Belajar bahasa Inggris untuk anak sekolah dasar kelas berapa pun biasanya cukup mudah. Kesulitan hanya pada anak-anak yang biasanya masih belum memahami struktur bahasa Inggris.

Apalagi bahasa Inggris adalah bahasa asing yang jarang mereka dengar. Inilah tantangan yang harus dihadapi oleh para guru, dimana dalam hal Mengajar Bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah dasar seringkali sulit untuk menemukan metode yang tepat.

Di Indonesia, Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang telah diterapkan sejak pendidikan dasar. Mungkin di beberapa daerah, bahasa Inggris sendiri sudah mulai diajarkan kepada siswa di taman kanak-kanak.

Semakin dini suatu bahasa diajarkan atau diperkenalkan kepada anak, maka akan semakin mudah bagi anak untuk memahami dan menguasainya. Banyak orang tua rela mengeluarkan uang mahal untuk anaknya agar mahir berbahasa Inggris.

Keterampilan berbahasa memang lebih mudah dikuasai sejak usia dini dan juga dalam lingkungan yang mendukung. Misalnya sekolah yang menerapkan penggunaan bahasa Inggris, pelajaran bahasa Inggris, dan banyak membaca buku atau menonton film berbahasa Inggris. Sayangnya, sekolah di Indonesia tidak menerapkan bahasa Inggris sebagai bahasa yang harus dikuasai.

Tips Megajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Lebih maju lagi jika sekolah tersebut telah menerapkan kurikulumnya sendiri, misalnya di sekolah swasta atau berstandar internasional. Bahasa Inggris bukan lagi bahasa asing, tetapi sudah menjadi bahasa pengantar saat belajar.

Perlu ditekankan bahwa hanya sedikit sekolah yang menggunakan sistem kurikulum internasional. Sisanya masih menggunakan sebuah kurikulum dari pemerintah dan dinas pendidikan. Sehingga banyak siswa yang belum terbiasa dan kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris.

Selain kendala dari siswa, ada juga beberapa kendala yang dihadapi oleh seorang guru. Sebagai seorang guru, seorang guru tentunya ingin membuat semua siswanya pintar dan memahami mata pelajaran yang diberikan. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa mengajarkan bahasa Inggris kepada anak SD dengan cara yang menyenangkan? Ada beberapa kegiatan belajar yang dapat diterapkan saat mengajar.

Berbagai pengalaman mungkin pernah ditemui oleh guru yang mengajar bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah dasar. Mulai dari siswa yang malas mengikuti pelajaran bahasa Inggris, malu saat berbicara bahasa Inggris, hingga siswa yang kesulitan memahaminya.

Sebenarnya tidak selalu salah siswa ketika mereka merasa kesulitan untuk memahami pelajaran yang diajarkan. Terkadang metode belajar mengajar guru tidak tepat sehingga siswa tidak menerima pelajaran secara maksimal.

Oleh karena itu, guru juga harus mengoreksi dan introspeksi diri agar menemukan metode yang tepat. Bagi siswa sekolah dasar, tidak mudah menemukan cara yang tepat dan tepat untuk mengajarkan bahasa Inggris kepada anak sekolah dasar.

Tips Megajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Agar bisa mengajarkan bahasa Inggris kepada anak SD dengan hasil maksimal, tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips berikut ini:

Tentukan Aksen

Secara umum, ada dua aksen yang digunakan dalam bahasa Inggris secara global, yaitu Amerika dan Inggris. Sebelum mulai mengajar, ada baiknya seorang guru menguasai salah satu aksen tersebut. Dengan demikian, selama proses pengajaran, yang diajarkan kepada siswa adalah aksen yang telah dikuasai.

Minimalkan Terjemahan

Meskipun mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak sekolah dasar, guru tidak perlu menerjemahkan kata demi kata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Minimalkan terjemahan atau terjemahan di setiap kata.

Untuk menghindarinya, gunakan saja sebuah teknik TPR (Total Physical Response) dalam pembelajaran. Untuk membantu proses pembelajaran, guru juga dapat menggunakan media video, kartu, atau lainnya.

Fokus Pelajaran Skill

Pengajaran bahasa kepada anak akan lebih baik jika difokuskan pada empat keterampilan utama yaitu membaca, menulis, mendengarkan, berbicara. Untuk siswa kelas 1 SD, guru dapat memfokuskan pembelajaran pada keterampilan berbicara dan mendengarkan. Saat memasuki semester kedua, guru sudah bisa mulai mengajar anak menulis dan membaca.

Mengapa keterampilan menulis dan membaca diajarkan di akhir? Alasannya karena dalam bahasa Inggris terdapat perbedaan antara pengucapan dan penulisan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika siswa bisa mengaji terlebih dahulu sebelum mulai menulis dan membaca.

Metode Yang Beragam

Anak mudah bosan saat belajar. Disinilah dibutuhkan peran guru yang harus membuat suasana kelas menjadi berbeda dan juga menyenangkan. Metode pembelajaran yang sama setiap waktu pasti membuat siswa merasa bosan.

Oleh karena itu, guru harus mampu menguasai berbagai teknik mengajar, salah satunya adalah pembelajaran yang menyenangkan. Disini guru dapat menyisipkan pembelajaran dengan berbagai permainan, lagu, tarian, atau melalui gambar, foto, poster dan lain-lain. Sesekali ajaklah siswa untuk menonton film pendek, menulis puisi, atau memainkan peran.

Pembelajaran Yang Terencana

Saat mengajar bahasa Inggris untuk anak sekolah dasar, pastikan guru telah merencanakan semua topik pembelajaran dengan matang. Pasalnya, siswa akan kesulitan memahami pelajaran jika guru juga memberikan topik yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Baca juga : Cara Mudah Mendidik Anak Usia 5 Tahun Yang Efektif

Pastikan siswa memahami satu topik sebelum melanjutkan ke topik berikutnya. Guru juga harus memahami bahwa siswa tidak dapat mencerna suatu pelajaran secara instan. Berfokus menyelesaikan satu pelajaran lebih baik daripada memulai pelajaran baru dan siswa tidak mengerti.

Maksimalkan Media Pembelajaran

Media pembelajaran seperti video, game, kartu merupakan sarana pendidikan yang menarik bagi anak. Guru harus bisa menggunakan berbagai media pembelajaran dan berkreasi saat mengajar bahasa Inggris kepada anak sekolah dasar agar mereka bersemangat.

Jangan Galak

Saat mengajar siswa SD yang notabene masih banyak bermain, pastikan guru selalu dalam suasana hati yang baik. Jadi tidak perlu marah ketika ada siswa yang tidak mengerti, banyak bertanya, atau banyak bermain. Bersabarlah saat mengajar dan jangan terlalu berharap.

Selalu berpikir positif dalam melihat kemajuan siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Tidak perlu terpaku pada nilai atau angka yang mereka dapatkan. Yang terpenting adalah bagaimana mengembangkan keterampilan dan kompetensi siswa dalam pelajaran bahasa Inggris.

Jadilah Guru Yang Kreatif

Jadilah guru yang aktif dan kreatif karena siswa bisa antusias karena melihat guru juga antusias. Guru SD harus lebih berenergi karena harus selalu aktif. Saat mengajar, biasakan untuk tidak terpaku pada buku. Mengajar sambil berdiri, berjalan, atau melakukan aktivitas yang sesuai dengan apa yang disampaikan.

Kemudian, buatlah pelajaran menjadi menarik dan asah aktivitas siswa. Misalnya dengan memberikan tugas kelompok, menerapkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, atau membuat presentasi. Tentunya semua tugas tersebut harus dikemas secara sederhana sesuai dengan usia anak.

Respon Yang Baik

Selalu memberikan respon yang tepat kepada setiap siswa yang mengikuti pelajaran di kelas. Guru yang baik adalah mereka yang memberikan masukan, bukan sekedar pelajaran. Guru harus mampu mendorong siswa untuk berkembang.

Misalnya, ketika seorang siswa salah mengucapkan kata, jangan langsung mengoreksinya. Cara yang lebih baik adalah dengan memuji dia setelah dia selesai dan kemudian mengoreksi kekurangannya. Sehingga mereka juga merasa dihargai dan tidak merasa malu jika salah.

Simak juga : 5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

Demikian ulasan tentang Tips Bijak Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD semoga bermanfaat