12 Tips Mendidik Anak Paud dengan Tepat dan Menyenangkan

Tips Mendidik Anak Paud

Tips Mendidik Anak Paud dengan Tepat dan Menyenangkan – Saat ini pendidikan formal tidak lagi dimulai dari taman kanak-kanak, tetapi setelah memasuki usia 2 tahun, anak-anak belajar di lembaga pendidikan anak usia dini yang tentunya membutuhkan metode pengajaran yang efektif dan efisien sendiri.

Cara Anda Mendidik Anak Paud tentunya berbeda dengan saat Anda mengajar di SD, SMP, dan SMA. Perlu penanganan dan pendekatan khusus, karena PAUD memiliki karakter aktif dan unik.

12 Tips Mendidik Anak Paud dengan Tepat dan Menyenangkan

Berikut cara mengajar anak prasekolah dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan sebagai acuan mendidik anak usia dini yang efektif dan efisien.

1. Mendidik Anak Paud dengan Permainan

Memberikan pengertian secara lisan kepada anak usia dini yang baru menginjak usia 2-3 tahun bukanlah hal yang mudah. Bukannya bisa fokus, anak PAUD malah sibuk jalan-jalan dan lari kesana-kemari dan sibuk dengan dunianya sendiri. Untuk itu, cara yang tepat untuk memberikan pemahaman adalah melalui permainan yang sesuai untuk anak seusianya. Ada banyak referensi game seru yang cocok untuk kamu mainkan bersama mereka.

Permainan anak usia dini bukan sekedar permainan yang tidak mengandung nilai pendidikan yang tinggi. Permainan mengandung nilai-nilai pendidikan yang kuat yang diterima dan dipahami oleh anak-anak dengan mudah dan dengan metode yang menyenangkan. Metode ini mempercepat nilai pendidikan dalam permainan ke memori anak tanpa paksaan sama sekali.

2. Mendidik Anak Paud dengan Berinteraksi dengan Alam

Berinteraksi dengan alam lebih menyenangkan daripada bermain. Di alam yang bebas dan bebas, anak-anak dapat belajar secara langsung tentang apa yang ada di alam, mulai dari tumbuhan, hewan dan cara berinteraksi dengannya.

Cara Mendidik Dan Membina Anak Tunarungu

Anak-anak merasa mendapat pengalaman baru dan menyenangkan karena kelas mereka menjadi lebih luas dan santai. Yang terjadi di alam, mereka bisa belajar secara langsung sehingga anak-anak pun tidak bosan.

Baca juga : Cara Mendidik Dan Membina Anak Tunarungu

Metode pembelajaran ini termasuk dalam kategori pembelajaran di luar kelas yang tentunya memberikan suasana baru bagi anak agar tidak bosan dengan situasi kelas yang monoton. Belajar di luar kelas memberikan angin segar bagi anak untuk lebih aktif dan menemukan rasa percaya diri.

3. Mendidik dengan Metode Bernyanyi

Metode bernyanyi adalah salah satu metode yang paling efektif untuk mengajar pendidikan anak usia dini. Memasukkan materi dalam lagu disertai dengan gerakan yang sesuai dan spesifik anak memudahkan si kecil untuk mengingat materi apa yang disampaikan. Bahkan lagu tersebut sering menjadi lagu andalan saat dimainkan bersama teman, atau saat berada di rumah bersama ibunya.

Metode bernyanyi merupakan metode yang banyak digunakan oleh guru PAUD saat ini dengan gerakan-gerakan yang tepat yang membuat anak lebih bahagia, baik itu untuk belajar warna, rukun iman, rukun islam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Metode bernyanyi merupakan metode yang cukup banyak dikembangkan pada anak usia dini dan taman kanak-kanak. Nilai pendidikan di dalamnya lebih mudah diserap dan lebih mudah dipahami serta mudah diingat.

4. Mendidik dengan Belajar Dalam Kelompok

Belajar sendiri tentu berbeda dengan ketika anak belajar berkelompok. Belajar sendiri tentu lebih mudah membuat anak bosan dibandingkan saat belajar bersama teman-temannya. Ada anak yang ketika belajar sendiri akan merasa bosan, dan tidak semangat.

Namun, ketika mereka belajar dalam kelompok, nuansanya akan berbeda. Semangat belajar mereka tumbuh dan anak-anak merasa tidak sendiri. Seringkali ketika belajar kelompok anak lebih termotivasi untuk bersaing dengan teman yang lain agar menjadi lebih maju.

Ciptakan momen belajar kelompok yang nyaman bagi anak-anak, sebagai cara untuk bekerja sama dalam tim dan menjaga kebersamaan teman-teman mereka. Disinilah tempat awal anak terlibat dalam diskusi dengan temannya agar anak terbiasa bertukar pikiran.

5. Mendidik Anak Paud dengan Menggunakan Alat Peraga

Ketika melihat guru menjelaskan dalam waktu yang sangat lama, tentu siswa akan bosan dan tidak bisa fokus. Namun, ketika Anda membawa alat peraga yang dianggap baru dan menarik tampilannya, nuansanya akan sedikit berbeda. Anak akan fokus pada media, rasa ingin tahunya akan muncul dan proses belajar di sekolah bagi mereka tidak akan lagi menjadi proses yang membosankan.

6. Materi yang di Ulang-Ulang

Penting bagi Anda untuk mengulang pelajaran dan tidak menetapkan tujuan yang tidak terlalu cepat dan terlalu banyak. Mengulangi materi sebelumnya yang menyenangkan dengan tujuan agar anak lebih menghafal, merasa mampu, dan tidak terbebani.

14 Cara Efektif Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Di Usia Emas

Simak juga : 14 Cara Efektif Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Di Usia Emas

Latihan materi ini membantu memperkuat daya ingat anak terhadap materi. Dengan begitu, anak akan lebih memahami materi dan tidak terdesak oleh materi baru yang jumlahnya sangat banyak dan mungkin sulit bagi anak seusianya.

7. Memberikan Contoh secara Langsung

Dengan sistem pengajaran verbal dan hanya mendapatkan instruksi verbal, tentunya anak usia dini akan kesulitan mendapatkan gambaran tentang apa yang sebenarnya diinginkannya. Lain waktu ketika Anda sebagai pendidik memberikan arahan dengan memberikan contoh langsung.

Sistem audio-visual mereka akan memproses pengamatan dan mereka akan tahu apa yang harus mereka lakukan dan bagaimana caranya. Proses koreksi dapat dilakukan secara langsung saat anak mempraktekkan apa yang Anda ajarkan.

8. Mendigik dengan cara Bermain Warna

Bisa dikatakan, dunia anak-anak adalah dunia yang penuh warna dan gambar. Setiap kali materi menggambar atau mewarnai, anak akan merasa senang dan ceria. Cobalah untuk memasukkan materi ini ke dalam materi anak PAUD yang tentunya sangat menyenangkan bagi mereka. Mewarnai, menggambar, menempelkan kolase adalah kegiatan ringan namun meningkatkan sisi kreatif anak.

Anda dapat menyiapkan sketsa gambar dan kemudian meminta anak untuk mewarnainya. Kegiatan mewarnai ini merupakan kegiatan yang efektif untuk menyegarkan kembali kognitif anak-anak yang mungkin terbebani dengan membaca dan menulis alfabet yang cukup sulit bagi mereka.

9. Memberi Mereka Hadiah

Hadiah menjadi pemicu anak-anak untuk bersaing dan menjadi yang terbaik karena itulah dunianya. Sesekali siapkan kado untuk si kecil meski tidak setiap hari ada. Hadiah tidak selalu bernilai besar, hadiahnya bisa berupa permen, uang saku dua ribu, dan sebagainya.

Sejauh pengalaman mengajar saya, hadiah biasanya lebih berkesan, dan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi anak-anak. Anak-anak akan menceritakan kepada ibu atau keluarganya di rumah sebagai bentuk kebanggaan bisa menjawab pertanyaan guru di sekolah dan mendapatkan hadiah.

11. Ikuti Suasana Hati Si Kecil

Suasana hati anak dan dunia anak tentunya berbeda dengan dunia kita sebagai orang tua. Cara belajar bersama mereka juga harus menyesuaikan dengan mood si kecil. Ketika wajah mereka terlihat membosankan, cemberut, dan marah, alihkan perhatian mereka sejenak dengan bermain atau menghibur hati mereka sebelum beralih ke materi berikutnya.

Suasana hati anak perlu dirapikan agar anak tidak merasa lelah dan tertekan. Hindari kata-kata kasar dan menahan diri sebisa mungkin karena hal ini akan menyebabkan anak menjadi memberontak dan tidak nyaman.

12. Beri Waktu Untuk Istirahat

Belajar terus menerus di dalam ruangan walaupun hanya sekedar mewarnai tentunya anak membutuhkan waktu istirahat walaupun hanya sebentar. Anak-anak tidak selalu nyaman di bawah instruksi guru mereka dan mereka ingin memiliki kebebasan di luar jadwal sekolah mereka dan bebas untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka seperti yang mereka inginkan.

Beri jeda di antara rangkaian materi yang disampaikan hari itu agar anak merasa lebih bebas dan berkesempatan untuk berinteraksi dengan temannya sehingga muncul persahabatan yang kuat dengan teman-teman di sekitarnya.

Demikian bebrapa tips Mudah Mendidik Anak Paud Yang tepat dan Menyenangkan yang kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.

Baca juga : 11 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah