11 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah

11 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah

Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah – Jika anda sedang mengasuh anak yang sedang memasuki usia pendidikan sekolah maka anda mungkin pernah menjumpai anak yang malas. Pada dasarnya anak yang malas belajar mungkin terjadi pada semua anak namun tidak semua orang tua memiliki cara yang sama untuk menghadapinya.

Anak-anak terkadang memiliki pola pikir yang berbeda sehingga mereka pun bisa merasa bosan dengan sekolah. Hal yang paling menyenangkan bagi anak-anak biasanya hanya bermain atau melakukan kesenangan mereka.

11 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar

Lalu bagaimana cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar agar bisa berubah, simak ulasannya di bawah ini.

1. Membantu Memberikan Motivasi Untuk Anak-Anak

Beberapa anak dapat melanjutkan sekolah, belajar, dan melakukan pekerjaannya dengan baik. dampaknya bisa membuat anak sangat pintar dan tidak pernah malas. Tetapi seorang anak yang malas tidak pernah memiliki keinginan ini.

Salah satu pemicunya mungkin karena anak tidak mempunyai motivasi yang kuat. Anak-anak hanya ingin pergi ke sekolah karena mereka benar-benar harus. Sehingga ketika anak tiba di sekolah mereka tidak memiliki motivasi untuk belajar apapun.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua harus memberikan motivasi yang jelas. Ada banyak bentuk motivasi, seperti hadiah yang menjanjikan untuk anak-anak. Namun, cara ini seringkali tidak bertahan lama, sehingga orang tua harus mencari cara untuk menemukan apa yang paling menarik minat anak mereka.

2. Masuk Ke Dalam Kehidupan Anak

Ketika anak menjadi terlalu malas untuk belajar, orang tua bisa masuk ke dalam kehidupan anak-anaknya. Jangan biarkan anak belajar sendiri sehingga banyak mengalami kesulitan saat belajar. Kemungkinan inilah yang menyebabkan anak malas belajar.

Anda bisa mencoba membantu dan menemani anak saat belajar. Anda harus memberikan cara mengajar yang menyenangkan bagi anak. Ketika anak bisa memecahkan masalah, biasanya anak akan lebih rajin.

3. Bertanya Pada Anak

Kemudian orang tua juga bisa mencoba untuk sering bertanya kepada anak. Saat bertanya, orang tua harus benar-benar dekat dengan anak, bukan sekedar bertanya sambil lewat atau melakukan aktivitas lain. Bantu anak untuk melihat buku teks dan menanyakan kesulitan yang dialami anak.

Ketika anak menjadi malas karena masalah belajar dan guru yang tidak menyenangkan maka anda bisa membantu anak. Misalnya ketika anak sedang mempelajari daur hidup, ajaklah anak untuk benar-benar masuk ke dalam contoh aslinya. Cara ini dapat membuat anak merasa penasaran sehingga anak menjadi lebih rajin dalam belajar.

4. Tidak Fokus Pada Nilai Tertinggi Tapi Fokus Pada Cara Belajar

Banyak orang tua yang menekan anaknya untuk mendapatkan nilai terbaik dan hal ini sering menyebabkan anak malas untuk belajar. Anak-anak merasa putus asa ketika mereka tidak dapat bekerja dengan baik. Maka Anda bisa mencoba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut dengan tidak memberikan target belajar pada anak.

Simak juga : 1O Skill Dasar Yang Dibutuhkan di Masa Datang dalam Dunia Kerja

Anda bisa mencoba memberikan cara belajar yang lebih menarik dan mudah dipahami anak. Kebiasaan berdiskusi dengan anak dan berbagi pengalaman belajar dengan anak dapat membuat anak merasa sangat nyaman dan juga mendorong anak untuk mendapatkan nilai terbaik tanpa harus dipaksa oleh orang tuanya.

5. Memberi Pujian Pada Usaha Anak

Terkadang beberapa anak menjadi malas belajar karena merasa tidak dihargai. Hal inilah yang menyebabkan seorang anak tidak mau belajar lagi. Jika kondisi ini terjadi, orang tua harus mulai berusaha memberikan pujian dan menghargai segala upaya yang telah dilakukan oleh anak. Mendampingi anak saat mereka belajar kemudian berusaha membantu anak belajar dengan baik.

Jangan pernah meremehkan kemampuan anak agar anak tidak ada salahnya untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dalam hal ini anak juga harus jujur ​​dan orang tua dapat berusaha menjaga kejujuran tersebut. Artinya ketika anak mengalami masalah saat belajar, mereka dapat berbicara dengan orang tuanya untuk mencari solusi yang tepat.

6. Mencoba Memberikan Struktur Pembelajaran Yang Baik

Banyak orang tua yang berusaha memaksa anaknya untuk belajar saat pulang sekolah. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi mudah lelah dan tidak mau belajar dengan baik. Anda bisa mencoba membuat anak Anda lebih rileks saat pulang sekolah.

Biarkan anak mendapatkan camilan favoritnya kemudian berikan pilihan pada anak apakah akan tidur atau bermain. Anak harus memilih salah satu atau ibu bisa mencoba mengatur jadwal anak. Kemudian setelah itu beri anak waktu untuk kembali belajar dengan baik dan menemani anak saat belajar.

7. Ajari Anak Untuk Bertanggung Jawab

Kemudian ibu juga dapat berusaha untuk tetap memberikan tanggung jawab kepada anak. Ketika anak meminta hadiah sebagai hadiah untuk belajar dan mendapatkan nilai bagus, ibu harus memberikan hadiah.

Jangan menahan apa yang diinginkan anak ketika itu menjadi pahala anak setelah belajar dengan baik. Maka langkah ini harus sesekali dihentikan agar anak tidak memiliki kebiasaan manja. Anda bisa mencoba memberikan bonus lainnya seperti pergi ke tempat wisata di hari libur.

8. Berikan Sebuah Waktu Pada Anak Untuk Melakukan Hal Yang Disukai

Banyak orang tua yang berusaha untuk tidak membiarkan anaknya bermain game, menonton TV atau bermain gadget hanya karena nilai sekolahnya yang jelek atau tidak memuaskan. Anak-anak mungkin mengalami masalah yang begitu parah sehingga mereka tidak dapat memahami pelajaran dengan baik.

Baca juga : 12 Tips Mengajari Anak Autis Membaca Di Rumah Dengan Mudah

Setelah itu orang tua harus mengubah semua prinsip tersebut. orang tua dapat mencoba untuk memberikan lebih banyak waktu ketika anak-anak bermain. Ikuti semua permainan yang disukai anak kemudian berikan batasan waktu kapan harus belajar. Kebiasaan ini sangat penting bagi anak karena dapat membuat anak tahu kapan harus belajar dan kapan harus bermain.

Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah

Kemudian ibu juga dapat mencoba melihat kembali lingkungan belajar anak. Mungkin anak menjadi malas untuk belajar karena tempat belajar yang tidak menyenangkan dan sulit untuk belajar. Oleh karena itu Anda bisa mencoba menata semua furnitur dan tata letak kamar pribadi anak.

Berikan nuansa warna cerah, dekorasi dari karakter favorit anak dan juga suasana ruangan yang lebih menyenangkan. Ciptakan lingkungan bagi anak untuk belajar dengan baik agar anak tidak malas lagi.

9. Lakukan Pendampingan

Saat anak malas belajar, sebaiknya berikan pendampingan. Karena bisa membuat mereka merasa diperhatikan dan membangkitkan semangat mereka kembali. Ajari anak dengan tekun dan sabar serta ciptakan suasana yang menyenangkan agar tidak mudah bosan.

10. Jam Belajar Tidak Berlebihan

Orang tua sering menyuruh anaknya belajar berjam-jam agar mendapat nilai bagus. Namun, ini bukan tindakan yang tepat. Mendorong anak untuk belajar dalam waktu yang lama justru membuat memori otak lelah dan tidak mampu menerima materi lagi serta bisa membuat mereka merasa stres.

11. Menjelaskan Manfaat Belajar

Jika Anda kesulitan menghadapi anak yang malas belajar, maka Anda bisa menjelaskan manfaat belajar. Dengan mengetahui hal tersebut, mereka dapat lebih termotivasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Simak juga : 14 Cara Efektif Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Di Usia Emas

Nah demikianlah 11 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar Agar Bisa Berubah yang kami rangkum dari beberapa sumber dan pengalaman. Semoga bermanfaat untuk para orang tua yang memiliki anak yang tidak suka belajar. Semoga Bermanfaat (arya*)