12 Tips Mengajari Anak Autis Membaca Di Rumah Dengan Mudah

Tips Mengajari Anak Autis Membaca

Tips Mengajari Anak Autis Membaca Di Rumah Dengan Mudah – Mengajar anak autis adalah tugas yang menantang, terutama bagi mereka yang tidak pernah memiliki pengalaman menangani anak dengan ketidakmampuan belajar.

Meski lambat, anak autis bisa dilatih membaca, menulis, dan belajar. Autisme mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan secara efektif.

Autisme adalah kelainan genetik dan tidak dapat disembuhkan. Namun bukan berarti anak autis tidak bisa menjalani kehidupan normal. Salah satu jenis gangguan psikologis pada anak adalah kondisi autis yang selalu mendapat perhatian khusus dari orang tua. Ada beberapa jenis autisme dengan penyebab yang berbeda untuk anak autis.

Tanda-tanda autisme bisa dikenali sejak bayi atau saat anak berusia di bawah tiga tahun. Kondisi yang sangat sering dikaitkan dengan autisme adalah masalah seperti anak lambat bicara atau anak berusia 3 tahun yang tidak lancar berbicara.

Simak juga : 8 Cara Mengajari Anak TK Membaca yang Cepat, Efektif dan Menyenangkan

Hal ini bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi karena perkembangan pendidikan anak juga dapat terhambat.

12 Tips Mengajari Anak Autis Membaca Di Rumah Dengan Mudah

Anda mungkin meragukan bahwa anak Anda autis atau terlambat bicara, yang kemudian dapat membuat anak Anda juga sangat lambat untuk mulai membaca.

Lalu bagaimana jika anak harus bersekolah agar bisa berkembang seperti anak normal. Anda tidak perlu panik karena kami akan membahas cara Mengajari Anak Autis Membaca di rumah sebagai berikut:

1. Memberi Perintah Secara Langsung

Langkah awal mengajarkan anak autis membaca adalah dengan memberikan perintah langsung. Ini adalah langkah yang sama seperti mengajar anak disleksia. Anda perlu menjelaskan pada tahap awal kemudian mengulanginya lagi. Setelah anak dapat berkonsentrasi maka mintalah anak untuk mengulangi apa yang telah diajarkan.

Mengajarkan membaca dengan konsep ini juga dapat membantu sebagai cara untuk menangani anak autis ringan. Namun Anda harus bersabar karena anak mungkin akan kesulitan saat baru mulai belajar membaca.

2. Belajar Membaca Berurutan

Jika Anda ingin mengajari anak autis membaca dengan baik maka Anda harus mencoba teknik pembelajaran sekuensial. Hal ini sangat penting untuk membantu anak agar dapat fokus pada setiap pelajaran.

Anda dapat memperkenalkan huruf dari huruf pertama. Kemudian perkenalkan lima atau enam huruf berbeda untuk setiap hari. Ulangi lagi keesokan harinya agar anak tidak lupa. Hal ini sama dengan mengajarkan anak membaca kepada anak normal tetapi harus dilakukan lebih lambat.

4. Belajar Membaca Dengan Konsep

Mengenalkan huruf dan cara membacanya dapat membuat anak autis mudah emosi. Mereka akan lebih sering marah karena itu sangat sulit. Kecuali anak autis memiliki tingkat IQ khusus yang membuat anak lebih pintar. Salah satu cara untuk melatih anak membaca adalah dengan mengenalkan konsep.

Anda dapat menempelkan huruf atau kata pada gambar. Anak tidak perlu hanya melihat gambar tetapi mencoba melihat huruf kemudian memanggilnya.

5. Belajar Dengan Teknik Multisensorik

Adanya gangguan perkembangan pada anak autis memang perlu mendapat perhatian khusus. Mungkin anak tersebut memiliki perkembangan motorik halus anak yang sangat baik dan sehat.

Namun pada dasarnya anak autis membutuhkan cara belajarnya sendiri. Beberapa anak hanya ingin melihat, mendengar sebuah suara atau bahkan menyentuh.

Untuk itu sebaiknya Anda berusaha semaksimal mungkin saat mengajari anak membaca. Anda dapat membuat anak Anda melihat objek untuk setiap huruf yang mereka baca, menyentuhnya dari alat peraga huruf dan bahkan mendengarkan kaset suara. Dengan cara ini, Anda dapat membuat anak Anda belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

6. Belajar Di Papan Tulis

Metode pembelajaran papan tulis merupakan metode kuno yang ternyata sangat bermanfaat bagi anak autis. Karena anak autis terkadang juga menunjukkan ciri-ciri anak autis yang hiperaktif, Anda harus membantu anak agar fokus. Anda dapat menulis huruf atau kata atau kalimat di papan tulis.

Kemudian ajari mereka membaca dan mengejanya. Mulailah dengan huruf-huruf sederhana secara berurutan dan ulangi lagi. Tidak hanya huruf karena Anda bisa mengenalkan angka sebagai salah satu cara untuk mengajarkan anak mengenal angka.

Dan Anda bisa memberikan contoh menulis sebagai cara untuk mengajari anak menulis dengan rapi untuk anak autis.

7. Berikan Contoh Konkrit

Kesulitan yang sering dialami oleh anak autis adalah tidak dapat menerima penjelasan seperti anak lainnya. Untuk itu sebaiknya coba berikan contoh yang jelas. Ucapkan dengan lafal yang jelas, tulis di papan tulis atau kertas kemudian berikan contoh gambarnya.

Cara ini sama seperti saat mengajarkan anak TK untuk belajar mengenal huruf. Anda juga bisa memberikan contoh dengan menggunakan ubin berhuruf yang juga bisa digunakan sebagai mainan bayi 6 bulan dan mainan bayi 4 bulan.

8. Jangan Lupa Beri Pujian

Jika anak Anda telah belajar membaca dan menunjukkan kemajuan, berikan hadiah untuknya. Anda tidak harus memberikan hadiah dalam bentuk barang, tetapi pujian. Pada dasarnya anak autis sama dengan anak lainnya.

Mereka ingin dipuji dan mendapat pujian yang bisa membuat anak lebih percaya diri. Sesekali tidak apa-apa untuk memberikan hadiah seperti mainan atau sesuatu yang disukai anak Anda. Dengan mendidik anak untuk percaya diri, anak juga bisa belajar untuk berani. Dan Anda masih perlu mencoba cara mendidik anak menjadi berani.

9. Belajar Membaca Saat Bepergian

Meskipun anak Anda juga memiliki ciri-ciri fisik anak autis atau ciri-ciri anak autis hiperaktif, Anda tidak perlu memaksa anak untuk selalu berdiam diri di rumah. Anda bisa mengajak si kecil keluar rumah atau bermain di taman bermain.

Baca juga : 5 Dasar Penting Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak SD

Dan jangan lupa temukan banyak tulisan yang bisa dikenalkan kepada anak-anak. Bacakan dengan lantang agar anak tahu dan minta anak mengulanginya. Kemudian sesekali mintalah anak untuk membaca atau menebak huruf yang ditemukan. Percayalah ini akan menjadi cara yang menyenangkan.

10. Diskusi Tentang Topik Tertentu

Salah satu penyebab anak cepat marah pada anak autis adalah karena terhambat untuk berbicara. Anda bisa mencoba melakukan terapi untuk anak dengan keterlambatan bicara pada anak autis dengan cara yang menarik.

Salah satunya adalah berdiskusi atau Anda mulai lebih banyak berbicara dengan anak. Cepat atau lambat, anak akan mengikuti kebiasaan ini. Ketika anak sudah mulai berbicara, coba bacakan buku dan diskusikan cerita dari buku tersebut. Mintalah anak untuk menunjuk ke sebuah huruf atau gambar di dalam buku.

11. Menggunakan Buku Suara

Kemudian cara lain untuk mengajarkan anak autis membaca adalah dengan menggunakan alat bantu menulis. Salah satu alat yang banyak dijual saat ini adalah sound book. Buku akan mengeluarkan suara ketika dibuka, kemudian ketika beberapa huruf disentuh.

Ini memang mirip dengan gadget tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang bahaya gadget untuk balita dan bahaya gadget untuk anak-anak karena ini adalah alat untuk belajar. Minta anak untuk menyentuh huruf itu, mengenalinya, lalu mengulanginya lagi.

12. Mulai Kurangi Materi Visual

Bila Anda sudah terbiasa mengajari anak autis membaca dengan alat bantu seperti gambar, maka Anda harus menguranginya. Kebiasaan hanya mengenal gambar dapat membuat anak menebak bacaan dari gambar.

Jadi perlahan-lahan hapus gambar dan gunakan hanya huruf. Hal ini sangat tepat untuk anak-anak karena dapat mendorong anak autis untuk belajar lebih baik. Dan metode ini juga digunakan sebagai terapi yang paling efektif untuk anak ADHD.

Baca juga : 7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Berpenghasilan Tinggi

Nah itu dia sedikit tentang Tips Mengajari Anak Autis Membaca Di Rumah Dengan Mudah. Mohon maaf jika tips di atas masih kurang lengkap dan masih banyak kekurangan, semoga bermanfaat.