8 Cara Mengajari Anak TK Membaca yang Cepat, Efektif dan Menyenangkan

8 Cara Mengajari Anak TK Membaca yang Cepat, Efektif dan Menyenangkan

Cara Mengajari Anak TK Membaca yang Cepat, Efektif dan Menyenangkan. Masuk sekolah Taman Kanak-kanak (TK), beberapa anak mulai akan diajari membaca. Ketrampilan ini penting untuk dikuasai oleh anak-anak karena akan punya pengaruh di proses belajarnya.

Belajar membaca anak TK pasti didapat di sekolah. Tetapi anak harus juga belajar membaca di rumah di bawah tuntunan Ibu agar dia dapat cepat menguasainya. Untuk yang masih belum memiliki pengalaman mengajar, mengajarkan anak membaca akan berasa susah. Apa Ibu merasakannya?

Bagaimana cara mengajari anak TK cepat bisa membaca?

Dikutip dari educenter mengatakan ada beberapa langkah mudah yang akan menolong Ibu menangani permasalahan itu. Berikut langkah-langkah mudah dan menyenangkan untuk mengajari anak TK membaca.

1. Cari Waktu Belajar yang Pas

Agar proses belajarnya lebih efisien, karena itu mengajarkan anak sebaiknya dilaksanakan di saat yang tepat. Cari saat-saat di mana mood belajarnya sedang baik, anak sedang tidak mengantuk, lapar, atau capek. Bila mood anak sedang buruk, karena itu dia akan condong kurang dapat fokus dan berasa malas untuk belajar. Akhirnya, Ibu jadi tidak dapat mengajarkannya dengan maksimal.

2. Buat Situasi Belajar yang Cerah

Sesudah mendapati waktu belajar yang pas, Ibu perlu membuat situasi belajar yang cerah. Bagaimana triknya? Dapat dengan belajar dalam lokasi yang fresh, seperti pada teras belakang sekalian dikitari oleh hijaunya pohon-pohon dan sepoi-sepoi angin.

Ibu tak perlu terlampau tegang dan galak saat mengajarkan anak. Walau anak jadi cepat dapat, tetapi cara itu akan membuat berasa takut dan tertekan hingga menjadi beban di pikirannya. Dia akan memandang belajar bersama Ibu ialah saat yang tidak membahagiakan. Lebih bagus ajari anak sekalian kadang-kadang ajaknya bergurau, ketawa, dan kerap beri pujian saat dia sukses pahami yang Ibu sampaikan.

3. Mengenalkan Huruf Alfabet

Langkah pertama belajar membaca anak TK tentu saja harus mengenali huruf lebih dahulu. Oleh karenanya Ibu harus mengenalkan semua huruf alfabet ke anak dimulai dari wujud dan langkah pelafalannya yang betul.

Karena huruf alfabet mempunyai jumlah yang lumayan banyak, karena itu mengajarkannya harus dengan bertahap. Misalkan di pada hari lima huruf saja, yang perlu anak betul-betul menguasainya. Selainnya membaca, minta anak tuliskan huruf-huruf itu agar dia dapat semakin cepat mengingatkannya.

8 Cara Mengajari Anak TK Membaca yang Cepat, Efektif dan Menyenangkan

4. Mengingatkan Suku Kata

Sesudah sukses mengingat semua huruf, karena itu tingkatan seterusnya belajar membaca anak TK ialah mengingatkan suku kata. Ajari dia suku kata dimulai dari konsonan B sampai Z dan vocal a, i, u, e, o. Misalnya seperti ba, bi, bu, be, bo, ca, ci, cu, ce, co, dan sebagainya. Dalam tingkatan mengingat suku kata ini akan mempermudah anak untuk membaca setiap kata secara utuh.

5. Mengajari Langkah Membaca Suku Kata yang Bervariatif

Teruskan dengan tingkatan membaca suku kata yang bervariatif, seperti ba-ca, ma-ma, da-ri, ba-ju, dan yang lain. Jauhilah memberi suku kata yang mempunyai akhiran konsonan mati. Lebih bagus latih anak dengan suku kata yang variasi dan simpel sampai dia lancar lebih dahulu.

Tingkatan belajar membaca anak TK ini akan membutuhkan banyak kesabaran karena bila Ibu terlampau memaksain anak bisa berasa jemu . Sehingga seharusnya sampaikan dikit demi sedikit, lalu naikkan jumlah macamnya saat dia mulai lancar membaca.

6. Mengenalkan Suku Kata dengan Konsonan Mati

Masuk tingkatan yang setelah itu mengenalkan langkah membaca suku kata dengan konsonan mati, misalkan yang memiliki kandungan “ny” dan “ng”. Sebelumnya anak kemungkinan alami kesusahan saat membacanya, tetapi jika dilatih terus dia pasti memperlihatkan perubahan.

Di tingkatan ini anak akan memerlukan tuntunan yang telaten dari Ibu di dalam rumah, karena bisa saja dia kurang sanggup pahaminya saat di sekolah.

7. Membaca Kata Utuh

Anak awalannya akan mengeja beberapa huruf sampai menjadi kata utuh. Cara ini ialah langkah alami yang anak kerjakan agar bisa membaca kata secara betul. Ibu juga perlu lakukan pemantauan agar anak tidak alami kekeliruan saat membaca.

Latih dia membaca kata secara utuh sampai betul-betul lancar, lalu teruskan dengan mengajarkan dia membaca kalimat pendek.

8. Selingi dengan Permainan

Latihan membaca dari buku atau tulisan biasa dapat mengakibatkan rasa jemu anak. Ibu dapat mengakalinya dengan memberi penyeling memakai permainan. Pakailah alat tolong seperti puzzle atau flash card huruf yang diatur berderet sampai membuat kata. Ini akan memberi macam langkah belajar supaya situasinya jadi lebih membahagiakan dan tidak monoton.

9. Tidak boleh Terlampau Memaksakan

Latih belajar membaca anak TK memang membutuhkan ketekunan dan kesabaran, Bu. Karena itu tidak boleh terlampau memaksakan saat anak telah berasa kesusahan dan kelihatan capek. Ajari secara perlahan tetapi teratur untuk menghindarinya berasa mau tak mau dalam belajar. Latih dia membaca pun tidak harus di dalam rumah.

Saat melancong misalkan, coba menunjuk sebuah kata yang Ibu jumpai di jalan untuk dia baca. Dengan demikian, sesudahnya dia akan usaha untuk membaca kalimat yang dia saksikan kapan saja dan dimana saja.

Baca juga : Mengenal Bagian Rumah Adat bali dan penjelasannya

Itu panduan latih belajar membaca anak TK yang menyenagkan. Mudah-mudahan panduan di atas bisa menolong Ibu yang sekarang sedang mengajarkan anak, ya. Masih semangat dan mudah-mudahan buah kesayangan cepat lancar membaca.