7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Berpenghasilan Tinggi

7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

7 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi Berpenghasilan Tinggi. Melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi mempunyai kesempatan besar untuk kemajuan karier Anda selanjutnya.

Namun, memutuskan jurusan kuliah yang tepat adalah hal penting sebagai perbekalan untuk masuk ke masyarakat langsung. Atau dunia kerja secara langsung

Ada beberapa jurusan kuliah yang bisa melatih Anda jadi pribadi yang lebih matang, bukan hanya dari segi ketrampilan tapi juga karakter. Satu diantaranya ialah jurusan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi sebagai program study yang banyak disukai oleh calon mahasiswa.

Pada dasarnya, jurusan ini tergolong bidang study yang mendalami komunikasi dari beragam tingkatan, dimulai dari individu, media, advertensi, komunikasi interkultural, media massa sampai seni.

Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai beberapa tujuan utama seperti digital public relation, jurnalistik, televisi (TV), dan film, dan performing arts communication.

Tetapi, sebelum memilih untuk kuliah di jurusan ini, minimal calon mahasiswa mempunyai kemampuan dasar, yakni public speaking yang bagus.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Lewat kemampuan public speaking, calon mahasiswa dituntut untuk mengemukakan informasi secara efektif dan baik, hingga beberapa audience bisa memahami dan dapat menerima info tersebut.

Di samping itu, mempunyai kemampuan pemasaran, videografi, photografi sampai design grafis jadi nilai lebih yang bisa bermanfaat di dunia kerja nantinya

Lebih-lebih dengan perkembangan media di Indonesia sekarang ini termasuk cepat, hingga membuat kesempatan karier atau prospek kerja untuk alumnus ilmu komunikasi benar-benar terbuka lebar.

Sebagian besar sektor perusahaan sampai pemerintahan memerlukan alumnus Ilmu Komunikasi dengan keinginan sanggup membuat media komunikasi yang efektif.

Ada keuntungan jika calon mahasiswa mempunyai kemampuan yang telah disebut sebelumnya itu. Dengan kemampuan ini, mahasiswa bisa makin berkonsentrasi untuk fokus pada peminatan kuliah jurusan Ilmu Komunikasi.

Sebagai contoh, bila mahasiswa mempunyai kemampuan menulis, public speaking, dan dapat beradaptasi yang bagus, karena itu mereka perlu fokus untuk memperoleh pekerjaan sebagai wartawan atau reporter media massa.

Nah, sebelum mengenal prospek kerja jurusan Ilmu Komunikasi lebih lengkap, sebagai alumnus jurusan ini Anda harus juga tahu berapakah kisaran gaji yang bakal diterima pada tiap profesi pekerjaan.

Upah sebagai hal yang sulit untuk dibahas. Bahkan juga sebagian orang memutuskan untuk diam dan sembunyikan jumlah gaji yang mereka dapatkan.

Meskipun begitu, janganlah sampai Anda menekuni dunia kerja cuman mendapatkan lelahnya saja dan tidak sesuai gaji yang didapat.

Gaji menjadi satu diantara hal penting yang hendak diulas saat Anda ikuti interviu kerja. Oleh karenanya, tidak ada kelirunya untuk Anda melakukan penelitian lebih dulu pada beberapa perusahaan.

Karena, bagian Human Resources Development (HRD) atau personalia akan bertanya kisaran gaji yang diharap. Untuk menghadapi keadaan ini, Anda dapat menjawab dengan optimis berapakah kisaran gaji sesuai sektor pekerjaan yang akan ada ambil.

1. Wartawan atau Jurnalis

Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai hubungan yang kuat dengan dunia kewartawanan. Jurnalistik sebagai langkah memproduksi sebuah data dan informasi supaya jadi nilai informasi untuk disampaikan ke masyarakat.

Informasi yang dihimpun dapat berbentuk pengumpulan beberapa data sebuah peristiwa, selanjutnya diteruskan dengan tehnik penyebaran berita.

Baca juga ; 14 Cara jitu belajar bahasa inggris dengan cepat dan mudah dipahami

Karena itu, wartawan atau reporter harus mempunyai inovasi dalam membuat kreasi jurnalistik agar bisa mempengaruhi masyarakat sampai dunia hiburan.

Menurut ketentuan Aliansi Jurnalis Independent (AJI), gaji yang pantas untuk wartawan di kota besar pada 2021 sejumlah Rp 8.366.220 /bulan. Jumlah ini telah disamakan dengan survey dan penghitungan keperluan beberapa wartawan tiap bulannya.

2. Public Relation

Public relation sebagai orang yang bekerja untuk menjembatani informasi dan komunikasi antara perusahaan dengan publik.

Di Indonesia, public relation lebih dikenal sebagai interaksi warga atau humas yang aktif berbicara untuk mewakili perusahaan dengan konsumen, seperti mengurus event, membuat press release, dan mengelola rekam jejak perusahaan.

Kemampuan utama yang perlu dimiliki dengan seorang public relation ialah public speaking yang bagus.

Karena, public speaking berguna untuk memberikan keyakinan beberapa client supaya menerima info perusahaan secara benar dan tepat.

Dikutip dari Attraction Jobstreet Indonesia pada 2019, range upah public relation sebagai Junior Staf sejumlah Rp 5,2 juta /bulan. Sedangkan, untuk tingkat Senior Manajemen besaran gaji yang didapat ialah Rp 28,9 juta /bulan.

3. YouTuber

Perkembangan dunia internet yang cepat sekali, mengundang munculnya beberapa orang inovatif untuk tampilkan diri mereka di media online, satu diantaranya lewat platform YouTube.

Banyak orang inovatif ini mencoba profesi baru sebagai YouTuber. YouTuber sebagai panggilan untuk orang yang menekuni karier di media YouTube dengan tampilkan beberapa konten hiburan, pembelajaran, info, sampai life daily.

Tidak cuman orang biasa, ada beberapa selebritis populer ada memeriahkan saluran video streaming YouTube. Satu diantaranya, Atta Halilintar yang mempunyai channel pribadi namanya AH dalam jumlah subscribers sekitar 28 juta.

Dikutip dari Kompas, pendapatan Atta Halilintar dari channel AH termasuk spektakuler karena tembus angka Rp 385 juta sampai Rp 6,16 miliar /bulan.

4. MC ( Master of Ceremonies )

Tidak kalah keren, Master of Ceremonies (MC) atau pembawa acara sebagai salah satu prospek kerja di jurusan Ilmu Komunikasi.

MC dikenal jadi orang yang bertanggungjawab memandu acara pada suatu kegiatan. Profesi ini menjadi pekerjaan sah atau sampingan sekalian isi waktu senggang.

Namun, diperlukan kemahiran public speaking, tehnik vocal, berwawasan luas, humoris, sebagai modal khusus untuk profesi MC.

Karena, satu diantara kunci dari keberhasilan sebuah acara ada pada penyeleksian MC yang tepat.

Bahkan juga, TV Nasional juga rela memberi honor yang mahal ke pembawa acara hebat yang berpotensi untuk tingkatkan rating tv.

Sebutlah saja Tukul Arwana, aktris yang kerap berseliweran pada acara TV itu dapat meraih penghasilan rata-rata Rp 150 juta untuk satu episode saja.

Menurut kelompok MC, rata-rata harga yang ditawari untuk 1x memandu acara pernikahan, lamaran, dan ulang tahun sejumlah Rp. 700.000.

Jika jumlah itu di total dalam satu bulan dengan paket tiap hari sebagai pemandu acara, seorang MC bisa kantongi uang puluhan juta rupiah /bulan.

5. Sutradara

Sudah diketahui, ramainya industri perfilman di tanah air membuat profesi sutradara makin digemari oleh generasi muda.

Seorang sutradara mempunyai peranan penting sebagai pengarah sebuah film supaya sesuai skenario dan menjaga para crew film dan aktris sesuai instruksinya.

Sutradara bekerja bersama dengan para crew film untuk memastikan semua skenario, supaya sesuai dunia nyata. Ini melingkupi kostum, make up, photografi, penata camera, sampai talenta.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga mempunyai keterkaitan dalam sektor tv dan film, hingga tidak awam jika mahasiswa turut diberikan tehnik pengetahuan dan pembikinan film sampai program tayangan tv.

Diambil dari Kreatifproduction.com, range upah seorang sutradara capai Rp 10 juta sampai Rp 30 juta.

6. Creative director

Prospek kerja ini ialah creative director. Seorang creative director bertanggungjawab untuk mengatur jalinan team kreatif dengan team lain dalam memberi anjuran supaya sesuai keperluan team saat menghasilkan sebuah content.

Tidak itu saja, creative director harus juga sanggup mengoordinasi team kreatif pada proses produksi content.

Adapun kemampuan yang perlu dipunyai creative director ialah punyai karakter kreatif dan leadership oke.. Ditambah dalam memutuskan dan menimbang semua gagasan dan keputusan dengan tepat.
rata-rata gaji sebagai seorang creative director capai Rp 8.323.686 /bulan.

7. Copywriter

Copywriter menjadi satu diantara profesi penting di dunia pemasaran. Karier ini dituntut tangguh dalam mempromokan produk atau jasa dalam suatu perusahaan.

Dokumen dari copywriter harus mempunyai karakter persuasif dan sanggup mempengaruhi para pembaca. Dokumen yang dibikin bisa berbentuk tulisan panjang seperti artikel atau dokumen pendek seperti iklan biasa.

Tidak itu saja, copywriter harus mengetahui analisa content, seperti SEO, harga produk atau jasa yang ditawarkan hingga bisa menarik pembaca dan membawa mereka untuk mengenal produk dan jasa lebih detil. Gaji seorang copywriter di Indonesia sekitar mulai Rp 3,8 juta sampai Rp 6,6 juta.

Nah itu dia informasi tentang gaji dan prospek kerja di jurusan Ilmu Komunikasi? Dari 7 prospek itu bisa dapat Anda tekuni salah satunya. Tapi harus diikuti dengan kemampuan digital dalam tingkatkan keberadaan ketrampilan.

Baca juga : Gejala Kecanduan Game pada Anak, Dampak Positif dan Negatifnya

Jadi tentukan pilihan anda mau ambil perguruan tinggi yang mana yang akan anda ikuti untuk memperoleh dan mempertajam kemampuan dan ketrampilan digital dengan menempuh pendidikan tinggi.