Bali  

Ternyata Ini Alasan Mengapa Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia

Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia

Mengungkap, alasan mengapa Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia di mata warga internasional. Walau sebenarnya Bali cuma provinsi kecil bagian dari Indonesia sekaligus menjadi tujuan wisata unggulan di Indonesia.

Walaupun Indonesia banyak memiliki tujuan wisata menarik, tapi Bali masih tetap jadi yang terpopuler. Bahkan juga Pulau Bali sendiri lebih terkenal dibanding Indonesia. Hampir semua wisatawan luar negeri menduga Bali ialah sebuah negara.

Simak juga : Simak Contoh Jadwal Perjalanan Wisata Ke Bali untuk Budget liburan anda

Mengapa Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia

Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia

Dikutip dari Hindu Ensiklopedi Indonesia, Bali lebih terkenal dari Indonesia karena Bali terlebih dahulu dikenalkan oleh Belanda dibanding negaranya Indonesia. Nama Pulau Bali telah ada semenjak 914 Masehi, saat sebelum Indonesia lahir.

Pemerintah penjajahan Belanda terus-menerus mengenalkan Bali sebagai tujuan wisata tahun 1920 sampai 1930 ke Eropa.

Sebelumnya banyak konotasi negatif mengenai Bali dan masyarakat Bali. Seperti di buku A Paradise Created (2013) karya Adrian Vicker yang menerangkan mengenai pandangan jelek mengenai Pulau Bali.

Tetapi, semua konotasi negatif mengenai Bali hilang sesudah Belanda menaklukan Bali di tahun 1908. Belanda mulai memvisualisasikan Bali sebagai surga dunia yang terabaikan. Selanjutnya banyak wisatawan dan seniman yang tiba ke Bali.

Baca juga : 18 alasan mengapa pulau bali disebut surga wisata

Margaret Mead-Gregory Bateson, Miguel Covarrubias Walter Spies, dan Collin PcPhee sebagai seorang seniman yang mengenalkan Bali melalui karyanya di tahun 1930 silam. Karena karya mereka, Pulau Bali makin populer ke seluruh dunia.

Pada waktu itu, Indonesia belum juga merdeka hingga tidaklah aneh bila Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia. Citra Bali makin populer sebagai tujuan wisata sesudah Amerika Serikat melaunching film mengenai Bali dengan judul South Pacific tahun 1958.

Pemerintah Belanda banyak juga berperan atas keberadaan Bali di kancah dunia. Belanda membangun hotel pertama di Bali di tahun 1930. Selanjutnya tahun 1935, Belanda buka lajur udara untuk mempermudah wisatawan tiba ke Bali.

Presiden Soekarno ikut berperan serta akan kepopuleran Pulau Bali. Bapak Proklamator Indonesia itu pilih Pulau Bali untuk tempat terima tamu dari negara lain di Istana Tampaksiring.

Baca juga : Objek wisata Bali

Di tahun 1963, orang nomor satu di Indonesia itu membangun Hotel Bali Beach di Pantai Sanur. Hotel itu disahkan di tahun 1966.

Nah Begitulah sedikit alasan mengapa Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia.