Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba

Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba

Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba – Tahukah Anda bahwa saat ini banyak masyarakat Indonesia yang mengeluhkan kondisi perutnya? Banyak dari mereka mengeluh sakit dan terbakar di perut mereka.

Memang jika sudah membahas tentang perut, ada banyak hal yang harus dibicarakan atau diketahui, salah satunya adalah Cara Menjaga Kesehatan Lambung.

Lambung merupakan organ vital manusia, lambung merupakan organ pencernaan yang vital sehingga jika lambung mengalami masalah maka saluran pencernaan akan mengalami masalah.

Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga kesehatan perutnya, bahkan mereka yang belum pernah terkena penyakit lambung pun akan merasa bodoh untuk mengetahui kesehatan perutnya.

Terbukti banyak orang yang mengabaikan waktu makannya padahal waktu makannya telah tiba. Berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan perut. Cara ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit maag dan penyakit asam lambung.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba

Makan Tepat Waktu

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah makan di waktu yang tepat. Jika Anda sering terlambat makan, akibatnya perut akan terasa perih karena tidak ada makanan yang mengisi perut Anda, tidak hanya itu, perut yang tidak mengolah makanan akan menyebabkan perut Anda terasa kencang.

Jika hal ini dilakukan terus menerus, bisa jadi di kemudian hari Anda akan mengalami penyakit maag dan juga perut. Perut yang sudah terkena penyakit menandakan perut sudah tidak sehat. Makan secara teratur dapat menjaga kesehatan perut.

Mengunyah Makanan dengan Baik

Agar perut tetap sehat, Anda harus bisa membiasakan mengunyah makanan terlebih dahulu. Makanan yang tidak dikunyah terlebih dahulu sangat tidak baik untuk pencernaan, tidak hanya itu, orang yang tidak mengunyah makanannya terlebih dahulu akan menyebabkan obesitas.

Jika Anda makan sedikit tetapi berat badan Anda bertambah, itu pertanda ada yang salah dengan pola makan Anda, bisa jadi Anda makan terlalu cepat sehingga nutrisi dalam makanan tidak dapat diserap dengan baik dan menyebabkan masalah perut atau gangguan pencernaan.

Mengkonsumsi Cairan yang Cukup

Bagi anda yang ingin menyehatkan lambung, anda harus mengkonsumsi cairan yang cukup, cairan yang masuk ke dalam tubuh anda akan memudahkan organ pencernaan untuk menyerap makanan terutama lambung.

Jika terjadi kekurangan cairan, akibatnya lambung akan kesulitan mencerna makanan sehingga kinerja lambung akan terbebani.

Mengkonsumsi cairan yang cukup juga akan menghindarkan Anda dari bahaya dehidrasi, jangan pernah meremehkan bahaya dehidrasi karena orang yang mengalami dehidrasi akan mengalami gangguan fungsi organ terutama ginjal, jantung dan organ vital lainnya.

Itu karena 90 persen organ tubuh manusia terdiri dari cairan. Jika cairan tidak mencukupi maka fungsinya akan terganggu.

Cara Menjaga Kesehatan Lambung Yang Bisa Anda Coba

Mengurangi Makanan Asam

Untuk menjaga kesehatan lambung agar asam lambung tidak naik dan menyebabkan refluks asam adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam. Kandungan asam yang menyebabkan makanan terasa asam akan mengiritasi dinding lambung.

Jika hal ini terjadi terus menerus dapat menyebabkan erosi dinding lambung yang lebih parah. Terkikisnya dinding lambung akan membuat dinding lambung menipis bahkan bisa menyebabkan sakit maag.

Oleh karena itu sebisa mungkin Anda menghindari makanan yang bersifat asam. Salah satu hidangan asam yang harus dihindari adalah jeruk nipis.

Jeruk nipis ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan untuk orang normal dan penderita penyakit maag. Ada berbagai macam bahaya jeruk nipis bagi penderita maag yang tidak boleh diremehkan.

Kurangi Makanan Pedas

Untuk menjaga kesehatan lambung dan usus, ada baiknya mengurangi menu makanan pedas, meskipun lidah orang Indonesia sangat menyukai pedas, namun tak ada salahnya jika Anda mengurangi frekuensi makan pedas secara bertahap. Makanan pedas ini dapat menyebabkan iritasi lambung sehingga menyebabkan perut atau perut terasa perih dan berbelit-belit.

Ada beberapa bahaya makanan pedas bagi kesehatan dan juga bagi ibu hamil yang harus diketahui. Salah satu bahaya makanan pedas adalah dapat menyebabkan iritasi lambung dan juga menyebabkan iritasi tenggorokan.

Alasan makanan pedas tidak baik untuk kesehatan perut adalah karena kandungan capsicum dalam cabai dapat mengiritasi lambung dan menimbulkan rasa terbakar di perut.

Hindari Minuman Soda

Soda adalah minuman berbahaya yang dapat menyebabkan seseorang terkena diabetes. Tak hanya itu, minuman bersoda ini juga dipercaya menjadi sumber berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan obesitas.

Baca juga : 8 Manfaat Peregangan Otot Jika Dilakukan Setiap Hari

Kandungan fruktosa dan gas dalam minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan lambung karena minuman bersoda ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada lambung dan lambung. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh dan perut, sebaiknya hindari minuman bersoda ini.

Mengurangi Makanan Bergas

Makanan yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan lambung adalah makanan yang mengandung gas tinggi. Makanan yang mengandung gas tinggi ada dalam keluarga kubis misalnya kubis, kembang kol, brokoli dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika terlalu banyak makanan yang dikonsumsi, akibatnya perut akan terasa penuh karena banyak gas yang menumpuk di perut. Hal ini akan membuat perut dan perut terasa tidak nyaman.

Mengkonsumsi Cukup Serat

Untuk menyehatkan lambung, usus, dan organ pencernaan lainnya, ada baiknya mengonsumsi serat yang cukup. Makanan yang memiliki cukup serat sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menyehatkan organ pencernaan, selain itu makanan berserat ini mudah dipecah oleh lambung dan usus.

Berbeda halnya dengan makanan rendah serat, makanan tersebut tidak akan mudah dipecah oleh usus sehingga akan membebani kinerja organ pencernaan. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi untuk menjaga kesehatan perut Anda.

Mengkonsumsi Protein

Untuk menjaga kesehatan perut Anda bisa mengonsumsi protein. Protein yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan lambung adalah protein nabati. Protein nabati ini cocok dimasukkan dalam menu diet seimbang. Protein nabati ini berguna untuk menjaga kesehatan perut pada organ pencernaan Anda.

Hindari Makanan Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak jenuh tidak baik untuk kesehatan lambung dan juga kesehatan organ pencernaan Anda. Pasalnya, makanan yang mengandung lemak jenuh tidak mudah dicerna oleh lambung dan tentunya usus.

Jika hal ini terjadi terus menerus, akibatnya kinerja lambung akan menurun dan terganggu akibat makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Rajin Berolahraga

Untuk menyehatkan perut alangkah baiknya jika Anda tetap melakukan olahraga. Olahraga selama 30 menit sehari bisa digunakan untuk menyehatkan perut.

Olahraga sendiri juga baik dilakukan setelah makan karena memudahkan makanan masuk ke lambung dan juga ke organ pencernaan. Tidak baik jika setelah makan Anda langsung tidur atau langsung duduk.

Hal ini akan membuat makanan sulit dicerna dan sulit masuk ke organ pencernaan. Tidak hanya itu, jika Anda makan makanan, tidur lagi, makanan yang masuk ke tubuh Anda akan bergerak kembali ke kerongkongan. Jika itu terjadi, organ pencernaan akan menjadi terganggu.

Hindari Stress

Cara yang aman untuk menghindari berbagai penyakit salah satunya cara menjaga kesehatan lambung adalah dengan menghindari stres. Stres ini secara tidak langsung dapat menyebabkan gangguan pencernaan, terutama pada lambung.

Jika Anda stres dinding perut akan tegang dan saat itu Anda akan merasakan kram yang begitu menyakitkan. Agar Anda tidak merasa kram, ada baiknya untuk mengelola stres yang Anda miliki.

Banyak hal yang dapat menyebabkan Anda stres, salah satunya adalah tekanan yang ada di sekitar Anda baik itu dari lingkungan kerja, lingkungan kerja dan bisa juga dari lingkungan sosial. Stres yang tidak segera diatasi akan menyebabkan depresi, depresi ini lebih parah dari stres.

Salah satu cara mengatasi stres yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan yoga atau melakukan relaksasi. Tak hanya itu, mendengarkan musik dan bercanda dengan teman atau orang terdekat bisa dijadikan cara ampuh untuk mengatasi stres.

Baca juga : 15 Cara Menjaga Kesehatan Hati Secara Alami