Untuk body

Libur Natal dan Tahun Baru, Hunian Hotel di Bali Diprediksi Meningkat 70 Persen

  • Bagikan
Libur Natal dan Tahun Baru

DENPASAR – Libur Natal dan Tahun Baru. Jumlah kedatangan wisatawan domestik ke Bali semakin meningkat mendekati periode liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Bertambahnya jumlah kunjungan itu diprediksikan akan memberi angin segar pada tingkat hunian atau okupansi hotel di Bali.

Ketua Indonesian Hotel General Manajer Association (IHGMA) Bali Yoga Iswara menjelaskan, tingkat okupansi hotel di saat periode liburan Natal dan Tahun Baru diprediksikan bisa 70%.

“Jika Nataru kita perkiraan (okupansi hotel) dapat 70%. Itu murni (wisatawan) lokal sampai tahun akhir,” kata Yoga dikutip dari kompas kamis (23/12/2021).

Yoga menerangkan, perkiraan 70% itu didasari pada tingkat hunian hotel sepanjang bulan November yang sentuh angka 15% dan dua minggu awalnya bulan Desember yang sentuh angka 60%. Dia mengatakan, dari sekitaran 146.000 kamar hotel di Bali, 70 prosentasenya berada di Kabupaten Badung.

Baca juga : 10 Objek Wisata Cantik di Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

Libur Natal dan Tahun Baru

Tingkat keterisian pada setiap hotel mulai alami kenaikan meskipun belum berarti menjelang periode liburan Natal dan Tahun Baru.

Yoga mengaku, sepanjang periode liburan Natal dan tahun baru, pelaku industri pariwisata di Bali akan mengoptimalkan potensi pasar turis lokal. Masalahnya untuk turis luar negeri, sampai sekarang ini, dipandang masih susah. Ditambah ada varian Omicron yang mulai menyebar di beberapa negara.

“Kita optimalkan lokal karena lokal ini kan potensinya besar. Tetapi, masih tetap kita selenggarakan lobi-lobi kerja-sama dengan beberapa negara lain harus ada untuk tahap selanjutnya. Karena peraturan ini pasti dipelajari sesudah nataru,” katanya.

Dia masih tetap optimis turis lokal akan bertambah saat liburan Natal dan tahun baru walau sekarang ini pemerintah pusat sudah umumkan ada variasi Omicron.

Selan itu, saat Natal dan Tahun Baru, pihaknya meramalkan bakal ada sekitar 30.000 turis lokal tiba ke Pulau Dewata setiap hari. Baik itu melalui lewat udara atau darat.

Menurut data dari Dinas Pariwisata Propinsi Bali, jumlah kunjungan turis lokal ke Bali semakin meningkat menjelang periode liburan Natal dan tahun baru.

Per Senin (20/12/2021) misalkan, banyaknya penumpang yang tiba ke Bali capai 28.996 orang setiap hari. Rinciannya, penumpang yang tiba dari Bandara Ngurah Rai capai 12.884, Pelabuhan Gilimanuk 15. 280 setiap hari, Pelabuhan Padang Bai 832 penumpang setiap hari.

Baca juga : Larangan Libur Nataru Dicabut, Pembagian Rapor dan Libur Sekolah Sesuai Jadwal

  • Bagikan