Untuk body

Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

  • Bagikan
Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung – Mungkin anda pernah merasakan atau mengalami kekhawatiran tentang kontantraksi asam lambung dengan darah rendah bila mengkonsumsi makanan.

Untuk menjawab kekawatiran anda, sebelum itu, kita harus tahu dulu apa itu Darah rendah dan Asam lambung. Setelah mengetahui keduanya serta makanan yang cocok atau yang perlu di hindari berikut ini.

Menurut dr. Karin Wiradarma” Sakit Maag dalam bahasa kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu kondisi peradangan yang terjadi pada lambung, akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih.

Menurut Dr. Karin, Gejala maag pada umumnya akan menimbulkan gejala nyeri di Ulu hati, atau perut kiri atas, kemudian mual, kembung, dan muntah. Bilamana terjadi keluhan nyeri dada, dada terasa panas, dan mulut terasa pahit/asam, maka mungkin saja itu bukan maag. Namun penyakit Refluks Gastroesofageal (GERD) yang terjadi akibat naiknya cairan lambung ke kerongkongan.

Makanan untuk Darah Rendah dan Asam Lambung

Kondisi tersebut disebabkan klep antara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Penyebab kenaikan asam lambung terutama adalah kondisi stres atau cemas. Dimana hal ini akan dapat menambah keluhan dari maag atau GERD yang dirasa.” tambah dia.

“Bila benar anda terkena maag, maka selain pengobatan oleh dokter maka anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur.’ ucap Karin

Pola makan teratur seperti; makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari makan makanan pedas, asam, alkohol, rokok dan kafein. Serta usahakan mengindari rasa stress. Berikut adalah makanan yang bisa di konsumsi dan makanan yang perlu di hindari untuk penderita Asam Lambung atau Maag

Makanan Untuk Asam Lambung atau Maag

  1. Daging Merah ( daging tanpa lemak )
  2. Nasi beras merah
  3. Sereal & Oat Meal
  4. Minuman Jahe
  5. Sayuran yang berdaun hijau, brokoli, selada, paprika, kentang, mentimun dan kacang hijau.
  6. Buah-buahan yang rendah asam ( Melon dan Semangka )

Makanan yang perlu di hindari untuk asam lambung

  1. Gorengan ( Makanan yang di goreng )
  2. Buah yang mengandung asam dan Jeruk
  3. Coklat dan Makanan Manis
  4. Minuman berkafein ( teh, kopi )
  5. Minuman bersoda atau beralkohol

Cara mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah secara alami,yaitu ;

  • Menghindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Tidak makan atau konsumsi coklat, keju, kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Usahakan jangan terlambat makan
  • Kalau anda sedang diet, usahakan konsumsi makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat.
  • Hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Sedangkan Tekanan darah rendah

Penyebab pusing dan lemah tidak hanya disebabkan oleh darah rendah, tetapi kurang darah juga bisa. Harus dibedakan terlebih dahulu antara tekanan darah rendah dan kurang darah (anemia: kadar hemoglobin rendah).

Dilansir dari majalah health, tekanan darah untuk orang dewasa adalah sekitar 120/80 mmHg. Sedangkan tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg.

Walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa.

Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, pandangan kabur/gelap, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih.

Jika tekanan darah turun terlalu rendah dapat menyebabkan jantung dan otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan penurunan kesadaran sampai kematian.

Baca Juga : Cara Mengatasi Darah Rendah Pada Remaja Secara Cepat dan Tepat

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh banyak hal yang tidak serius hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, dehidrasi, kehamilan, gangguan hormonal, perdarahan, dan obat-obatan. Berikut adalah beberapa makanan yang di konsumsi dan makan yang dihindari untuk darah rendah.

Beberapa makanan untuk darah rendah

  1. Makanan mengandung vitamin B12 ( Telor, Daging Merah, Daging Sapi dan Susu )
  2. Makanan Folat tinggi ( Brokoli, Sawi, Biji-bijian, Udang, Ikan, Kepiting )
  3. Makanan Asin ( Makanan Kaleng, Ikan asin dan makanan yang ditambah garam )
  4. Makanan Rendah karbohidrat ( Sayuran, Buah-buahan )
  5. Minuman mengandung kafein ( cokelat, teh, dan kopi )

Makanan yang di hindari untuk darah rendah

  1. Makana yang di goreng ( gorengan )
  2. Makanan cepat saji
  3. Makanan Pedas
  4. Makanan karbohidrat tinggi ( Kentang, Nasi, roti )
  5. Minuman bersoda atau beralkohol

Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah :

  • Konsumsi garam yang lebih banyak
  • Banyak minum air, hindari alkohol
  • Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering, dengan kandungan karbohidrat yang tinggi)
  • Olahraga teratur yang memacu kerja otot dan jantung (aerobik) seperti berenang, lari, bersepeda, dsb selama minimal 30 menit, 3-4x/minggu.
  • Untuk penderita hipotensi ortostatik (gejala: pusing dan gelap mendadak saat merubah posisi dari tidur ke duduk/berdiri): bangun secara perlahan dari tidur/duduk dan jangan menyilangkan kaki saat duduk.

Nah, itu dia beberapa penjelasan tentang makanan untuk darah rendah dan asam lambung, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mendukung triponnews.com ( berita seputar kesehatan, wisata, sosial dan budaya )

  • Bagikan