Untuk body

Mendaki Gunung Abang Bali, Ambil Jalur Aman ini

  • Bagikan
Mendaki Gunung Abang Bali, Ambil Jalur Aman ini

Triponnews.com – Bicara tentang mendaki gunung-gunung di pulau Bali, mungkin yang pertama kali terbayang di benak kita adalah tentang pendakian gunung Batur atau juga pendakian gunung Agung. Namun, tak banyak orang yang tahu bahwa selain dari dua pendakian gunung itu, gunung Abang juga memilki keindahan alam yang tak kalah menarik.

Gunung Abang Bali merupakan gunung tertinggi ketiga yang berada di Bali. Didalam artikel kini kami akan memberikan beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui tentang pendakian gunung Abang.

Cari Tau Tentang Gunung Abang Bali bila ingin Mendaki

Sebelum mendaki gunung abang bali, ada baiknya anda mengetahui sedikit tentang sejarah, lokasi, dan jalur yang di sarankan dalam melakukan pendakian menurut pemandu pendakian lokal.

Mendaki Gunung Abang Bali, Ambil Jalur Aman ini

Sejarah Gunung Abang

Menurut penelitian, disebutkan bahwa sebelum letusan besar yang terjadi pada sekitar 29 ribu tahun yang lalu, gunung Batur dan gunung Abang merupakan satu gunung besar (terbesar di Bali pada jamannya) dan memiliki ketinggian mendekati 4.000meter dari permukaan laut.

Baca Juga : Mendaki Gunung batur dengan Mobil Jeep

Letusan besar itu membentuk anak gunung baru yang kini dikenal dengan sebutan gunung Batur. Dibagian timur dari kaldera gunung Batur menjulang tinggi satu bukit dengan ketinggian 2.152meter dari permukaan laut. Bukit ini lebih dikenal dengan sebutan gunung Abang.

Lokasi Gunung Abang

Lokasi Gunung Abang Bali terletak di sisi timur gunung Batur dan di sisi barat dari gunung Abang. Diantara gunung Batur dan gunung Abang terdapat kawah purba yang sudah lama tidur. Dan hingga kini dipenuhi oleh jutaan kibik air. Kawah purba ini kita kenal sebagai danau Batur.

Mendaki Gunung Abang Bali, Ambil Jalur Aman ini

Danau Batur begitu cantik dan menjadi tempat hidupnya berbagai jenis fauna. Meski tak jarang juga magma dari perut kawah gunung Batur menyemburkan cairan belerang. Magma ini menyebabkan ribuan hingga ratusan ribu ekor ikan mati setiap tahunnya.

Gunung Abang ini terletak di kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Di setiap kaki gunung Abang terdapat desa – desa yang hidup dari pertanian seperti bawang, cabai, kol dan Sebagian hidup dari hasil budidaya ikan mujair.

Baca Juga : Jalur Pendakian Gunung Batur

Tempat wisata atau Desa-desa yang terletak di kaki kaki gunung Abang antaranya desa Trunyan, desa Abang, desa Buahan, desa Kedisan, desa Suter dan banyak lagi desa-desa kecil lainnya.

Jalur Pendakian Gunung Abang Bali, Ini Jalur Paling Aman

Mendaki Gunung Abang Bali, Ambil Jalur Aman ini

Lokasi jalur pendakian gunung Abang terletak sekitar 1 jam & 30 menit perjalanan jika ditempuh dari pusat kota Denpasar dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Setiba anda di daerah penelokan silahkan lanjutkan perjalanan menuju arah desa Suter. Nah, dari sini kita membutuhkan sekitar 10 menit perjalanan dari meseum geopark gunung Batur. Kemudian anda akan menemui sign yang bertuliskan kawasan pendakian gunung Abang.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bali, Paling Menakjubkan untuk Dikunjungi 2021

Sebelum anda memulai pendakian kepuncak gunung Abang, anda diwajibkan untuk melakukan registrasi dan membayar tiket masuk sebesar Rp. 25.000 / orang.

Tujuan dari registrasi ini tidak lain untuk mengetahui berapa jumlah pendaki yang berkunjung ke kawasan gunung Abang.

Dan juga untuk memudahkan para petugas melacak jika ada hal hal yang tidak diinginkan terjadi dan menimpa para pendaki gunung ini. Tertarik dengan pendakian gunung abang, direkomendasikan paket murah pendakian gunung abang

  • Bagikan