Wisata  

Nyepi di Hotel Bali, Makanan Sederhana-Tak Ada Kemeriahan

Nyepi di Hotel Bali
Photo ilustrasi Nyepi di Hotel Bali

Nyepi di Hotel Bali, Makanan Sederhana-Tak Ada Kemeriahan. Mendekati hara raya Nyepi, ada beberapa himbauan penyesuaian pariwisata. Satu diantaranya himbauan supaya tamu hotel tidak melakukan aktivitas berlebihan.

Hal tersebut dikatakan Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Bali. Mereka minta hotel tidak untuk membuat acara yang meriah.

“Tidak ada kegiatan bersifat kemeriahan dalam hotel, karena hotel juga ikuti ketentuan Catur Brata Penyepian, disesuaikan keadaan,” kata Direktur Eksekutif PHRI Badan Pimpinan Daerah (BPD) Propinsi Bali Ida Bagus Purwa Sidemen dikutip dari detikcom

Simak juga : 4 Rangkaian Hari Raya Nyepi – Jatuh Pada Kamis 20 maret 2023

Penyajian makanan dan aktivitas di hotel juga, papar Purwa, dibuat benar-benar simpel. Tidak ada acara pesta dan hura-hura dalam hotel saat Nyepi berjalan 24 jam pada Rabu (22/3/2023) nanti.

Nyepi di Hotel Bali

“(Staf hotel) cuma memberikan service primer, mempersiapkan tamu makanan, selanjutnya kegiatan hotel yang memiliki sifat hiburan. Tidak bisa melangsungkan acara pesta pora, termasuk makanan itu dilakukan dengan simpel saja,” bebernya.

Salah satu yang ditata dalam Catur Brata Penyepian ialah tidak memakai pencahayaan di waktu malam hari atau disebutkan amati geni. Berkaitan hal tersebut, Purwa memandang pengurus hotel sudah tahu ketentuan sepanjang Nyepi berjalan.

Mengenal : Sejarah Hari Raya Nyepi di Bali

Menurut Purwa, pengurus hotel telah bekerjasama dengan desa adat setempat. Penerangan di hotel saat Nyepi diminimalisasi supaya tidak mencolok di waktu malam hari

“Amati geni di hotel juga dilaksanakan pemadaman lampu, supaya tidak terlihat mencolok. Karena umumnya hotel-hotel sebelum penerapan Nyepi dilaksanakan, mereka telah koordinasi dengan desa adat setempat lewat Pecalangnya,” terangnya.

Purwa mengaku banyak hotel yang tawarkan promosi atau paket Nyepi untuk beberapa tamu mereka. Dia memperjelas hal tersebut boleh-boleh saja, asal masih tetap memerhatikan ketentuan Catur Brata Penyepian.

Purwa menambahkan tamu yang bermalam tetap bisa melakukan aktivitas dalam hotel saat Nyepi. Mereka masih tetap bisa nikmati sarana yang disiapkan di hotel, seperti kolam renang, spa, dan sarana yang lain.

Baca juga : Aturan Nyepi di Bali untuk Menjaga Kesucian Nyepi 20 Maret 2023

“Satu kali lagi, penawaran paket Nyepi itu ialah mereka berada didalam hotel tanpa melakukan aktivitas keluar hotel, karena diikat oleh ketentuan Catur Brata Penyepian,” terangnya.