Ombudsman Bali Buka Layanan Curhat untuk Bule yang Punya Keluhan

Layanan Curhat untuk Bule

BADUNG – Ombudsman Bali Buka Layanan Curhat untuk Bule yang Punya Keluhan. Wisatawan asing yang mempunyai keluh kesah sepanjang berwisata di Bali bisa menyampaikannya ke Ombudsman Bali. Service sharing ini dapat dilaksanakan secara online.

Sekarang ini, pengaduan dari warga bisa dilaksanakan lewat Mekanisme Pengelolaan Pengaduan Servis Publik Nasional (SP4N)-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Simak juga : Ciri Money Changer Beneran dan Tipu-tipu di Bali

“Karena Bali ini sedikit berbeda dan kemungkinan banyak banyak keluhan dari WNA yang dirasakan memerlukan pelayanan untuk mereka.

Berikut yang mencoba kami potret pada tahun 2023,” kata Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Propinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti dikutip

Layanan Curhat untuk Bule

Di lain sisi, Sri menyebutkan 2023 bisa menjadi tahun penuh kendala. Disamping mendekati tahun politik, dunia ditemui dengan rumor krisis ekonomi global.

“Kami mengharap servis publik tidak terusik dengan proses tahun politik ini. Apa lagi, pelaksana layanan masyarakat ialah aparat sipil negara (ASN) hingga kami menginginkan semua netral dan konsentrasi sebagai birokrat yang melayani warga,” bebernya.

Untuk dipahami, Ombudsman Bali terima 850 laporan aduan warga sepanjang 2022. Aduan warga itu semakin banyak yang mengarah organisasi perangkat daerah (OPD) perhubungan dan infrastruktur, pendidikan, lingkungan hidup, dan telekomunikasi.

“Lalu, dari lembaga vertikal umumnya yang ada banyak disampaikan ialah pertahanan dan kepolisian,” kata Sri.

Sri menguraikan, berdasar pada diagram intisari laporan pada 2022 memperlihatkan, bidang perhubungan dan infrastruktur memperoleh 177 aduan warga.

Baca juga : Kuber ATV, Wahana Baru di Pulau Bali yang Siap Adu Nyali Anda

Selanjutnya agraria atau pertanahan memperoleh 8 aduan, kepolisian 8 aduan, pendidikan 9 aduan, dan lingkungan hidup 9 aduan. sumber detik com